Ticker

6/recent/ticker-posts

UIN IB Sediakan 5.320 Kursi Untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

 


 

 

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang Menyambut tahun ajaran baru 2022/2023, menyiapkan sebanyak 5.320 kursi untuk mahasiswa baru. Jumlah tersebut meningkat cukup besar dibandingkan 2021 yang hanya sekitar 3 ribuan saja.

Rektor UIN IB Padang Prof. Martin Kustati mengatakan, peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru dipengaruhi dengan akan dioperasikannya gedung baru Kampus III di Sungai Bangek. Sehingga kursi yang disediakan lebih banyak dari tahun sebelumnya.

 

“Jalur penerimaan mahasiswa baru ini mulai dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), dan jalur mandiri. Ruang belajar bertambah dengan adanya kampus yang baru selesai di kampus III. Jadi, di Lubuk Lintah nantinya hanya fokus untuk satu fakultas saja yaitu tarbiyah dan keguruan, dan selebihnya di kampus III,” ujar Martin, pada hantaran.co jaringan Haluan, Rabu (15/6/2022).

Ia menyebut, fakultas yang bakal mengisi kampus III Sungai Bangek yaitu Fakultas Ekonomi Bisnis (FEBI), Fakultas Scientek, Fakultas Adab dan Humaniora Syariah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Fakultas Usuluddin dan Studi Agama (FUSA), dan Fakultas Syariah.

“Untuk dua fakultas yaitu FEBI dan Scientek, sudah berada di sana dan proses belajar mengajarnya sudah berjalan. Sementara empat fakultas lainnya bakal bergabung pada awal tahun ajaran baru ini,” katanya.

Martin melanjutkan, untuk kondisi persiapan gedung belajar di Kampus III Sungai Bangek saat ini sudah mencapai 90 persen. Ke depan, kata dia, akan dipersiapkan juga masjid dan rusunawa bagi mahasiswa.

“Semua sedang dalam pengusulan. Mudah-mudahan segera dikerjakan. Sementara ini, bagi mahasiswa yang masih tinggal di kawasan Lubuk Lintah, nantinya bakal disediakan bus kampus untuk operasional menuju kampus III,” ucapnya lagi.

Dia berharap, dengan bertambahnya ruang belajar, gedung baru, serta memiliki pengajar yang profesional kedepannya mampu mencetak mahasiswa yang siap bersaing dengan dunia luar. Bahkan, siap memulai bisnis usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

 

“Harapan kami tentu sangat besar bagi para lulusan UIN nantinya. Untuk itu, segala sesuatunya juga kami persiapkan sejak kini,” tuturnya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS