Ticker

6/recent/ticker-posts

Sambalado Asam Durian khas minangkabau




 Oleh : Sintia aulia

Jurusan :sastra daerah minangkabau pakπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

Sumatera barat khususnya Minangkabau di kenal dengan banyak nya kuliner tradisional seperti rendang, dendeng, gulai dan makanan lainya, tapi ada satu makanan yang tak banyak di kenal orang namun sangat lezat yaitu  Sambalado Asam Durian.

Seperti namanya makanan ini di terbuat dari buah durian, namun melalui proses fermentasi yang biasanya di lakukan secara tradisional oleh masyarakat minangkabau, durian yang awalnya manis setelah di fermentasi atau di diamkan di dalam wadah selama kurang lebih satu minggu akan berubah rasa menjadi asam.

Hasil olahan durian ini beraroma menyengat dan memiliki tekstur lembek dengan rasa asam yang khas, Kabarnya berasal dari Lactic acid Bacteria (LAB)

Asam inilah yang akan di jadikan campuran banyak makanan seperti asam durian ikan patin, asam durian patai, asam durian ikan nila dan gulai asam durian. Masyarakat sumatera khususnya minangkabau mengolah Asam Durian hingga menjadi makanan khas seperti sambal atau bumbu campuran berbagai makanan

Bukan hanya di Minangkabau Makanan ini bisa di temukan hampir di setiap daerah sumatera terutama jambi, palembang, lampung dan di luar sumatera yaitu kalimantan, hingga negara tentangga yaitu malaysia, banyak yang menyebutnya Tempoyak asam durian. Tentu beda daerah beda rasa, di daerah sumatera barat yang paling terkenal adalah Ikan Patin Sambalado Asam Durian khas Pariaman, berupa daging ikan patin yang gurih berbalur sambalado asam durian yang segar.karna tidak semua makanan khas minangkabau itu besantan jika ingin menikmati sajian yang pekat berbumbu namun segar, anda harus coba asam padeh atau asam pedas ini.

Pemilihan ikan patin yang lembut dan kenyal ini sangat cocok dipadukan dengan bumbu asam pedas, sehingga tidak membuat eneg. Ikan patin yang kaya akan lemak tak jenuh ini sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kadar kolestrol baik dalam tubuh.

Karna sebentar lagi bulan puasa Sangat cocok untuk menjadi hidangan saat berbuka puasa maupun makanan saat sahur.  Pembuatan asam padeh ini pun, tidak terlalu lama ataupun rumit dan bahan bahan nya pun juga mudah di dapatkan. Bahan yang perlu di siapkan untuk membuat ikan patin sambalado asam durian ini adalah:

- ikan patin, potong-potong - 500 gram

- asam durian

- Jeruk nipis, ambil air perasannya - 1 butir

- Serai, memarkan - 1 batang

- Jahe, memarkan - 1 cm

- Lengkuas, memarkan - 1 cm

- Daun kunyit - 1 lembar

- Asam kandis - 4 buah

- Cabai rawit merah - 10 buah

- Tomat hijau, iris kasar - 4 buah

- Air - 500 ml

- Minyak, untuk menumis - secukupnya

- BUMBU HALUS:

- Bawang putih - 3 siung

- Bawang merah - 5 butir

- Cabai kering - 5 buah

- Kunyit - 1 cm

- Garam - 1 sdt

- Gula pasir - 1 sdt

 

Setelah menyiapkan bahan bahan tersebut langkah langkah yang di perlukan untuk membuat makanan ini yaitu:

 

1. Bersihkan ikan. Lumuri dengan air jeruk nipis. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas kembali hingga bersih. Sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus bersama serai, jahe, lengkuas, dan daun kunyit hingga harum.

3. Masukkan ikan dan asam durian Aduk perlahan hingga berubah warna.

4.Masukkan asam kandis, cabai merah, dan tomat hijau. Tuangkan air. Aduk dan masak hingga kuah mengental dan matang. Angkat.

5.Siap disajikan.

 

TIPS

1. Cabai kering bisa digantikan cabai merah besar dengan takaran yang sama.

 

Setelah di sajikan tentu kita dapat menyantapkan bersama keluarga di bulan Ramadan,karna bulan suci ini merupakan momen paling ditunggu umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di sini umat muslim harus menjaga hawa nafsu dan menjalankan ibadah puasa.

Agar menjalankan ibadah puasa dengan maksimal, Anda perlu mencukupi asupan gizi. Tubuh membutuhkan banyak asupan gizi yang baik agar tetap sehat serta bisa beraktivitas normal.

Ketika berbuka puasa orang cenderung membeli makanan atau jajanan khas yang dijual di kaki lima. Sedangkan waktu sahur, tak jarang banyak yang mengandalkan makanan cepat saji karena praktis dan mudah dibuat.

Seperti diketahui, kebanyakan makan makanan yang belum tentu jelas gizi serta nutrisinya, bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Hal penting yang harus Anda lakukan yakni menjaga asupan makanan dan juga minuman yang baik ketika sedang menjalankan puasa.

Pola makan dan asupan makanan sebaiknya tetap dijaga selama menjalani ibadah puasa Ramadhan. Tapi bukan berarti sama sekali tidak boleh mengonsumsi atau jajan hidangan saat bulan ramadan.

Anda dapat memperhitungkan nutrisi dalam sepiring makanan yang akan Anda konsumsi. Semua itu harus Anda imbangi dengan asupan makan sehat.

Seperti asam durian tadi selain sehat kita juga harus melestarikan makanan-makanan lokal seperti itu karna jika tidak bisa jadi makanan tersebut akan hilang dan anak cucu kita nanti tak akan bisa merasakan nikmatnya makanan asli meraka sendiri. Karna kuliner juga termasuk penunjang hebat ekonomi indonesia, asam durian di bilang unik karna durian kebanyakan hanya tumbuh di asia saja, otomatis di negara barat tidak mengenal apa itu durian dan membuat makanan ini menjadi unik.

dengan karna itu banyak sekali manfaat yang kita dapat dengan terus menjaga dan menghidupkan makanan lokal khususnya minangkabau

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS