Ticker

6/recent/ticker-posts

Ramadhan datang surau kembali terang

 

Foto dok


Oleh: Aditya janta anugrah mahasiswa sastra daerah Minangkabau UNAND


Di beberapa daerah di Sumatra dan Semenanjung Malaya, surau merujuk pada bangunan tempat ibadah umat Islam. Surau menempati bangunan terpisah alih-alih ruangan pada sebuah bangunan. Fungsi surau hampir sama dengan masjid yakni sebagai pusat kegiatan keagamaan masyarakat dan pendidikan dasar keislaman

Bagi orang Minangkabau masa lalu, surau tak hanya digunakan untuk shalat dan belajar mengaji saja, tetapi juga berfungsi sebagai tempat belajar ilmu beladiri silat bagi anak nagari berbagai suku. Bahkan dari surau banyak lahir generasi muda Minang yang sukses sebagai pemimpin bangsa.

Di minangkabau juga, di kenal yang namanya 'surau suku', yaitu surau yang menjadi pusat suku tersebut, seperti untuk bermusyawarah kaum suku. Selain di rumah ‘gadang’, ternyata di surau juga bisa diadakan musyawarah. Rumah gadang sebagai unsur adat dan surau sebagai unsur syarak (agama).

Antara adat dan syarak memiliki hubungan yang sangat kuat dan tak dapat dipisahkan. Adat bagaikan raga, sedangkan syarak bagaikan jiwa, antara jiwa dan raga tidak dapat dipisahkan, jika terpisah maka tiadalah kehidupan. Seperti ungkapan adat, Adat bapaneh, syarak balinduang, Syarak mangato, adat mamakai.

Adapun berikut lebih jelasnya apa saja kegunaan surau:

1. Tempat beribadah

Sebagaimana tempat ibadah lainnya, surau juga sebagai tempat beribadah umat Islam pada umumnya. Seperti sholat, belajar al-quran, dan berbagai ibadah lainnya.


2. Wirid adat

Wirid adat adalah pertemuan para pemuka adat suatu kaum. Di surau, mereka akan membahas tentang adat, agama, masalah  yang terjadi dalam kaum, dan lain sebagainya.


3. Bermusyawarah kaum sesuku

Dalam bermusyawarah, biasanya membicarakan tentang adat nan taradat dan adat istiadat, bagaimana langkah selanjutnya untuk membangun dan mensejahterakan kaum sesuku. Dalam bermusyawarah akan saling mengeluarkan pendapat, masukan atau saran, dan aspirasi masing-masing. Selain itu, surau juga dijadikan sebagai sarana untuk mengumunmkan hasil musyawarah atau keputusan kepada masyarakat.


4. Tempat ‘tinggal’ pemuda

Maksudnya bukan tempat tinggal sebagaimana layaknya rumah, tapi para pemuda Minangkabau tidur di surau, sedangkan untuk kehidupan sehari-hari mereka tetap tinggal dirumahnya. Di zaman dahulu, para pemuda Minangkabau setelah mereka belajar al-quran di surau, maka mereka akan langsung tidur di surau itu. Namun, di zaman sekarang mungkin sedikit atau tidak ada pemuda yang masih tidur di surau.


5. belajar Silek  atau silat

Sholat,sholawat,silat adalah tiga hal serangkai yang akan di dapatkan di surau, kemampuan beladiri yang selalu di ajarkan pada anak muda minangkabau pada saat dahulu, bertujuan untuk anak muda nya dapat menjaga jiwa dan raga dalam hidup di dunia.


Namun pertanyaan nya masih berjalan kah semua fungsi tersebut pada saat ini?

Kenyataan nya sekarang banyak surau yang telah mati di karenakan beberapa penyebab, yang pertama karna anak muda nya sendiri, karna tidak bisa di pungkiri peran anak muda di tanah minang sangat lah besar, rancak tapian dek nan mudo seperti itu lah ungkapan zaman dahulu tentang anak mudanya. Karna pengaruh barat dan teknologi anak muda banyak berpaling ke hal modren dan menghilangkan kebudayaan dan adat nya.

Penyebab kedua adalah ajaran orang tua, pada masalah ini keluarga seperti orang tua ataupun mamak yang berarti paman di minangkabau juga memiliki fungsi untuk selalu mendorong anak dan kemenakan nya hal yang baik dan bermanfaat. Jika tak ada modal pengetahuan tentang adat di dalam keluarga, anak nya pun juga tidak akan merasa termotivasi melakukan hal tersebut.

Hal yang terakhir mejadi penyebab hilang nya fungsi surau adalah tidak adanya momentum yang di berikan pemimpin mereka untuk kembali ke surau, seperti banyak melakukan kegiatan di balai-balai desa atau di lapangan dari pada di surau. Ini pun bisa menjadi langkah pertama yang di lakukan jika alasan pertama dan kedua memang terjadi di masyarakat.

Bulan ramadhan adalah bulan suci umat islam Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ramadan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa dan memperingati turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW.


Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan. Bulan Ramadan biasanya berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal dan menurut beberapa aturan yang tertulis dalam hadits.


Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Bangsa Babilonia yang budayanya pernah sangat dominan di utara Jazirah Arab menggunakan penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus. Bulan kesembilan, yaitu bulan Ramadan selalu jatuh pada musim panas yang sangat menyengat.


Namun, setelah umat Islam mengembangkan kalender berbasis bulan, yang rata-rata 11 hari lebih pendek dari kalender berbasis Matahari, bulan Ramadan tak lagi selalu bertepatan dengan musim panas. Orang lebih memahami 'panas'nya Ramadan secara kiasan.

Kiasan ini merujuk pada hari-hari dimana orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Diharapkan dengan ibadah-ibadah Ramadan maka dosa-dosa terdahulu menjadi hangus terbakar dan orang yang berpuasa tak lagi berdosa. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.

Keistimewaan bulan Ramadan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Alquran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa."- (Al-Baqarah 2: 183).

Suasana kuat islami yang di berikan ramadhan menjadi pendorong untuk masyrakat minangkabau kembali ke surau dengan banyak nya kegiatan yang di lakukan di sana, seperti membuat event MTQ,silat,azan dan kegiatan lainya, atau kegiatan wajib tarawih di surau.

Ini pun akan membuat kembali anak muda dan semua golongan masyarakat mengingat dan balik menjaga surau-surau di kampungnya kembali terang dan hidup.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS