Ticker

6/recent/ticker-posts

Pesona Keindahan Pantai Batu Kalang Tarusan Sumatera Barat Yang Sangat Instagramable

 

Foto dok


Oleh : FAUZIAH RISKY NASUTION 

Mahasiswa Universitas Andalas 

Sastra Minangkaba

Kabupaten pesisir selatan memiliki potensi wisata yang dapat di tonjolkan seperti wisata alam,wisata buatan,sejarah dan budaya. Dan pesisir selatan itu dikenal juga dengan sebutan kota negeri sejuta pesona yang sepanjang jalannya terdapat pantai yang begitu indah yang ingin membuat kita tak ingin beranjak dari tempat itu. Ada banyak sekali pantai yang begitu indah dan sangat instagramable. Di anatara nya seperti air terjun bayang sani yang memiliki tujuh tingkatan dan debit air yang mengalir deras,ada juga taluak sikulo,pantai carocok,pulau setan,bukit langkisau,bukit bendera bayang,pantai salido,wisata mandeh jembatan akar,simpang tigo buaya putih, pantai pamutusan dan ada juga pantai batu kalang yang begitu mempesona bak pantai pulau belitung.

Pantai batu kalang merupakan salah satu pantai yang kini menjadi lokasi favorit wisatawan lokal disumatera barat,pantai ini sangat cocok untuk refresing bareng keluarga,bareng ayang,teman dll.adanya panorama pemandangan yang sangat indah dan instagramable yang membuat pantai batu kalang ini sangat ramai di kunjungi terutama generasi milenial sekarang berlomba lomba mendapatkan view panorama yang indah,adanya batu batuan besar di sepanjang bibir pantai dan tengah pantai menambah ke estetikan pantai ini.batu batu yang terdapat di batu kalang ini ada yang memiliki ukuran besar yang berada sisi ujung pantai hal itulah yang membuat nama pantai tersebut menjadi pantai batu kalang. Yang dimana dalam bahasa setempat kalang itu berarti penghalang,batu kalang sendiri terbagi dua yaitu batu kalang mandeh yang dapat di temukan di arah selatan dan batu kalang ketek terdapat di arah barat laut. Selain bebatuan pantai tentunya pantai memiliki pasir putih dan hamparan karang lautan di pinggir pantai, selain batu batuan dan pasir pantai batu kalang ini terdapat pepohonan bakau yang menambahkan keestetikan pantai ini,poho bakau yang memiliki akar yang yang mencuat cuat ke permukaan menambahkan kaya kombinasi dengan wisata alam yang ada.

Tidak hanya ber swa foto yang bisa dilakukan ditempat ini,masih banyak kegiatan memancing berenang,bersantai di pinggir pantai dengan payung payung layaknya seperti pantai di bali,seru sekali bukan? Selain itu kita juga bisa piknik di pantai ini karna dipinggir pantai disediakan pondok pondok yang harganya sesuai kantong.

Selain itu banyak juga warung-warung makanan dan minuman di sekitaran pantai jadi jangan khawatir jika tidak membawa bekal dari rumah dan untuk masuk kelokasi ini tidak perlu bayar hanya cukup membayar keamanan motor atau parkir seharga Rp. 2000, tempat ini sangat rekomendasi untuk kalian yang butuh hiburan,refresing dan piknik.  


Wisata alam pantai batu kalang dulu nya terlihat memang seperti tidak terawat, namun sekarang pantai batu kalang hadir dengan perubahannya seperti pantai pantai yang ada di belitung dan sangat instagramable hingga tak heran banyak wisatawan lokal yang mengunjunginya,adanya wisata ini tentunya memberikan dampak kondisi ekonomi bagi masyarakat setempat dengan adanya wisata pantai batu kalang ini masyarakat bisa memanfaatkan keadaan dengan berjualan kuliner lezat di sepanjang jalan dan sekitaran pantai,menyewakan ban bebek untuk anak anak yang ingin berenang dan menyewakan pondok untuk pengunjung yang ingin piknik bersama keluarga,tak perlu mengocek saku dalam dalam untuk mengunjungi wisata ini.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS