Ticker

6/recent/ticker-posts

PENGETAHUAN TENTANG KEBUDAYAAN

foto dok


Oleh: Hasbi Ash-shiddiqi

Jurusan Sastra Daerah Minangkabau



Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan akan kebudayaan, berbagai kebudayaan yang lahir dari nenek moyang kita dan berkembang seperti beragamnya suku, bahasa, hukum adat serta pakaian tradisional daerah-daerah yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu tari, musik, makanan juga beraneka ragam dan memiliki keunggulan serta kebanggaan tersendiri bagi daerah-daerah yang ada di Indonesia. Seiring berjalannya waktu kebudayaan yang di miliki daerah-daerah tersebut memudar akibat perkembangan zaman dan pengaruh dari luar serta ada nya globalisasi. Generasi muda menganggap bahwa kebudayaan lokal sudah ketinggalan zaman dan mereka memilih untuk mengikuti trend yang sedang hits saat ini.

Kebudayaan adalah salah satu aset penting dalam kehidupan karena dalam kebudayaan terdapat kearifan lokal dari suatu masyarakat yang tentunya menjadi ciri khas yang membedakan dengan masyarakat lainnya. Kebudayaan tercipta oleh masyarakat itu sendiri. Kebudayaan berisi oleh akal pikiran manusia yang diekspresikan lewat berbagai kegiatan yang tentunya dibarengi dengan sebuah unsur estetika yang menambah keunikan dari sebuah budaya. Kebudayaan diciptakan oleh masyarakat pada suatu daerah lalu dilaksanakan secara berulang-ulang sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang tetap ada hingga saat ini.

Kebudayaan merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh bersama serta diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Masyarakat saat ini sudah sangat jarang menyaksikan langsung atau mengikuti sebuah kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan. Parahnya, masyarakat terlalu sibuk dengan urusan lain sehingga tidak memikirkan kondisi kebudayaan pada saat ini. Mereka tidak sadar bahwa eksistensi kebudayaan Indonesia mulai memudar. Kebudayaan yang merupakan warisan dari nenek moyang yang seharusnya dijaga oleh para generasi muda mulai diragukan eksistensinya karena semakin hari minat masyarakat semakin pudar.

Seiring berjalannya waktu adat istiadat pada setiap daerah mulai memudar serta tidak lagi dijalankan oleh warga atau masyarakat sekitar. Sehingga adat istiadat pada daerah tersebut lama kelamaan menjadi tidak diterapkan akibatnya adalah adanya perubahan sosial dan kebudayaan pada masyarakat daerah tersebut serta terjadinya perubahan pola pikir pada masyarakat sehingga masyarakat tidak memikirkan yang mana adat isitiadat yang mereka jalankan dari dulu. Menurut Maciones (dalam Raho, 2016: 305) perubahan sosial adalah sebuah proses dalam kehidupan masyarakat yang terjadi secara berangsur-angsur mempengaruhi sikap dari waktu ke waktu.

Munculnya kehidupan modern yang sering kali dihubungkan dengan kehidupan industrialisasi, atau suatu proses terjadinya perubahan sosial dalam kehidupan yang mana semestinya dijalankan kini tidak dijalankan lagi sehingga kehidupan seperti itu berjalan dari waktu ke waktu dan kehidupan sosial semakin lama semakin hilang. Adapun pengertian perubahan sosial menurut Hendropuspito (dalam Raho, 2016: 305) perubahan sosial merupakan suatu keadaan yang di mana datangnya kebudayaan baru yang membawa perbedaan yang mempengaruhi struktur dan fungsi masyarakat. Dengan adanya modernisasi sangat mempengaruhi kehidupan yang dijalani oleh manusia, selain itu modernisasi juga mengakibatkan berbagai macam perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat perubahan sosial yang dialami ini terjadi disebabkan untuk mempertahankan keseimbangan dalam masyarakat perubahan yang terjadi dalam era modernisasi seperti perubahan unsur geografis, biologis, ekonomis serta budaya. Adapun perubahan sosial menurut John dan Gillin (dalam Ranjabar, 2008: 16) perubahan sosial adalah sebuah perubahan yang telah diterima karena letak geografis, kebudayaan, penduduk dan pemikiran yang baru di dalam masyarakat. Perubahan-perubahan sosial yang dialami masyarakat juga berpengaruh terhadap perubahan kebudayaan, hal ini disebabkan adanya sesuatu yang dianggap sudah tidak memuaskan.

Berbicara mengenai teknologi di era digital saat ini, teknologi sangat mempengaruhi kehidupan, teknologi dapat menjadikan kehidupan kita menjadi lebih baik dan sebagai alat komunikasi jarak jauh. Dengan adanya teknologi kita dapat melihat informasi dimanapun dan kapanpun kita berada, teknologi juga mempermudah kita untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya. Tetapi, teknologi juga berdampak negatif pada generasi milenial, dilihat dari sisi negatifnya, generasi milenial saat ini cenderung cuek pada sosial budaya.

Bahkan, teknologi juga dapat mengubah kebudayaan dengan cepat. Misalnya, pada umumnya manusia itu harus saling berinteraksi dan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Namun, teknologi mampu mengubahnya dengan cepat. Dengan teknologi, generasi millenial cenderung individualis yang mengejar pola gaya hidup yang eksis di sosial media.

Kebudayaan dapat dikenali melalui ciri-cirinya sebagai berikut:

-Budaya yang hadir di masyarakat akan dipelajari oleh generasi selanjutnya.

-Budaya dapat disampaikan oleh setiap individu pada individu maupun kelompok lain, serta diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya.

-Budaya memiliki sifat yang dinamis, artinya budaya dapat berubah sepanjang waktu.

-Budaya memiliki sifat selektif yang dapat mencerminkan pola perilaku serta pengalaman manusia secara terbatas.

-Walaupun kebudayaan setiap daerah berbeda, budaya memiliki unsur yang saling berkaitan.

-Masyarakat yang memiliki kebudayaan tersebut akan beranggapan etnosentrik atau menganggap bahwa budayanya sebagai budaya yang terbaik dan menilai budaya masyarakat hanyalah budaya standar.

-Budaya memiliki unsur kepercayaan di dalamnya yang dipercayai oleh anggota masyarakat yang memiliki kebudayaan tersebut.

-Dalam kebudayaan ada bahasa serta ciri khas dari setiap daerah yang memiliki budaya tersebut.

-Budaya merupakan produk yang diciptakan oleh manusia atau sekelompok manusia.

-Budaya meliputi obyek materi yang diwujudkan melalui teknologi, serta meliputi sikap, nilai dan pengetahuan.

Berikut adalah beberapa fungsi dari kebudayaan:

-Kebudayaan dapat meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat yang memiliki budaya tersebut.

-Kebudayaan dapat menimbulkan rasa toleransi serta rasa empati dari masyarakat.

Masyarakat yang memiliki budaya tersebut, akan menghargai satu sama lain.

-Kebudayaan dapat dijadikan sebagai sebuah sarana untuk dapat menjalin sosialisasi.

-Kebudayaan juga berfungsi sebagai media belajar.

-Kebudayaan berfungsi sebagai penentu batas, artinya kebudayaan dapat menciptakan perbedaan yang membuat setiap kelompok masyarakat unik dan membedakannya dengan kelompok masyarakat lain.

-Budaya berfungsi untuk memberikan rasa identitas pada anggota kelompoknya.

-Budaya berfungsi untuk memfasilitasi lahirnya komitmen pada suatu hal yang lebih besar dari kepentingan individu anggota kelompok masyarakat tersebut.

-Kebudayaan berfungsi untuk dapat meningkatkan kemantapan pada sistem sosial di masyarakat.

-Kebudayaan bertindak sebagai sebuah mekanisme sebagai pembuat makna maupun kendali yang dapat menuntun dan membentuk sikap dan perilaku individu.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS