Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengaruh Besar Covid-19 Terhadap Berbagai Seni Pertunjukan Dikabupaten Solok



Oleh: Ardimal


Mahasiswa Universitas Andalas


Di Minangkabau Seni Pertunjukan tentu bukan hal yang asing lagi bagi Masyarakat terutama di Kabupaten Solok. Seni Pertunjukan di Kabupaten Solok cukup beragam, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta seni. Seni Pertunjukan dikemas semenarik mungkin serta dikreasikan dengan Seni Pertunjukan Modern sehingga setiap pertunjukannya menjadi nilai Estetik bagi penikmatnya. Tidak hanya itu Seni Pertunjukan juga dijadikan sebagai Ikon utama dalam sebuah acara atau Tradisi, Seperti: Acara Perhelatan, Acara-acara Adat, hari-hari besar dan lainnya. Oleh sebab itu, Seni Pertunjukan ini hampir dilaksanakan setiap tahunnya. 

Masyarakat kabupaten Solok yang masih kental dengan kebudayaan serta tradisinya, menjadikan Seni Pertunjukan sebagai ajang hiburan yang berkembang pesat dan terjaga kelestariannya sampai saat ini. Hampir seluruh daerah di Kabupaten Solok memiliki Seni Pertunjukan yang berbeda-beda, namun ada juga yang sama. Meskipun bentuk pertunjukannya sama namun memiliki Artikulasi yang berbeda sehingga mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri disetiap daerahnya. 


Namun, pada akhir tahun 2019 Sampai sekarang terjadi pandemi di seluruh belahan dunia termasuk indonesia yang bersumber dari wuhan,china. yang bernama COVID-19. Pandemi ini sangat berpengaruh terhadap tatanan kehidupan masyarakat diindonesia, sehingga memiliki dampak negatif yang cukup besar yang membuat lumpuh berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat salah satunya adalah Seni pertunjukan. 


Pada masa jauh sebelum pandemi COVID-19 datang ke indonesia. Masyarakat masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan dan tradisinya serta menjaga dan melestarikan seni pertunjukan di setiap daerah yang ada di indonesia, salah satunya kabupaten Solok.


 Kabupaten solok yang menganut sistem kebudayaan minangkabau memiliki berbagai jenis seni pertujukan dengan ciri khas tersendiri sehingga tidak heran mengapa daerah ini menjadi salah satu objek wisata bagi orang asing.


 Pada awal masuknya pandemi ke sumatera barat, seluruh bentuk dari berbagai seni pertunjukan yang ada mulai di berhentikan sementara sampai waktu yang tidak ditentukan sehingga perkembangan seni pertunjukan di Sumatera barat Termasuk di kabupaten solok terhambat karena berbagai kebijakan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19. 

Dampak dari pandemi ini sangat signifikan terhadap tatanan kehidupan masyarakat yang membuat segala aktivitas kebudayaan dan tradisi tidak dapat dilakukan. Penerapan berbagai kebijakan seperti; Lockdown, PSBB, Dan lain sebagainya. Membuat segala bentuk yang berpotensi berkerumun atau berkumpulnya orang-orang dihentikan sementara, seiring dengan meningkatnya angka psitif COVID-19 dan juga di perketatnya aktivitas masyarakat semakin membuat seni pertunjukan yang ada di kabupaten solok semakin tidak dapat dilakukan sehingga seni pertunjukan di beberapa daerah kabupaten solok lumpuh total akibat dampak dari COVID-19.


Berbagai upaya dalam pemulihan keadaan telah dilakukan oleh pemerintah maupun berbagai kalangan masyarakat untuk pengendalian penyebaran COVID-19. namun tetap saja pandemi sampai sekarang masih belum juga hilang secara total, yang artinya penerapan kembali seni pertunjukan belum juga dapat di lakukan di beberapa daerah yang dikira masih rawan terhadap penyebaran COVID-19, oleh sebab itu seni pertunjukan pada saat ini hanya ditampilkan melalui media massa(online), Dengan demikian penerapan dari seni pertunjukan seperti ini tidak sekondusif seperti biasanya.


Meskipun sekarang penyebaran COVID-19 telah dapat dikendalikan namun tetap saja belum secara utuh hilang dari bumi indonesia. Yang membuat segala bentuk pertunjukan belum bisa berjalan normal. Pengaruh penyebaran COVID-19 kesetiap sudut negeri di sumatera barat ini sangat mengubah berbagai pola-pola kehidupan masyarakat. Terhambatnya para pelaku seni dalam mengembangkan dan mempertahankan tradisi  kebudayaan akibat peraturan yang diterapkan oleh pemerintah membuat banyak pengerak seni pertunjukan vakum untuk sementara waktu.


 Namun demikian melihat perkembangan COVID-19 yang mulai agak mereda sekarang, ada beberapa daerah telah melakukan kembali aktivitas dalam rangka mengembangkan kesenian. 

Pada saat pesatnya penyebaran COVID-19 di indonesia yang mengganggu aktivitas seni pertunjukan di berbagai daerah. Para pelaku seni harus memutar otak untuk dapat menampilkan seni pertunjukan, maka terciptalah ide ide dari berbagai kalangan yang terlibat dalam seni untuk melakukan penampilan dan pengembangan seni pertunjukan dengan media massa yang berkembang sekarang. Sehingga sampai sekarang seni pertunjukan yang ada diminangkabau masih dapat berkembang dengan baik. 


Pengeruh besar yang terjadi selama COVID-19 melanda, seni pertunjukan mengalami kemunduran yang sangat hebat yang membuat hampir hilangnya berbagai aktivitas tradisi di seluruh wilayah. Pada saat meningkat pesatnya COVID-19 di indonesia kita hampir tidak menemukan aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan keramaian sehingga secara total acara seni pertunjukan harus dihentikan sementara waktu. Pengaruhnya adalah pada saat acara seni kembali dilaksanakan untuk pertama kalinya tidak lagi berjalan secara maksimal dengan berbagai alasan vinansial. 


Pengaruh COVID-19 memang banyak menimbulkan dampak negatif karena terhambatnya berbagai acara tradisi kebudayaan, dampaknya sangat dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat yang membuat perubahan yang sangat besar bagi seni pertunjukan. Namun dibalik sisi negatifnya ada beberapa sedikit sisi positifnya yaitu masyarakat dapat belajar untuk mengembangkan berbagai ide-idenya melalui media massa, sehingga dalam upaya mempertahankan tradisi seni pertunjukan tidak hanya dilakukan melalui pertunjukan di lapangan terbuka saja tetapi sudah bisa di tampilkan di berbagai media seperti; you tube, instagram, tiktok, dan lain sebagainya. Pengaruh positif lainnya yaitu masyarakat dapat berinovasi dan berkreatifitas dalam mengembangkan produknya dengan berbagai upaya yang membuat produk tersebut dapat berjalan sebagai mana semestinya. COVID-19 mengajarkan kita untuk aktif berinovasi dan kreatif dalam bertindak dalam keadaan apapun sehingga apa yang kita jaga dapat bertahan sampai kapanpun.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS