Ticker

6/recent/ticker-posts

Objek Wisata Puncak Taruko

 


Oleh : Haisyah Qadri Febrian, mahasiswi Universitas Andalas, Fakultas Ilmu Budaya, Sastra Minangkabau 





Indonesia adalah negara kaya yang menyimpan berbagai macam sumber daya alam yang melimpah. selain itu, Indonesia menyediakan berbagai macam tempat objek wisata yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, mulai dari wisata alam sampai wisata budaya yang sanagat beragam. Salah satu provinsi di Indonesia dengan sektor pariwisata alam yang sangat baik yaitu provinsi Sumatera Barat.


Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki keunggulan di dunia wisata yang sudah terkenal baik di tingkat nasional maupun mancanegara. Tidak main-main, di tahun 2017 pernah tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat sampai menembus angka 7,8 juta orang. Salah satunya yang berada di Ngarai Sianok, berlokasi di Jorong Sutijo, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampek Koto, Agam-Sumbar. Salah satu objek wisatanya yaitu Puncak Taruko.


Sebenarnya Taruko merupakan salah satu nama perkampungan didaerah sana. Puncak Taruko merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bukittinggi  yang wajib dikunjungi oleh para penikmat panorama alam. Lokasi Puncak Taruko masih dalam lingkup Tabiang Takuruang Ngarai Sianok. Dari pusat Kota Padang, Puncak Taruko berjarak 100 kilometer dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan memakan waktu kurang lebih 3 sampai 3,5 jam. Sementara kalau dari pusat Kota Bukittinggi Puncak Taruko hanya berjarak sekitar 8,5 kilometer dan hanya akak memakan waktu 20 menit. Dan untuk tiket masuk menuju Puncak Taruko termasuk murah, dengan membayar Rp. 5.000,- per orang kita sudah bisa menikmati keindahan alam yang sudah disuguhi oleh Puncak Taruko.


Puncak Taruko ini menyuguhkan keindahan alam yang menyegarkan mata bagi setiap pengunjung yang datang. Sebelum kita sampai di Puncak Taruko, diperjalanan kita akan melewati beberapa cafe yang mempunyai keunikannya masing-masing. Lalu kita bisa menikmati pemandangan puncak dengan berjalan kaki sekitar 5 meter dari parkiran. Semakin dekat berjalan menuju puncak, kita akan melihat pemandangan tabiang tarkuruang ngarai sianok, hamparan sawah dan kita juga akan mendengarkan sayu-sayu aliran sungai yang berada disekitaran puncak tersebut. Dan kita juga akan diperlihatkan dengan menjulangnya Gunung Marapi yang seolah menyambut kedatangan kita di Puncak Taruko. Dan untuk memudahkan pengunjung menuju puncak, pihak pengelola dan masyarakat membuatkan jalan berbeton untuk dilalui oleh kendaraan.

Puncak Taruko merpuakan sebuah taman kecil yang diolah oleh warga lokal. Fasilitas seadanya yang disediakan berupa gazebo-gazebo kecil, kedai minuman, area untuk duduk bersantai, menara pandang dan areal untuk memarkirkan kendaraan. Meski masih minim fasilitas, namun pemandangan yang disuguhi oleh objek wisata ini sangat menyejukkan mata. Mata tak akan bosan melihat kokohnya Ngarai Sianok yang berdiri tegak dengan lekukannya dan lembah di sekitarnya. Dan pesan untuk para pengunjung yang akan berkunjung di objek wisata Puncak Taruko ini, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan selalu patuh untuk membuang sampah pada tempatnya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS