Ticker

6/recent/ticker-posts

Lepas Kloter III, Ini Pesan Ketua DPRD kepada Jemaah Haji Sumbar

 
Wakil Ketua I Irsyad Syafar lepas jemaah calon haji Minggu malam (5/6) foto  fls

Proses pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Padang masih berlangung. Sebanyak 784 orang dari Kloter I dan II sudah tiba di Madinah. Jemaah Kloter II tiba di pukul 23.00 wib atau pukul 19.00 waktu Madinah. 


Sebelum diterbangkan ke Arab Suadi, Kloter III yang berjumlah 393 dilepas Ketua DPRD Sumbar diwakili  Wakil Ketua I Irsyad Syafar didampingi Kakanwil Kemenag diwakili Kabag TU Miswan, Minggu malam (5/6) di Aula Makkatul Mukarramah Asrama Haji. 


Turut hadir Kasubdit Pengelolaan Keuangan Operasional Haji Ditjen PHU Suratman, Kabiro Kesra Irsyad, Sekda, Kepala Bidang Kanwil Kemenag dan Kakan Kemenag asal jemaah Kloter III, Kab. Agam, Lima Puluh Kota, Sijunjung, Kota Sawahlunto, Kab. Solok Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai dan Kota Padang. 


Dalam kesempatan itu Irsyad Syafarpm mewakili DPRD Sumbar mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada jemaah Embarkasi Padang. Semoga Allah melindungi, memberkahi seluruh perjalanan  pulang ke tanah air dalam keadaan sehat dan memperoleh haji yang mabrur Insya Allah. 


"Setelah 2 tahun penyelenggaraan ibadah haji terbatas hanya bagi yang bermukim di Arab Saudi, bapak ibu adalah orang pertama yang dipilih oleh Allah. Mudah-mudahan kedepan penyelenggaraan ibadah haji akan kembali normal," ungkapnya. 


Dikatakan Irsyad, ibadah haji intinya secara keseluruhan, bapak-ibu berangkat ke sana pergi beribadah memenuhi panggilan Allah, bukan pergi jalan-jalan, bukan pergi berbelanja. 


Pengalaman saya menjadi petugas haji dan beberapa kali menunaikan ibadah haji kebetulan dulu kuliah di negara tersebut,  jamaah haji setiap pulang dari masjid ada saja ditangannya yang baru dibeli. 


"Mungkin waktu berangkat ke Mesjid tidak ada niat tapi karena pulang dari mesjid  lewat depan toko jadi menarik, yang nggak  diniatkan jadinya dibeli," cerita Irsyad. 


"42 hari lebih kurang pengalaman bapak Ibu itu luar biasa nikmat Allah yang sangat mahal saya menyarankan rencanakanlah berbagai Amal Soleh. Kalau bisa membaca Alquran minimal khatam sekali 30 juz," imbuhnya. 


Pemerintah sudah menyediakan seluruh sarana, bapak ibu nggak lagi masak nggak lagi belanja, karena makan 3 kali sehari. Sebelumnya kita hanya dua kali sehari, ujarny lagi 


Berarti tugas bapak ibu lanjut Irsyad hanya beribadah. Kalau mau, bisa lebih meningkatkan lagi khatam sampai 10 kali. 


Kemudian yang kedua saran saya kata Wakil Ketua DPRD ini, kita pergi haji itu untuk menambah iman, untuk menaikkan level iman. 


"Manusia imannya fluktuatif, turun naik. Kita beribadah haji dengan segala biaya, waktu, tenaga dam fikiran, bina iman kita. Tetapi para ulama mengatakan iman tak akan naik kalau amal tak bertambah. Pergi haji tujuannya menambah iman," pesan Irsyad 


Kemudian yang ketiga pesan saya jaga nama baik bangsa dan negara. Negara kesatuan Republik Indonesia di Sumatera Barat di tanah Air. 


"Jadilah orang yang peduli dengan sesama, ringan tangan mau berbagi sebagai ciri khas jemaah haji Indonesia dan Sumatera Barat. Maka dengan demikian kita sudah ikut serta menjaga nama baik provinsi Sumatera Barat nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandas Irsyad. 


Acara melepas ditandai dengan penyerahan bendera dari Ketua DPRD kepada Ketua Kloter I.  Zulkarnain Batubara dilanjutkan penyerahan mikrofon oleh Kabiro Kesra kepada Pembimbing ibadah H. Ma'rufin didampingi tenaga kesehatan dr. Irma Suryani dan Ilham Syah Putra. Rin

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS