Ticker

6/recent/ticker-posts

Lauak Mungkuih sebagai Icon Pariwisata Pesisir Selatan

 



 Oleh : Fitrah Azzahra

 Mahasiswa Universitas Andalas  Jurusan Sastra Minangkabau Fakultas Imu Budaya. 



Pesisir selatan merupakan salah satu kabupaten di sumatera barat Indonesia yang terletak dipinggir pantai dengan garis pantai sepanjang 218 KM. Pesisir Selatan terkenal dengan keindahan alam yang mempesona. Seperti pantai carocok, kawasan wisata mandeh dan bukit langkisau.

Selain terkenal dengan alamnya yang indah, pesisir selatan juga memiliki kearifan lokal makanan khas yaitu Rakik Maco, Randang Lokan dan  goreng Lauak mungkuih dan masih banyak lagi. 

Nah, kali ini kita akan membahas  dan mengulik tentang Goreng Lauak Mungkuih yang jarang di ketahui dan di eksplor oleh masyarakat. 

Lauak mungkuih atau ikan mungkuih ini hidup di air sungai yang deras dan jernih. Rasa gurih dan manis ikan mungkuih ini sangat khas di lidah.

Ikan Mungkuih adalah sekelompok ikan yang bentuknya mirip dengan ikan belut. Selain rasanya yang enak ikan Mungkuih memiliki banyak manfaat kan kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Jika berkunjung ke ibu kota Pesisir Selatan yaitu Painan tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi ikan yang unik dan  lezat ini. Biasanya ikan Mungkuih ini banyak ditemukan di desa desa salah satunya desa Salido Sari Bulan. 

Ikan Mungkuih ini digoreng dan di beri cabe merah atau pun cabe hijau yang dinamakan Goreng Lauak Mungkuih Balado. Rasanya sangat enak sekali apalagi ditambah dengan jengkol dan dimakan dengan nasi putih. 

Selain diolah menjadi goreng mungkuih balado, ikan ini juga bisa diolah menjadi pangek mungkuih yang tidak kalah enak. Jadi tidak lengkap rasanya jika berkunjung kepesisir Selatan mencicipi ikan mungkuih ini. Di Pesisir Selatan khususnya di Desa Salido Sari Bulan kamu juga bisa merasakan pengalaman menangkap ikan mungkuih yang unik, menangkap ikan disungai yang bersih dengan cara ditembak dengan alat tradisional dari kayu. Sangat menarik bukan? 

Jika kita bertamu ke Desa ini biasanya disuguhkan oleh masyarakat nya dengan goreng ikan Belut cabe merah dicamput dengan jengkol yang sangat enak, tidak heran jika banyak orang dari luar yang memesan  ikan ini. Tetapi sayangnya masakan ini tidak dibranding dengan baik sehingga tidak begitu dikenali orang, padahal goreng ikan Mungkuih Balado dan Pangek Ikan Mungkuih ini bisa menjadi icon bagi Pesisir Selatan dan Desa Salido Sari Bulan itu sendiri ditambah dengan adanya wisata wisata sejarah peninggalan belanda dan jepang yang sudah menjadi tempat yang menarik dikunjungi oleh wisatawan. 

Nah, siapa yang belum mencicipi Ikan Mungkuih ini?? Ayo berkungkung ke Pesisir Selatan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS