Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis Jenis Minuman Tradisional Minangkabau




Nama : Oktavia Rizki Fadila 

Jurusan : Sastra Minangkabau 

Universitas Andalas



Minuman tradisional khas Padang (Minangkabau) provinsi Sumatera Barat ini memiliki banyak manfaat menjadi bagian dari kekayaan kuliner nusantara. Selain itu, minuman ini terbuat dari berbagai bahan alami (herbal) yang diperoleh dari lingkungan alam dan tidak pernah habis. Jika habis, maka ini menjadi peluang bagi petani Padang untuk menjalankannya dari waktu ke waktu. Tidak hanya rasanya, tetapi juga manfaat lain seperti kemampuan mengusir angin, menambah energi, serta menghilangkan pegal linu. Meski tidak sepopuler masakan khas Minangkabau yang bisa ditemui hampir di setiap sudut kota, kita harus mengenali minuman khas dari Padang, Sumatera Barat ini.



Berikut nama-nama minumannya: 

1. Dadia atau dadih 

Minuman dadiah merupakan salah satu minuman khas minan yang terbuat dari susu kerbau yang difermentasi. Sekilas minuman ini mirip dengan minuman yogurt dan juga terbuat dari bahan baku susu fermentasi. Perbedaannya terletak pada proses pembuatannya karena Dadia dibuat dengan proses alami dari stik bambu. Minuman ini enak dinikmati di pagi hari sebelum sarapan dan cocok dipadukan dengan menu lontong yang enak. 

2. Aia Aka 

Minuman Aia Aka ini merupakan minuman khas dari daerah Minan dan terbuat dari daun saga. Cara membuat minuman ini sesederhana meremas daun alang-alang, lalu menyaring airnya dan diamkan beberapa saat hingga membeku seperti agar-agar. Minuman ini mudah ditemukan dan dijual oleh banyak pedagang kaki lima.

Selain cincau peri, minuman ini biasanya dicampur dengan bahan lain seperti air asam jawa, santan, gula merah dan air kacang. Rasa minuman ini sangat menyegarkan, apalagi di bawah terik matahari. Selain enak, minuman ini juga dipercaya memiliki khasiat meredakan sakit maag dan bagus untuk pencernaan. 

3. Jus Pinang Mudo

Minuman ini sungguh unik karena terbuat dari bahan yang tidak biasa. Jika jus biasanya dibuat dengan buah yang lebih besar dan lebih manis, maka sangat berbeda dengan jus ini. Seperti namanya, jus ini terbuat dari bahan dasar buah pinang, sama seperti jus yang biasa kita buat. Untuk meningkatkan cita rasa minuman, sering dicampur dengan bahan lain seperti madu, jahe dan kuning telur. Jus Pinang Mudo ini memang lebih sering dinikmati kaum Adam karena khasiatnya yang dipercaya dapat meningkatkan stamina.

4. Teh Talua

Jika rendang dikenal sebagai makanan daerah Minang, maka teh talua dikenal sebagai minuman daerah Minangkabau. Minuman ini sudah lama dikenal penduduk setempat dan mudah ditemukan dari warung makan pinggir jalan hingga kafe dan restoran. Seperti namanya, minuman ini terbuat dari dua bahan yaitu teh dan telur. Telur yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah telur asli yang khasiatnya sudah terkenal. Minuman ini biasanya menjadi minuman favorit masyarakat Minang. 

5. Kawa Daun

Setiap daerah pasti memiliki makanan atau minuman khas yang menjadi tujuan para wisatawan. Salah satu daerah dengan minuman khas terbaik adalah Sumatera. Ada beragam minuman khas Sumatera yang menjadi favorit banyak orang, salah satunya adalah aia kawa. Minuman ini mudah ditemukan di Sumatera Barat.


Minuman ini biasanya terdapat di daerah Sumatera Barat yang lebih dingin sebagai minuman yang memberikan rasa hangat pada tubuh peminumnya. Yang membuatnya unik adalah terbuat dari tanaman kopi yaitu daun kopi. Minuman ini dibuat dengan cara menyeduh daun kopi, seperti biasanya kita membuat teh. Minuman ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dan kopi yang diproduksi oleh Belanda membuat orang Minan sulit untuk menikmatinya, menurut laporan. Saat itu, orang Minan tidak memiliki ide untuk menggunakan daun kopi sebagai minuman, dan ternyata rasanya sesuai dengan yang mereka harapkan. Keunikan lain dari minuman ini adalah terbuat dari batok kelapa.

Aia kawa (bahasa Minangkabau: air daun kopi) atau leaf coffee atau kawa daun adalah minuman yang terbuat dari daun kopi, diseduh seperti teh dari Sumatera Barat dan Clinch. Daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Untuk meminumnya, daun yang dijemur tersebut dicampur dengan air dingin kemudian diseduh dengan air mendidih. Di daerah Kerinci, minuman ini disebut air kawo. 

6. Es Cendol

Minuman ini merupakan minuman yang sangat melegenda bagi masyarakat Minan yang dikenal sudah ada sejak tahun 1950-an. Terbuat dari tepung beras, perasan daun pandan, gula aren dan santan. Orang-orang sangat menyukai minuman manis yang sangat menyegarkan ini. Uniknya, minuman ini sangat terkenal di beberapa daerah nusantara, hanya saja dengan nama yang berbeda di setiap daerahnya.

7. Es Tebak

Setiap daerah di Sumatera memiliki beragam minuman khas. Salah satu minuman khas Sumatera yang mudah ditemukan di Sumatera Barat adalah Es Tebak. Karena keunikan namanya, minuman yang satu ini berhasil membuat hampir semua orang penasaran. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat berbondong-bondong mencoba Es Tebak adalah salah satu minuman favorit banyak orang Minang saat cuaca panas. Minuman ini konon menyegarkan di cuaca panas. Minuman ini sedikit mirip dengan minuman Aia Aka yang terbuat dari jelly seledri, namun isi minuman ini membuatnya sangat berbeda. Dikatakan Es Tebak  karena minuman ini terbuat dari bahan tebakan yang hampir mirip dengan cincau peri, namun dengan tekstur yang lebih keras. Minuman semacam ini mudah dibeli, biasanya tersedia di pinggir jalan atau di pedagang kaki lima yang menjual minuman, mudah ditemukan

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS