Ticker

6/recent/ticker-posts

Syukuran HUT PNM Yang Ke 23 Dibarengi Dengan Kegiatan Halal Bi Halal.



Padang - Jurnalis Sumbar. com

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) merupakan anak usaha Bank BRI yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan ini mengusung tema, Tumbuh Peduli Menginspirasi. Digelar di Grand Basko Hotel, Kamis ( 02/6/2022 ), dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 23 ( 01/06/1999 ) yang dibarengi dengan kegiatan Halal Bihalal. 


PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.


PNM memiliki program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang bertujuan untuk memberikan pendampingan serta pembinaan kepada kepada para pelaku usaha ultra mikro dan kecil yang merupakan nasabah binaan PNM. Jenis kegiatan usaha dalam PKU adalah program pelatihan yang di khususkan bagi para nasabah PNM Mekaar dan ULaMM, program Pelatihan ini dilakukan diseluruh kantor cabang PNM di Indonesia.


Pembinaan pengelompokan, merupakan pembinaan nasabah yang dilakukan melalui pola pengelompokan. Ditentukan berdasarkan jenis usaha dan lokasi nasabah. Program ini mencakup pelatihan dan pendampingan di berbagai aspek, diantaranya Keuangan, Produksi, Pemasaran dan. kelembagaan, diperuntukan kepada nasabah PNM ULaMM, maupun PNM Mekaar Sedangkan nasabah PNM Mekaar merupakan program pendampingan yang di khususkan bagi para nasabah PNM Mekaar. Program ini dilakukan diseluruh kantor cabang PNM Mekaar di Indonesia," Ucap Pimcab  Padang, Yulia Fitria Yohanes ( buk Meri ) yang lebih dikenal dikalangan karyawan nya.


Pimcab PNM Padang berharap mengimplementasikan tema, yaitu Tumbuh Peduli Menginspirasikan, agar seluruh karyawan di Sumbar mengimplikasikan tema tersebut kepada mereka yang bekerja sehari-hari. Tumbuh berarti dari jumlah nasabah nya bertambah. Peduli berarti selain lembaga pembiayaan tapi juga pemberdayaan terhadap nasabah, sehingga kapasitas dari nasabah semakin baik. Menginspirasi berarti apapun yang akan kita lakukan akan menjadi inspirasi semua orang untuk memajukan ultra mikro.dan mikro di Indonesia,"Ungkap Meri. 


Peserta atau nasabah PNM yaitu seluruh ibu-ibu yang jngin berusaha dengaan taraf hidup yang belum sejahtera, jadi harapan kita mereka dibiayai yang namanya Mekaar, kemudian mereka naik kelas lagi, maksudnya usahanya semakin berkembang,umpamanya meminjam 3 juta dan ingin menambah, tergantung kebutuhan nasabah, artinya mereka naik kelas, naik kelas pun ditandai dengan usahanya makin berkembang, kemudian pembiayaan makin besar.Dalam hal pembiayaan kita semakin meningkat. Di PNM ini tidak meminta sebuah jaminan atau anggunan," Tutur Meri. 


Sampai saat ini nasabah PNM di Sumbar mencapai 335 ribu nasabah yang sudah kita biayai dan pendamping. Untuk awal nya nasabah diberikan pinjaman Rp. 3 juta sesudah itu diberikan pelatihan sekali seminggu.Jangka waktu pelunasan tergantung kepada kelompok. Sebelumnya diadakan pertemuan dan diberikan pelatihan, dalam pelatihan tersebut ada juga yang tidak lolos. Apabila dari salah satu kelompok tidak bisa bayar makanya dilakukanlah tanggung renteng. makanya pembiayaan di Mekaar Alhamdulillah jadi lancar, karena mereka itu saling mengontrol, jadi semuanya bertanggung jawab," Ungkap Meri. 


Meri selanjutnya menjelaskan kepada Insan Pers, BRI, Pegadaian dan PNM,  sejak September 2021 menjadI Holding. Yang namanya Holding ultra mikro, sejak adanya holding itu dibuka program Rekening Simpedes UMi dan  tidak dikenakan biaya. Mereka bisa menjadi BRI Link, dan membuka tabungan emas pegadaian.Holding itu menjadi satu keluarga nantinya untuk memajukan ultra mikro.  Dengan adanya Holding ini nanti seluruh nasabah semuanya bisa naik kelas," Ungkap Meri. ( Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS