Ticker

6/recent/ticker-posts

Camp Di Area Danau Talang Alahan Panjang



Oleh Geby Aprideliankar Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas

  

Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang menyenangkan. Apalagi kalau Anda sudah bosan dengan liburan yang itu-itu saja, ada tempat wisata di Alahan Panjang yang sayang jika dilewatkan.

Alahan Panjang adalah salah satu nagari di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, Indonesia. Nagari ini yang berjarak sekitar 65 km dari Kota Padang yang berada di atas Bukit Barisan, tepatnya di lereng bagian timur kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat pada ketinggian 1.400–1.600 mdpl. Secara geografis Nagari Alahan Panjang  adalah salah satu dari empat nagari yang berada dalam wilayah Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, yang mempunyai luas 88,76 km². Jumlah penduduknya pada tahun 2008 adalah sebanyak 14.100 jiwa, dengan kepadatan 150 per km². Tinggi daerah ini dari permukaan laut adalah sekitar 1.450 m, dengan curah hujan rata-rata 212 hari per tahun.

​Danau Talang adalah sebuah danau di kabupaten Solok, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini adalah danau vulkanik yang terbentuk dari salah satu dan merupakan danau vulkanik yang berbahaya kawah Gunung Talang. Tercatat sebagai salah satu gunung api aktif di Sumatera Barat, letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar dan salah satunya kini menjelma menjadi danau.  Pemandangan di sekitar danau ini tampak makin indah berkat kehadiran bebatuan gunung. Menurut cerita masyarakat setempat, batu-batu tersebut merupakan sisa-sisa dari letusan gunung beberapa waktu silam.

Akses menuju keDanau Talang Danau Talang bisa ditempuh via jalur darat dengan perjalanan sekitar tiga jam dari Padang, Sumatera Barat, menuju ke arah Solok. Begitu sampai di Solok, kalian hanya tinggal menempuh perjalanan darat selama kurang lebih satu jam.

Begitu memasuki kawasan Alahan Panjang, akan dibuat takjub dengan indahnya hamparan kebun teh luas. Belum lagi ditambah kehadiran perkebunan sayur warga dan kawasan perbukitan yang luar biasa. Semuanya tampak begitu mempesona, dibalut sejuknya udara khas dataran tinggi.Akses menuju Danau Talang sendiri butuh waktu sekitar satu jam menumpang sepeda motor dari Aia Batumbuak.

Sangat cocok untuk liburan diakhir pekan

Danau yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Jika datang di waktu yang tepat, kalian bakal disambut panorama sunset yang sangat indah. Sembari duduk santai, kalian bisa nikmati eloknya mentari yang perlahan menghilang di balik Gunung Talang.

Area Camp Danau Talang

Selain Kebun Teh dan Danau Kembar Atas Bawah yang menyuguhkan Pemandangan yagn indah untuk dinikmati dan disyukuri, Nagari Alahan Panjang Danau Talang mempunyai keunikan dan keseruan tersendiri untuk dinikmati dan disyukuri oleh pencita alam dan penghilang strees dikala suntuk. Camp area Danau Talang sudah tidak Asing untuk didengar , Danau Talang sendiri pernah buming dan menjadi tempat tujuan camp bagi orang-orang lokal maupun luar lokal. Berkemah di sini bakal ditawarkan keseruan yang tak kalah menarik dibanding bermalam di kawasan pegunungan. danau ini juga sering disebut sebagai Telaga Sunyi karena letaknya tersembunyi dan jauh dari keramaian. Tentu saja sangat pas untuk mengusir kebosanan dari hiruk pikuk kota.


Aktifitas-Aktifitas menarik dapat kita lakukan di Danau Talang bagi Yang Camp di Area Danau Talang, Tak sekedar kemping, di danau ini kita juga bisa berkeliling di dengan menumpang sampan nelayan sekitar. Tentunya jangan lupa meminta izin pada pemiliknya, memancing di sekitar sini, dan Memetik Strowberry yang menjadi kebun oleh masyarakat di Tepi Danau,dan serta berfoto dan selfie ria dengan baground Danau Talang, dan kita juga bisa melihat Pemandangan Gunung Talang yang cukup jelas jika tidak  kabut. Dan masih banyak lagi aktifitas-aktifitas yang dapat dilakukan di Danau Talang jika camp di area Danau Talang, jika hanya berwisata saja rasanya kurang afdol karna mengingat waktu yang cukup singkat untuk menikmati alam Nagari Alahan Panjang ini.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS