Ticker

6/recent/ticker-posts

Wisata Pantai Air Bangis

foto dok


Vaneska Yufita Sari

wisata pantai bisa dikategorikan wisata yang paling banyak dikunjungi atau di sukai oleh kalangan orang banyak. kebanyakan orang indonesia lebih menyukai wisata pantai atau wisata alam dibandingkan wahana-wahana buatan tangan manusia. mungkin karena ada beberapa faktor yang mendorong orang banyak lebih tertarik dengan wisata pantai dibandingkan dengan wisata lainnya. seperti alam yang terbentang luas mungkin, udaranya yang bebas, biaya yang murah, dan bisa mandi-mandi, dan mungkin faktor yang paling dominan adalah karena indonesia luas akan lautan dan banyak memiliki pantai atau pulau-pulau yang indah dan beragam bentuk keindahannya.

Wisata pantai air banigs adalah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. pantai air bangis mempunyai potensi dan keindahan tersendiri pada pantainya. pantai air bangis ini berbtasan langsung dengan samudera indonesia juga dikelilingi oleh perbukitan yang menambah kenidahan panorama pantai. ditambah lagi dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi yang membuat anak-anak bermain ditepi pantai, pantai air bangis ini dikategorikan sebagai pantai yang cukup aman bagi anak-anak karena ombaknya yang tidak begitu besar.

Objek wisata bahari Air Bangis merupakan wisata andalan dan paling ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kawasan wisata Air Bangis merupakan salah satu objek wisata yang menyatukan wisata alam, wisata bahari, wisata minat khusus, wisata konservasi, namun potensi pariwisata yang besar dan beragam kawasan Air Bangis belum diikuti dengan pengelolaan yang baik dan terintegrasi.

Masyarakat setempat juga terlibat akan wisata bahari yang ada di daerah mereka, sebagian masyarakat dapat mendapat manfaat dari wisata bahri yang ada di daerah mereka yaitu seperti menambah pendapatan mereka dengan cara berdagang. Membuat kerajinan tangan yang berbahan dari laut lalu di jual sebagai cindera mata.

Menurut saya wisata bahari yang ada di daerah tempat tinggal saya ini yaitu aia bangih merupakan tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan dari luar. Masyarakat setempat mengatakan pada waktu sore hari setiap harinya pantai air bangis selalu ramai di kunjungi oleh orang luar yang berada di luar aia bangih, namun bukan hanya orang luar saja bahkan orang aia bangih pun seperti mempunyai kebiasaan seperti jalan-jalan sore di tepi pantai setiap harinya. Yang saya dapat dari hasil observasi.

Menurut saya wisata yang ada di daerah aia bangih ini sangat estetik karena dekat dengan pantai dan di dekat-dekat pantai ada beberapa cafe tempat makan dan minum yang mengarah ke pantai, jadi banyak sekali orang khususnya para pemuda untuk menyaksikan sunset setiap harinya yang ada di laut. Begitu juga yang dapat saya ambil dari cerita ibuk yusnera karena beliau juga terlibat dalam wisata ini karena beliau adalah seorang pedagang gorengan setiap harinnya di tepi pantai.

Selain panoramanya yang indah pantai ini juga terdapat banyak wahana untuk bermain orang dewasa dan anak-anak. seperti banana boat, istana balon untuk anak-anak, donat boat, istana bebek, dan pelampung untuk anak-anak, disamping itu terdapat dermaga yang agak menjorok untuk wisatawan yang menyenangi sunset atau menikmati keindahan sunset di sore hari. 

Dari pantai air bangis pengunjung bisa mengelilingi sembilan pulau yang ada di sana, dengan menggunakan kapal berukuran sedang yang dikemudikan oleh penduduk setempat, pulau yang paling terkenal itu adalah pulau panjang atau pulau pigago. kedua pulau ini sering dikunjungi dan keindahanya yang luar biasa, di pulau pigago keindahannya ialah pasirnya yang berwarna putih indah dan terdapat banyak karang atau hiasan-hiasan laut. sedangkan pulau panjang disana terdapat sebuah perkampungan atau pemukiman masyarakat dan tak kalah indah dibandingkan pulau pigago.

Tidak hanya mengelilingi pulau dari pantai air bangis pengunjung atau wisatawan juga bisa langsung melihat atau menyaksikan bagaimana pengolahan ikan asin itu sendiri. masyarakat tepi pantai kebanyakan bermata pencaharian nelayan dan mengolah ikan asin, disana terdapat proses bagaiamana ikan itu ditangkap, kemudian dibelah atau diolah, dan menjadi ikan asin. pengunju8ng juga bisa membeli atau membawa pulang ikan asin sebagai oleh-oleh dari pantai air bangis. tidak hanyak pengolahan ikan asin penduduk setempat juga beraktifitas di tepi pantai seperti membuat kapal untuk para nelayan, nah para wisatawan dapat langsung melihat bagaiamana pembuatan kapal mulai dari yang kecil seperti perahu, kemudian kapal kecil atau boat, sampai kepada kapal besar atau bagan.

Wisatawan atau pengunjung yang dari jauh atau dari luar kota, luar negri juga bisa menginap disekitar pantai, tersedia mes atau penginapan kecil milik pemerintah daerah pasaman barat untuk para pengnjung atau wisatawan yang berasal dari luar kota atau luar negeri. 

Dilihat dari oleh-oleh yang di dapat atau yang bisa di bawa dari pantai air bangis adalah berupa ikan asin. Ikan asin yang ada di pantai air bangis ini diolah secara alami dan di proses asli oleh masyarakat asli air bangis. Pengunjung juga bisa langsung melihat proses bagaiaman ikan asin dikelola mulai dari penangkapan ikannya, pembelahan atau pembersihan ikannya, perendaman dengan air garam selama satu hari satu malam, serta penjemuran dan bagaimana penjemuran yang baik. 

Selain itu juga banyak para mahasiswa yang datang ke pantai air bangis untuk melakukan penelitian untuk tugas ataupun skripsinya tentang pengolahan ikan asin dan mata pencaharian masyarakat sekitar pantai air bangis. Jadi menurut saya banyak hal yang tersembunyi di pantai air bangis yang seharusnya hal-hal tersebut diketahui oleh banyak orang dan harus di publikasikan supaya daerah tersebut yaitu air bangis menjadi terkenal dan dapat dilestarikan budaya dan keunikan yang ada di daerah pantai air bangis. Serta kerajinan-kerajinan yang ada di daerah tersebut, dengan itu masyarakat sekitar pantai dapat termotivasi untuk melanjutkan kerajinan nan bisa terkenal dan dapat melatih para pengerajin yang ada di daerah tersebut.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS