Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemda Pasbar Melalui Baznas Serahkan Zakat Konsumtif Kepada 4.034 Mustahik

Baznas Pasbar menyerahkan zakat konsumtif kepada 4.034 mustahik se Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (12/4) foto hn


Pasbar, jurnalissumbar.com -- Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasbar menyerahkan zakat konsumtif kepada 4.034 mustahik se Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (12/4) di Masjid Agung Baitul Ilmi, Simpang Empat, Kecamatan Pasaman. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Pasbar Risnawanto yang didampingi stakeholder terkait.


Wabup Risnawanto dalam sambutannya menjelaskan, zakat konsumtif merupakan pemberian dari Pemda Pasbar bersama ASN yang diselengarakan oleh Baznas Pasbar melalui program Pasbar Sejahtera. 


"PNS yang ada di Pasbar ini berjumlah kurang lebih 6000 orang. Tiap bulan gaji PNS ini dipotong, dikumpulkan dan disimpan di Baznas. Banyak program Baznas diantaranya dibidang pendidikan yaitu Pasbar Cerdas, dibidang kesehatan yaitu Pasbar Sehat dan ada Bedah rumah yang tahun ini alhamdulillah sudah diberikan sebanyak 22 unit," jelas Risnawanto.


Ia melanjutkan, semua program yang ada tentunya berorientasi untuk kepentingan masyarakat Pasbar. Penyerahan zakat konsumtif di Kecamatan Pasaman pada hari itu sebanyak 345 orang dan masing-masing mendapatkan Rp.500 ribu oleh Baznas. Ia berharap, zakat konsumtif yang diberikan dapat dimanfaatkan terutama menjelang hari raya idul fitri mendatang.


Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Pasbar M. Nur mengatakan Kemenag berkewajiban memberikan pengawasan syariah dan menganalisa berkas mustahik se Pasbar. Ia berharap zakat yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik oleh mustahik meskipun jumlah yang diberikan tidak dapat membantu secara utuh.


"Kami menganalisa data penerima zakat, jika pada hari ini yang mendapatkan berapa, tahun depan berapa. Muzzaki kita berapa, mustahik kita berapa. Setiap tahun mustahik harus berkurang. Selanjutnya Kita berharap masyarakat yang menerima zakat ini dapat mempergunakannya untuk kepentingan yang dapat membantu meringankan kebutuhan di bulan ramadhan," ujar M. Nur.


Selain itu, Ketua Baznas Pasbar Muhajir menyatakan zakat fitrah untuk tahun ini yaitu kelas 1 Rp. 42.000, kelas 2 Rp. 34.000, dan kelas 3 Rp. 24.000. Baznas telah melakukan pendataan data zakat konsumtif selama satu bulan dengan beberapa indikator dan kriteria. Sehingga per jorong diberikan kepada 15 orang dengan total keseluruhan senilai Rp. 2.017.000.000.


"Telah kita data selama lebih kurang satu bulan yang lalu, sehingga kita dapatkan jumlah per jorong itu sebanyak 15 orang dikali 218 jorong. Penerima zakat konsumtif hari ini yang dilaunching oleh pak Wabup Pasbar," tangkas Muhajir.


Pendistribusian zakat akan dilakukan di 11 kecamatan secara bertahap yang dimulai dari Kecamatan Pasaman. Penyerahan simbolis zakat konsumtif juga bertepatan dengan penyerahan zakat oleh presiden dan wakil presiden kepada ketua Baznas RI.


Diakhir kegiatan, Wabup Risnawanto juga menyerahkan zakatnya bersama keluarganya kepada baznas Pasbar yang diterima langsung amil zakat Muhajir. Selain Wabup Risnawanto, Sejati Swalayan juga turut menyerahkan zakatnya kepada amil zakat tersebut.


Turut hadir dalam penyerahan zakat, Staf Ahli Bidang Agama dan Kesra Adrianto, Kepala Kantor Kemenag Pasbar M. Nur, Ketua Baznas Muhajir beserta pengurus Baznas, Camat Pasaman Jon Endri, dan stakeholder terkait lainnya. (hn)**

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS