Ticker

6/recent/ticker-posts

KATA SAPAAN DIDALAM KELUAGA BESAR DIMINANGKABAU DIZAMAN SEKARANG DIKOTA PADANG



Loreza Tania Miranda   (2010742011)

Jurusan Sastra Daerah Minangkabau,Fakultas Ilmu Budaya,Universitas Andalas


     Sapaan dalam suatu komunikasi memegang peranan penting.peranan pentingnya sapaan dalam komunikasi bukan hanya terletak pada penentuan bentuk bentuk sapaan yang tepat digunakan,melainkan juga dapat mempengaruhi lancar atau tidak lancarnya komunikasi antar pembicaraan dengan mitra bicara(Society 5(1),99-115,2014). Kata sapaan didalam masyarakat Minangkabau berbeda dengan masyarakat lainnya.Hal ini harus dimengerti oleh masyarakat itu sendiri.

   Didalam Artikel ini,membahas tentang Sapaan di Minangkabau khususnya di Kota Padang,dan juga membahas apa tujuan sapaan diMinangkabau? Kata sapaan digunakan untuk menegur sapa orang yang di ajak berbicara.Kata sapaan yang digunakan di Minangkabau untuk keluarga b esar itu bermacam-macam. Kata sapaan untuk Papa(ayah), Mama(ibu), kakek(abak),  nenek (amak),ada juga sapaan untuk saudara  perempuan ibu kita seperti etek, mak uwo, dan untuk saudara laki laki ibu kita seperti  mak adang, Mak Itam,  mak Angah, mak uncu, mak Andah dan banyak lainnya.

        Bahasa daerah perlu mendapat perhatian khusus, karena pada zaman sekarang begitu banyak yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa daerah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa daerah di antaranya kemajuan teknologi, seperti adanya radio, televisi, telepon, dan internet yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi. Bagi dunia pengetahuan kemajuan trsebut menjadi hal positif yang sangat baik, namun bagi dunia kebudayaan kemajuan itu memberikan dampak yang besar terhadap bahasa yang digunakan masyarakat sehari-hari. Hal ini disebabkan masyarakat lebih cendrung meniru bahasa baru yang mereka peroleh. Mereka merasa bangga dengan bahasa baru tersebut dan menganggap bahasa daerah mereka adalah bahasa lama yang kuno. Akibatnya mereka perlahan meninggalkan bahasa asli daerah, yang tanpah mereka sadari bahasa tersebut adalah lambang kekeyaan budaya daerah yang patut dilestarikan.


  sapaan diMinangkabau ialah 

1.Panggilan untuk saudara  laki laki nenek  ialah  Angku.

2.Panggilan untuk saudara perempuan nenek ialah Andung.

3.Panggilan untuk saudara laki laki ibu ialah mak adang, mak angah, mak uncu.

4.Panggilan unuk saudara perempuan ibu  ialah Mak uwo,Etek.

5.Panggilan untuk saudara laki laki ayah ialah Apak.

6.Panggilan untuk saudara perempuan ibu ialah Etek.

Dan masih banyak lainnya kata sapaan yang ada.

KESIMPULAN

   Berdasarkan data dapat di simpulkan sapaan  itu cara berinteraksi secara sosial dengan keluarga dan  anggota lainnya. kata sapaan kekerabatan inti, yaitu abak, ayah, apa, amak, ibu, apak, uda, abang, uni, kakak, ungku, kakek, uwo, anduang, nenek,  apak, mak dang, mak angah, mak itam,etek dang, anek, uncu, elok, incim, dll.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS