Ticker

6/recent/ticker-posts

Hari ini UIN IB Wisuda 1.476lulusan


Wisuda  UiN In ke 57


Sebanyak 1.476 lulusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang ikuti prosesi wisuda ke-87. Kegiatan tersebut di selenggarakan di Auditorium Prof. Mahmud Yunus, Rabu dan kamis (27-28/04/2022).

Pelaksanaan wisuda gelombang pertama, hari ini, Rabu (27/04/2022) terdiri dari 754 wisudawan. Terdapat sebanyak 78 orang lulusan Pascasarjana, 117 orang dari Fakultas Adab dan Humaniora, 259 orang dari Fakultas Syariah dan 164 orang dari Fakultas Ushuludin dan Studi Agama.Dan untuk Fakultas Febi  136 orang Rektor Juga mengapresiasi alumni Fakultas Ekonomi dan Busines Islam, Irdawati,  dengan IPK 3,94. Suatu capaian IPK yang fantastis. 

Sementara gelombang kedua akan dilaksanakan besok, Kamis (28/04/2022) untuk 464 wisudawan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan 258 wisudawan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik, Yasrul Huda mengatakan, perhelatan wisuda kali ini adalah yang terbanyak sepanjang sejarah UIN Imam Bonjol Padang.

“ini sejarah pertama bagi kampus yang melepas wisudawan terbanyak sejak beralihnya satus IAIN ke UIN IB. Biasanya jumlah wisudawan dibawah seribu orang,” terangnya.

Kendati demikian, pelaksanaan wisuda tetap menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan isi ruangan dengan tidak mengikutsertakan keluarga wisudawan untuk turut hadir di dalam ruangan.

Lanjut dia, pihak kampus juga telah menyiapkan beberapa tenaga kesehatan untuk mengantisipasi mahasiswa yang mengalami kelelahan atau sakit saat acara berlangsung.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera barat, Yusri, dalam orasi ilmiahnya mengatakan bahwa sebagai akademisi Islam, Wisudawan/wati UIN IB Padang diminta untuk ikut andil mengkampanyekan keuangan Syariah.

Berdasarkan data OJK, Indeks Literasi Keuangan (ILK) di Sumbar berada pada angka 34,55 persen, sementara ILK secara nasional pada angka 38,04 persen.

“Lebih disangkan lagi, tingkat literasi keuangan syariah masih setengahnya, yakni 17,28 persen,” kata Yusri.

Oleh sebab itu, sambungnya, kita meminta para dai dan ulama ketika berceramah di masjid, surau, langgar, menyampaikan materi yang berkaitan dengan ekonomi keuangan syariah. Tidak hanya hal-hal ibadah, tapi juga muamalah.

“Hal tersebut juga hendaknya menjadi perhatian bagi lulusan Universitas Islam seperti wisudawan dan wisudawati saat ini,” tutupnya.

(Idhar)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS