Ticker

6/recent/ticker-posts

Dankodiklatal Buka Dikmaba dan Dikmata TNI AL di Satdik-2 Makassar



Makassar, 01 April 2022,-- Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono membuka secara resmi Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLII  Satuan Pendidikan (Satdik) 2 Makassar bertempat di Dermaga Layang, Mako Lantamal VI Makassar, Jumat, (01/04).  


Pendidikan yang dilaksanakan Satdik  2 Makassar  ini yang kedua kalinya  dan diikuti 100 orang Siswa Dikmaba dan 150 orang siswa Dikmata. Pelaksanaan program pendidikan ini merupakan upaya untuk mencari pemuda-pemudi berprestasi dari daerah Sulawesi yang nantinya diproyeksikan sebagai pengawak kapal perang dan Pangkalan TNI AL  di Sulawesi. Hadir dalam pembukaan tersebut Dirdik dan Dirum Kodiklatal, Danlantamal VI Makassar, Pangdiv 3 Kosrad, serta Komandan Satdik 2 Makassar.


Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono dalam sambutanya menyampaikan ucapkan selamat atas  keberhasilan para siswa yang sudah  melewati tahapan-tahapan seleksi yang telah ditetapkan dalam sebuah proses rekrutmen penerimaan yang  ketat untuk bergabung mengikuti pendidikan menjadi prajurit TNI AL. 


Ditambahkan Dankodiklatal bahwa  pendidikan  di satdik 2 ini   dilaksanakan  selama  enam  bulan, terbagi  dalam  tiga  tahap. Tahap pertama pendidikan   dasar  keprajuritan selama tiga bulan. Tahap kedua pendidikan dasar golongan selama satu bulan dan tahap ketiga pendidikan dasar golongan lanjutan  selama  dua  bulan.

Pendidikan pertama ini ditujukan untuk mendidik dan membekali calon bintara dan tamtama TNI AL, menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut. Memasuki  tahap  dasar  keprajuritan,    para  siswa  akan  dibina  fisik  dan  mental    secara  intensif dan sistematis dengan tidak memandang  waktu  siang  maupun  malam.  Hal  ini  dimaksudkan  untuk  menyiapkan  siswa  yang  semula  berasal  dari   masyarakat  umum  untuk  menjadi  seorang  prajurit  matra  laut  yang  tanggap,  tanggon  dan  trengginas  serta  mempunyai kultur prajurit matra  laut  yang  bermoral,  profesional  dan berani.


Pada akhir amanatnya Dankodiklatal menekankan kepada seluruh siswa, agar mulai menanamkan dalam diri tentang kedisiplinan sebagai seorang prajurit TNI AL yang tunduk pada semua peraturan pendidikan yang telah ditetapkan seperti apa yang diarahkan oleh pelatih, bingsis ataupun  instruktur.


Program Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLII di Satdik 2 Makassar ini merupakan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional.



Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS