Ticker

6/recent/ticker-posts

Cagar Alam Rimbo Panti


Nama : Pinta Nirwana

Pekerjaan : Mahasiswa Universitas Andalas Jurusan Sastra Daerah Minangkabau

 Sumatera Barat terdiri dari beberapa kabupaten dan kota , salah satu kabupatennya yaitu Pasaman yang mana kabupaten Pasaman ini iyalah perbatasan antara Sumut dengan Sumbar , di Pasaman juga terdapat beberapa objek wisata salah satunya Cagar Alam Rimbo Panti.

 Berkunjung ke Pasaman rasanya tidak apdol  jika tidak singgah ke air panas Panti yang letaknya berada di jalan antara kecamatan Panti dan petok, kali ini air panas tersebut berada cagar alam rimbo panti.

 Cagar alam rimbo panti yang setiap harinya selalu di selimuti asap , dan air panas, Tempat wisata alam ini juga terdiri dari 3 buah destinasi  sekaligus sumber air panas kolam panas dan gedung herbarium .Namun kini telah di tambahkan dengan kawasan mini grounf dengan berbagai macam permainan anak anak.


 Biasanya hari hari biasa pengunjungnya akan banyak , namun  lebih banyak  jika di hari hari libur atau seperti hari raya, saat berkunjung kesana biasanya  hari raya pengunjungnya akan sangat ramai di tambah lagi dengan pedagang yang berjualan di tepi jalan.


 Keunikan yang pertama ini hanya merupakan ciri khas dari sebuah sumber mata air panas. Namun untuk sumber air panas di Rimbo Panti ini mempunyai suhu yang sangat tinggi hingga 100 derajat Celsius. Dengan suhu yang sangat panas tersebut terasa seperti air yang tengah mendidih. Bahkan sumber air panas pun dapat dimanfaatkan untuk merebus apapun.

 Waktu yang diperlukan untuk merebus sangat singkat, hanya sekitar ±10 menit. Hal tersebut tergantung makanan apa yang hendak direbus. Para pengunjung lainnya biasa selalu membawa berbagai macam makanan ketika mengunjungi destinasi wisata ini, misalnya telur, jagung, ubi – ubian dan lain – lain. Tingkat kematangan dari makanan yang direbus sangat pas. Selain itu hasil makanan yang telah direbus di sumber mata air tersebut sangat aman untuk dimakan.

 Berendam dalam air panas mempunyai banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah dapat menghilangkan rasa pegal – pegal. Lalu dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. Serta masih banyak manfaat lain yang diperoleh dengan berendam dalam air panas.


Hal yang menjadi alasan Sumber Air Panas Rimbo Panti tidak dapat digunakan untuk berendam adalah suhunya yang sangat panas seperti air yang mendidih. Dengan suhu air yang tinggi tersebut kulit pun dapat langsung terbakar, bahkan hanya terkena percikan air. Tetapi bagi yang hendak berendam dalam air panas, destinasi wisata tersebut telah menyediakan tempat khusus yang diperuntukkan bagi pengunjung yang hendak berendam.


 Nah itulah tempat wisata yang ada di daerah saya , pemasukannnya juga sudah terhitung sangat banyak melalui karcis masuk , biasanya saat berkunjung di hari biasanya uas masuknya bisa 5 ribu  namun jika di hari hari besar  akan naik menjadi 20 ribu atau bisa lebih , selain dari tempat wisata cagar alam ini  juga digunaka sebagai satwa yang melindungi beberapa hewan hewan di sini tidak boleh di buru dan terus  di jaga , jiga  ada yang ketahuan mesurak satwa ini maka akan di kenakan sanksi

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS