Ticker

6/recent/ticker-posts

WISATA YANG ADA DI PESISIR SELATAN

 

Foto dok

Oleh : Hamni Aulia 

Mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau UNAND

Pesisir selatan,siapa sih yang gak tau pesisir selatan? pesisir selatan ialah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi sumatra barat yang memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan memiliki populasi sebanyak 515.549 jiwa di tauun 2021.Ibu kota pesisir selatan berada di kecamatan IV jurai tepatnya di painan,selain itu pesisir selatan juga di juluki dengan negeri sejuta pesona di karenakan pesisir seltan nemiliki beragam wisata yang dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang. Pesisir selatan banyak memiliki wisata alam di bandingkan dengan wisata buatan di antaranya sebgai berikut:

Pantai Carocok Painan

Carocok painan dahulunya ialah sebuah pemukiman warga tak jarang juga masyarakat setempat menyebutnya "kandang jawi" hal ini di karenakan dahulunya pantai carocok di gunakan masyarakat setempat untuk melepaskan jawi (sapi) pada waktu siang hari. Seiring bekembangnya zaman pantai carocok mulai di kunjungi oleh masyarakat, hal ini di karenakan pantai carocok memiliki daya tarik dengan pemandangan senja yang indah yang sangat cocok di nikmati di kala waktu senja datang, pantai carocok juga termasuk tempat rekreasi yang  lengkap di mulai dari tempat rekreasi anak-anak,tempat bersantai muda-mudi sampai di jadikan tempat bersantai keluarga 

Pantai carocok berada di Painan kabupaten Pesisir selatan provinsi Suamtra Barat,jarak tempuh ke carocok tidak membutuhkan waktu banyak,biasanya masyarakat setempat menggunakan sepeda motor bahkan berjalan kaki menyusuri pantai untuk bisa ke pantai carocok.Pantai carocok juga dekat dengan pulau cingkuak dan batu kareta, jalan menuju batu kareta tidak membutuhkan transportasi untuk sampai ke sana,di sana kita di suguhkan pemandangan batu-batu laut dan karang-karang laut.selain itu kita juga bisa melihat sebuah batu yang menyerupai sebuah roda.Konon katanya batu tersebut berasal dari sebuah bangsa portugis yang dahulu nya singgah di pantai carocok,sehingga menimbulkan bekas yang berbentuk sebuah roda. Selain di suguhakan pemandangan alam yang indah di carocok juga terdapat berbagai macam wahana yang dapat memenuhi akhir liburan seperti Banana boat,flying foax,speed boat,jets sky,aksesoris yang berbahasan dasar karang-karang laut dan lain sebagai nya.


Sedangkan untuk menuju pulau cingkuak kita memerlukan transportasi tambahan untuk menyebrang ,kita dapat menggunakan kapal untuk menyebrangi pantai carocok untuk sampai ke pulau cingkuak,di pulau cingkuak kita di suguhkan dengan pasir putih yang halus,Selain itu di pulau cingkuak juga terdapat sebuah benteng yang dulu kata nya itu sebagai bukti peninggalan


Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani berada di Nagari Koto Baru kecamatan Bayang kabupaten Pesisir Selatan air terjun ini memiliki 7 tingkat. Air terjun tingkat pertama memiliki ketinggian sekitar 26 m di atas air dan tingkat selanjutnya belum di ketahui di karenakan belum ada yang sampai ke tingkat ke dua ataupun tinkat ketiga.

Air terjun Bayang sani ini konon ceritanya ialah tempat pemandian para noni-noni belanda.


Pulau Cingkuak

Pulau Cingkuak merupakan sebuah pulau yang berada di Nagari Painan kecanatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau Cingkuak  juga merupakan salah satu pulau yang keberadaan nya sangat dekat dari Pantai Carocok, Pulau Cingkuak memiliki keindahan alam yang sangat indah, jika kita kita berkunjung ke sana kita akan di hadapkan dengan hamparan pasir putih dan keindahan alam bawah laut nya .

Selain keindahan alam nya konon katanya Pulau Cingkuak ini juga memiliki sejarah bahwa terdapat sebuah benteng portugis yang dulunya di jadikan tempat gudang lada oleh VOC.


Puncak Mandeh

Puncak mandeh ialah sebuah tempat wisata yang berada di nagari Tarusan kabupaten Pesisir Selatan yang berbatasan langsung degan kota Padang. Puncak Mandeh juga di sebut sebagai Raja Ampat nya Sumatra Barat,di karenakan Kawasan Mandeh juga terdiri dari perpaduan bukit alami yang di kelilingi pulau-pulau kecil. Kita juga dapat melihat pulau-pulau dari atas puncak seperti pulau setan,cubadak,sironjong besar dan lain sebagainya.selain menikmati keindahan pulau-pulau tersebut kita juga dapat menikmati keindahan air laut yang memiliki gradasi warna yang sangat indah dari atas puncak mandeh.


Pulau Setan

Pulau Setan juga termasuk salah satu objek wisata yang di gemari pengunjung di Pesisir Selatan Pulau Setan sendiri terletak di kawan mandeh nagari Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau Setan ini dahulunya memiliki nama Pulau Sultan tapi masyarakat sekitar Pulau menyebut Pulau Setan.

Pulau Setan juga menjadi salah satu objek  wisata di Kabupaten Pesisir Selatan yang sangat di gemari pengunjung, apalagi secara keseluruhan objek wisata Kawasan Mandeh  kesamaan dengan pulau cantik seperti Raja Ampat di Papua Barat. 

Di pulau ini kita dapat menyaksikan langsung birunya laut dan putihnya pasir, bahkan bukan hanya mata, telinga kita juga akan diperdengarkan suara deburan ombak. Selain itu di lokasi ini anak-anak bisa dengan nyaman dan aman berenang karena pinggiran pantainya sangat dangka


Bukit Langkisau

Bukit langkisau memiliki pemandangan yang di jadikan alternatif setelah berkunjumg ke Pantai Carocok ,Bukit Langkisau sendiri masih berada di kawasan Pantai Carocok Painan kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Bukit Langkisau Sendiri memiliki pemandangan matahari terbenam sangat indah hal ini, menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Langkisau.Selain pemandangan nya sangat indah di sana juga banyak orang untuk bermain paralayang,tak  hanya itu di sana juga di lengkapi beberapa pedagang yang menjual beraneka ragam makanan khas Pesisir Selatan




  


.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS