Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

Foto daun jarak dok

Nama       : Oktavia Rizki Fadila

Nim          : 2010742035

Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun jarak sendiri memang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. ada berbagai bagian tanaman jarak yang bisa digunakan. Mulai dari daun, biji, dan buahnya. Ada beberapa kandungan zat penting yang dibutuhkan untuk tubuh dan bisa ditemukan dalam daun jarak seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, dan quercetin. Namun bukan hanya daunnya saja, biji jarak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biji jarak biasanya diolah menjadi minyak untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan.


Selain itu daun jarak mempunyai beberapa manfaat yaitu : 

1. Mengatasi Sembelit

Daun jarak dapat membantu mengatasi susah buang air besar atau BAB. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, cukup gunakan daun jarak yang masih segar. Kemudian cuci bersih daun jarak, kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu santaplah daun jarak sebagai lalapan atau pendamping makan kamu.


2. Mengobati Sariawan

Daun jarak dapat meringankan sariawan. Caranya, manfaatkan getah dari daun jarak dan oleskan ke bagian sariawan. Untuk mendapatkan getah dari daun jarak, remas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul.


3. Mengatasi Demam Pada Bayi

Daun jarak juga bisa membantu menurunkan demam, khususnya bagi bayi. Caranya, siapkan 2 – 3 lembar daun jarak yang masih segar dan bersihkan. Olesi daun jarak dengan minyak lalu panaskan di atas kompor selama 2 menit. Selanjutnya tempelkan di perut .


4. Perut Kembung

Daun jarak juga dapat mengatasi perut kembung, hal ini sudah dipercaya sejak lama. Caranya mudah yaitu dengan menempelkan daun yang telah dipanaskan hingga layu, lantas ditempelkan pada perut.  


5. Menghilangkan Kurap

Manfaat daun jarak selanjutnya bisa menghilangkan kurap. Manfaat daun jarak ini didapat dari adanya kandungan minyak yang memiliki senyawa aktif bernama asam undesilenat. Untuk mendapatkan manfaat nya, cukup cuci bersih daun jarak. Kemudian rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut ke dalam panci. Selanjutnya, oleskan daun jarak tersebut ke bagian permukaan kulit yang terkena kurap. Kemudian tutup bagian tersebut dengan kain katun atau handuk kecil. Diamkan semalaman untuk melihat hasilnya. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin hingga kurap menghilang.


6. Mengobati Rematik

Rematik adalah kondisi di saat persedian kehilangan kelenturan karena pelumas berkurang dan rasanya benar-benar menyakitkan. Untuk membantu menghilangkan rematik, Kita bisa merebus daun jarak tersebut, kemudian meminumnya sebagai ramuan herbal.


7. Menurunkan gula darah

Daun jarak sangat membantu bagi orang yang mengalami diabetes. Air rebusan daun ini mampu membantu menstabilkan dan menurunkan gula darah yang tinggi pada tubuh. 


8. Mengatasi sakit gigi

Getah dari daun jarak ini juga dapat menyembuhkan sakit gigi. Caranya Oleskan getah daun jarak ini  gigi yang sakit, untuk meredakan rasa sakit .

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS