Ticker

6/recent/ticker-posts

BUPATI KUKUHKAN PENGURUS FORUM PENINGKATAN KONSUMSI IKAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN MASA BHAKTI 2022-2024



Dalam rangka menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur terkait, serta sebagai pertanggungjawaban terhadap suksesnya gerakan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Padang Pariaman, baik dari kalangan pemerintah, swasta maupun masyarakat. Telah dibentuk kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Padang Pariaman, berdasarkan Keputusan Bupati Padang Pariaman Nomor : 66/KEP/BPP/2022 tanggal 8 Februari 2022.

Berkaitan dengan itu, pada Senin (14/3) bertempat di Hall IKK (Ibu Kota Kabupaten) Nagari Parik Malintang Kecamatan Anam Lingkuang, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM. mengukuhkan Pengurus FORIKAN Kabupaten Padang Pariaman masa bhakti Tahun 2022 2024.

Sebagaimana diketahui, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan adalah suatu lembaga yang akan berperan sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator terhadap Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). Yang melibatkan berbagai komponen, baik dari pihak Pemerintah maupun organisasi masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman Khairul Nizam, S.Pi. MM, latar belakang lahirnya FORIKAN Tingkat Kabupaten Padang Pariaman. Karena masih rendahnya tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Padang Pariaman, jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan di Kabupaten dan Kota lain.

“Tahun 2021 tingkat konsumi ikan masyarakat kabupaten Padang Pariaman sebesar 43,85 kg/kapita/tahun. Disamping itu, Pemerintah Daerah dan FORIKAN Kabupaten Padang Pariaman, juga telah membentuk FORIKAN Kecamatan yang diketuai oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan” jelas Khairul.

Dikatakan, program kerja FORIKAN Kecamatan adalah ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan program kerja FORIKAN Kabupaten dan menyusun program kerja yang berpedoman kepada program kerja FORIKAN Kabupaten untuk dapat dilaksanakan pada masing-masing Kecamatan. Disamping itu, program kerja FORIKAN Kecamatan disinergikan dengan program PKK Kecamatan.

“Melalui implementasi program GEMARIKAN oleh FORIKAN, diharapkan tercapai visi FORIKAN. Yaitu, menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan sehari-hari di Kabupaten Padang Pariaman. Serta tercapainya misi FORIKAN, yaitu mewujudkan masyarakat Padang Pariaman untuk mengkonsumsi ikan setiap hari dalam menu keluarga” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada Kepengurusan FORIKAN Kabupaten Padang Pariaman yang telah dikukuhkan. Melalui kepengurusan FORIKAN Kabupaten Padang Pariaman masa bhakti Tahun 2022-2024 yang baru saja dikukuhkan. Bupati mengajak bersama-sama dengan komponen lainnya, untuk mewujudkan Visi Padang Pariaman Berjaya. Menjadikan Kabupaten Padang Pariaman yang Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya.

“Diharapkan semua pengurus FORIKAN dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, dalam rangka peningkatan konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman. Sehingga, kedepannya akan lahir generasi yang sehat cerdas dan berkualitas, dengan banyak mengkonsumsi ikan. Sehingga, Visi Kabupaten Padang Pariaman Berjaya dapat kita wujudkan.

Setelah pengukuhan Pengurus, dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) FORIKAN yang menghadirkan tiga orang narasumber. Yaitu, Ketua FORIKAN yang juga Ketua TP. PKK Kabupaten Padang Pariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman Khairul Nizam, S.Pi. MM. memaparkan Kebijakan Dinas Perikanan tentang Program Gemarikan dan Kepala Dinas Kesehatan Drs. Yutardi Rivai, A.Pt. menyampaikan materi tentang Pencegahan stunting dengan mengkonsumsi ikan.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS