Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Suhatri Bur Buka BBGRM ke 19 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman



Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE.MM meresmikan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ke 6 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke 19 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022, bertempat di Hall IKK (Ibu Kota Kabupaten) Nagari Parik Malintang Kecamatan Anam Lingkuang, pada Senin (14/3).


Acara yang mengusung tema “Melalui Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Tingkatkkan Sinergisitas Gerakan PKK dengan Pemerintah” dengan semboyan Berbakti untuk bangsa, Berbagi untuk sesama itu berlangsung dengan meriah.  Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang dicanangkan Gubernur Sumatera Barat bersama TP. PKK Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Dharmasraya pada Rabu, 9 Maret lalu.


Rangkaian kegiatan ini, mengusung Kolaborasi antara Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dengan beberapa Perangkat Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perikanan (Diskan), dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP).


Adapun yang menjadi pokok dalam rangkaian kegiatan tersebut, adalah Launching Inovasi Nagari Siaga Tanggap Bencana (Nan Sigab), Srikandi Siaga Tanggap Bencana (Si Sigab), Analisa Rencana Pasca Bencana (Lencana) serta Rapat Koordinasi dan Pengukuhan Pengurus FORIKAN Kabupaten Padang Pariaman.


Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur menyebutkan, Kolaborasi ini dilakukan dalam rangka untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Padang Pariaman.


“Dasawisma merupakan bagian terkecil dari program PKK, yang mana anggotanya berasal dari 10 kepala keluarga dalam suatu lingkungan. Kolaborasi ini diupayakan untuk mendukung program pokok PKK tersebut, dengan adanya kolaborasi dari sistem terkecil, hingga terbesar di tingkat Kabupaten. Kita harapkan, semua program dapat terwujud dan berhasil mensejahterakan keluarga” tuturnya.




Bupati Padang Pariaman dalam sambutannya mengungkapkan. Bahwa Dasawisma merupakan salah satu wadah kegiatan masyarakat yang memiliki peran penting dan strategis dalam melaksanakan dan menyukseskan 10 Program Pokok PKK di Nagari. Yang pada akhirnya, akan berpengaruh pada pencapaian Program kegiatan Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan dan Kabupaten.


“Oleh karena itu, Kelompok Dasawisma dapat dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan program kegiatan TP PKK. Keberadaan dan fungsi Kelompok Dasawisma dan kader PKK, juga sangat strategis dalam upaya memberdayakan Masyarakat. Yang dimulai dari memberdayakan diri sendiri, memberdayakan keluarga dan memberdayakan masyarakat, yang pada akhirnya akan menciptakan kontribusi dalam pembangunan di daerah secara berkelanjutan.” ungkapnya.


Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Padang Pariaman. Setelah Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM tersebut, dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Forum Dasawisma oleh Ketua TP. PKK Padang Pariaman.


Selanjutnya, penyerahan alat gotong royong dan penyerahan bibit tanaman kepada Nagari Toboh Gadang oleh Bupati Padang Pariaman. Acara dilanjutkan dengan Penyerahan piala Juara 3 kategori Kabupaten. Dalam lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022, yang diberikan secara langsung kepada kelompok Dasawisma Anggrek I Nagari Toboh Gadang Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.


Pada sesi berikutnya, Pengukuhan Srikandi Siaga Tanggap Bencana (Si Sigab) dan penyerahan berita acara pembentukan Nagari siaga tanggap bencana Nagari Seulayat Ulakan serta launching inovasi kebencanaan. Acara kemudian ditutup dengan pengukuhan pengurus Forum Memasyarakatkan Makan Ikan  (FORIKAN) Kabupaten Padang Pariaman periode


Acara yang digelar secara paralel tersebut, turut dihadiri oleh Dandim 0308 Pariaman, Kapolres Padang Pariaman, Kapolres Pariaman, Ketua GOW Kabupaten Padang Pariaman, Ketua DWP, Staf Ahli, Asisten, Inspektur, Kepala Badan/Bagian/Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman beserta Ketua TP. PKK Kecamatan dan kelompok Dasa Wisma Nagari. #fl


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS