Ticker

6/recent/ticker-posts

Kakankemenag Buka Pelatihan Jurnalistik di MAN 1 Kota Padang

Kakanmenag Padang H Edy Oktafiandi membuka secara resmi Pelatihan Dasar Jurnalistik yang diikuti sebanyak 35 Peserta Didik MAN 1 Kota  Padang pada senin 31 Januari 2022 bertempat di aula madrasah


Padang, Humas — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi membuka secara resmi Pelatihan Dasar Jurnalistik yang diikuti sebanyak 35 Peserta Didik MAN 1 Kota  Padang  dengan medatangkan Kontributor dari Koran Singgalang Mursyidi pada senin 31 Januari 2022 bertempat di aula madrasah tersebut.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi dalam sambutanya  memaparkan dengan pelatihan tersebut siswa dapat mengenal jurnalistik secara baik, serta dengan pelatihan tersebut setidaknya dapat memberikan pengetahuan awal kepada peserta didik tentang kejurnalistikan.

 

Dimana Pada kesempatan tersebut siswa mendapatkan berbagai materi antara lain kejurnalistikan, menegement keredakturan, berita, opini, tajuk rencana, resensi, sastra serta lay out.

“Tidak hanya mendapatkan materi pada pelatihan tersebut peserta juga ditugaskan untuk  membuat majalah dinding mini, peserta juga di berikan kesempatan untuk mempresentasikan layaknya rapat redaksi. Setelah selesai membuat majalah dinding peserta harus mempresentasikan inti madingnya, sehingga layaknya rapat redaksi, terangnya.


“Untuk itu bagi peserta ikutilah Pelatihan ini dengan serius dan bertanya jika tidak paham”,pinta H.Edy


Saat diwawancarai Humas madrasah tersbut, salah seorang peserta didik yang enggan disebutkan namanya menjadi peserta kegiatan tersebut mengaku senang karena mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru.


“Pelatihan jurnalisitik ini sangat menyenangkan Karena selain mendapat materi kami juga dapat mengaplikasikannya, diteruskannya meskipun baru pertama kali mengikuti pelatihan jurnalisitik namun ia sangat merasa menikmati sekali karena banyak pengalaman tentang jurnalistik yang didapat’.


Selain itu juga bisa bertamu langsung dengan wartawan Singgalang pemateri diacara pelatahin jurnalistik tersebut , ucapanya dengan singkat.


Hal senada ditambahkan Kepala MAN 1 Kota Padang Marliza  yang juga hobi menulis ini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan bakat dan minat siswa dalam menulis dan mengangkat keragaman seni Indonesia untuk bisa dinikmati dan menjadi wadah berkreasi bagi insan muda khususnya dalam bidang jurnalistik.


Dibeberkannya  juga  bagaimana sikap seorang jurnalis yang harus memiliki sikap skeptik, sikap ketidakpercayaan sebelum  menggali kebenaran dan memverifikasikannya, pungkasnya

Masih kata Marliza seorang penulis harus menulis sesuatu yang menarik dan mendetail sebagai diferensiasi dengan media-media lainnya, Cari sudut yang berbeda dan unik dalam menulis blog maupun berita  ungkap, dan semoga saja apa telah didapatkan dari pelatihan tersebut dapat menjadi bekal untuk mengembangkan media tulis menulis di Madrasah.


"Bekal ini bisa merealisasikan karya tulis di Mading-mading Madrasah, semoga saja dengan adanya pelatihan ini tidak  hanya sekadar memberi pengetahuan kepada siswa saja  namun melalui pelatihan ini lahir wartawan professional kedepannya, harapnya menyudahi. (HarisTJ)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS