Ticker

6/recent/ticker-posts

WISATA BATU BIDUAK

foto dokumen


Penulis: Rahmawita (Universitas Andalas)


  Wisata Batu Biduak merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Limau Gadang Timur, Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Wisata ini memiliki jenis daya tarik yakni, tempat mandi yang berada di bendungan dan memiliki batu-batu yang berada di sekitarnya. Wisata Batu Biduak ini merupakan sebuah sungai yang memiliki air yang jernih, keindahan alamnya yang sejuk, unik  dan nyaman apalagi daerah tersebut  dikeliling oleh alam. Tempat ini bisa menjadi objek foto yang menarik bagi kaum generasi sekarang. Tempat wisata ini pun berada di daerah perbukitan  yang mempesona, dimana kondisi ini dipastikan pengunjung  akan merasa puas karena udaranya yang sejuk akan membuat kunjungan anda bersama keluarga  cukup berkesan.

  Wisata ini sudah lama ada, namun tidak terlalu banyak di kenal oleh khalayak ramai  dikarena sedikitnya informasi mengenai kawasan ini. Meski memiliki pesona dan keindahan didalamnya namun untuk akses jalan ke sana bisa di katakan jauh dari pemukiman dan sulit untuk dilewati oleh anak-anak sehingga wisata ini tidak begitu banyak dikunjungi dan diminati oleh wisatawan. Wisata ini biasanya akan  ramai dikunjungi ketika hari libur panjang dan hari libur nasional. Pengunjung yang datang ke sana pun kebanyakan masyarakat setempat dan hanya sesekali ada orang dari luar daerah yang berkunjung kesana.  Untuk jumlah pengunjung disini tidak menentu karena terkadang ramai dan terkadang sepi pengunjung. 

  Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak di pungut biaya apapun termasuk uang untuk  masuk dan biaya parkir pada hari biasa, namun berbeda lagi dengan hari libur karena umumnya dihari libur ramai pengunjung maka dikenakan biaya masuk/parkir untuk mengatur ketertiban disana. Wisata ini biasanya dikelola oleh pemuda - pemudi setempat misalnya untuk biaya masuk, tukang parkir, dan penjual. Nantinya pemuda-pemudi yang bersangkutan akan mengumpulkan uang tersebut dan digunakan untuk memperbaiki beberapa kerusakan atau pun menambah fasilitas yang ada di Batu Biduak. Wisata ini menjadi salah satu kerja sampingan atau pemasukan bagi warga sekitar.

  Objek wisata  Batu Biduak yang menempuh waktu kurang lebih 1 jam dari Painan menuju daerah kawasan objek wisata Batu Biduak tersebut. Rugi rasanya bila anda tidak mengunjungi daerah ini dalam memafaatkan waktu senggang(libur). Wisata ini menjadi objek yang menarik untuk dikunjungi karena kita akan dimanjakan dengan keindahan alam disana yang hijau menimbulkan suasana sejuk dan tenang.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS