Ticker

6/recent/ticker-posts

PANTAI MUARO BAYANG



Penulis: Rahmawita (universitas Andalas)


Pesisir Selatan?...

  Pasti kita yang orang Sumatera Barat sudah tidak asing lagi dengan daerah satu ini. Daerah ini terkenal dengan keindahan pantainya salah satunya yaitu Pantai Carocok yang berada di objek wisata pantai yang terletak di sebelah barat Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Indonesia.  Sekitar 200 meter ke arah barat dari objek wisata pantai ini terdapat sebuah pulau kecil berpasir putih yang bernama Pulau Cingkuk. Selain Pantai Carocok masih ada Jembatan Akar yang tak kalah terkenalnya.

  Tetapi disini saya tidak akan membahas dua tempat tersebut. Melainkan tempat yang sesuai dengan judul diatas yaitu, Pantai Muaro Bayang. Pantai Muaro Bayang berada diantara Pasar Baru dan Kampong Luhung Kenagarian Pasar Baru, Bayang, Pesisir Selatan , Sumatera Barat, Indonesia. Memiliki jarak tempuh sekitar 12 Km dari Painan dan 67 Km dari kota Padang.

  Pantai Muaro Bayang berlokasi di Pasar Baru, Bayang, Pesisir Selatan Sumatera Barat. Wisata ini merupakan wisata pantai yang daratannya di tumbuhi oleh banyak pohon Pinus seperti kebun dan di tumbuhi oleh bunga-bunga kecil.

  Wisata ini sudah ada sedari lama karena kawasan ini adalah pantai yang terbentuk beberapa abad lalu. Namun sangat di sayangkan yang mengenal tempat ini hanyalah masyarakat sekitar dan tidak terlalu banyak orang luar daerah yang mengetahuinya. Jumlah wisatawan yang datang kesini tidak menentu, biasanya ada kegiatan pertemuan para ibu-ibu, anak sekolahan, organisasi daerah dan Kegiatan lainnya dilakukan disana. Pada hari biasa kegiatan tempat ini tidak terlalu ramai dan bisa di bilang sepi, tetapi jika hari libur panjang dan weekend tempat ini sedikit ramai dikunjungi anak-anak muda dan beberapa keluarga. 

  Untuk uang masuk dan uang parkir tidak diberlakukan disana. Wisata ini tidak memungut bayaran yang mengakibatkan disana tidak mempunyai pemasukan dari pengunjung.

  Kawasan ini biasanya dikelola oleh pemuda-pemudi, masyarakat setempat dan Pemerintah. Ketika ada yang melakukan kegiatan disana, setelah selesai mereka akan memungut sampah dan bersih-bersih disekitar pantai. Masyarakat sekitar tidak terlalu terganggu dengan pengunjung yang datang karena ketika mau pulang mereka membersihkan tempat tersebut, tetapi ada beberapa orang yang tidak perduli dengan kebersihan disana.

  Wisata ini bisa menjadi objek foto yang menarik karena pesona keindahan alam, udara yang sejuk dan nyaman.    Untuk meningkatkan daya tarik wisatawan disana maka dibutuhkan peran masyarakat, pemerintah, serta memanfaatkan media online sekarang untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung kesana.  Memberikan objek2 menarik seperti adanya wahana bermain,  objek untuk beristirahat disana dan lain sebagainya. Dengan adanya wahan bermain dan tempat beristirahat, agar kita bisa menarik pengunjung lebih banyak dan yang sudah pernah datang  ingin lagi kesana untuk menikmati keindahan tempat wisata Pantai Muaro Bayang tersebut.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS