Ticker

6/recent/ticker-posts

PAGURUAN SILEK KINANTAN SAKTI DI KOTA PADANG



 

Sejarah berdirinya Paguruan Silek Kinantan Sakti

Menurut salah satu anak sasian yang melatih silek kinantan sakti ini, sejarah silek di perguruan ini dari anak-anak atau pemuda yang ada di nagari ini yang ingin baraja silek, karano tuo-tuo atau ninik mamak yang ada di daerah ini hebat dalam basilek. Jadi silek pauh ini ternama dengan pandai basilek. 



Jadi banyak sedikitnya di kampung ini banyak guru-guru besar yang hebat atau pandai dalam ilmu pencak silat, jadi para anak-anak yang ada di kampung ini bersama-sama meminta belajar mengenai latihan tentang silat kepada para ninik mamak. 

Maka sejak itu lah silek kinantan sakti ini memulai dan membuat lapangan untuk latihan silek. Jadi sejak tanggal 22 februari  2016 v membukak  latihan untuk silek. Nama guru yang ada pada perguruan silek ini yaitu bapak syafri dan bapak iguih. 

Persyaratan Menjadi Anak Sasian Di Paguruan Silek Kinantan Sakti

Adapun syarat utama untuk masuk Silek Kinantan Sakti ini yaitu niat yang tulus. Jangan ada keterpaksaan dalam diri untuk belajar Silek, karena sesuatu yang terpaksa tidak akan berjalan lancar apa saja yang dikerjakan. 

Diserahkan dengan orang tua juga termasuk syarat yang penting untuk belajar silek ini. Karena kepercayaan dan do’a orang tua sangat mempengaruhi proses latihan kedepannya.

Syarat yang lainnya yaitu membawa uang pendaftaran, membawa beras, pisau, dan melakukan mandabiah ayam.

Larangan dan peraturan Paguruan Silek Kinantan Sakti

Selama latihan berlangsuang anak sasian diwajibkan memakai pakaian Silek. Ketika latihan berlangsung seluruh anak sasian dilarang makan, tertawa, berbicara, dan tidak boleh berolok-olok dengan teman sekitar. Setiap anak sasian yang hendak latihan silat harus mendapat izin dari orang tua.

Jadwal silek perguruan kinantan sakti ini yaitu pada hari senin dan jumat selesai sholat isya. Khusus hari rabu untuk latihan musik.

Gerakan Yang Ada Di Paguruan Silek Kinantan Sakti

Dalam latihan Silek di paguruan Kinantan Sakti itu saya di diberi penjelasan mengenai Gerakan Dasar Yang Ada Pada Silek Kinantan Sakti, yaitu sebagai berikut:

1. Gerakan sambah

2. Pecak langkah

3. Gerakan Lasuang-lasuang

4. Gerakan salai-salai

5. Gerakan gunting

6. Gerakan langkah duo

7. Gerakan langkah tigo

8. Gerakan tingkek bawah

9. Gerakan Gelek

10. gerakan lajang patiang

11. gerakan arak kabau gadang

12. tendangan lajang patiang 

Dalam latihan biasanya kita melakukan gerakan dasar terlebih dahulu, baru kemudian di lanjutkan dengan permainan berpasangan.


Manfaat Dalam Menjadi Anak Sasian Di Paguruan Silek Kinantan Sakti

1. Sebagai bekal ilmu beladiri untuk perlawanan terhadap tindak kejahatan/kekerasan.

2. Memiliki Fisik Tubuh yang Kuat

Menjadi seseorang yang memiliki fisik yang kuat sudah pasti akan membuat kita tidak mudah diganggu dan diremehkan oleh orang lain. Sebaliknya, fisik tubuh yang terlihat lemah akan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk berlaku semena-mena terhadap diri kita. 


3.Membangun Mentalitas yang Positif

Tak hanya dari segi fisik, dari segi mental juga memberikan manfaatnya yakni seperti kepercayaan diri, keberanian, kewaspadaan, dan pengendalian emosi. Selain fisik, mental yang kuat justru akan membuat seseorang  akan jauh lebih terlihat mempesona. Kepercayaan diri, keberanian, dan kewaspadaan adalah kepribadian yang terbentuk seiring ketika kita berlatih karena kemampuan dan kekuatan kita akan terus meningkat. 


4.Menjaga Kesehatan

Sudah pasti tujuan utama kita melakukan olahraga ialah untuk memperoleh tubuh yang sehat. Tak terkecuali bila olahraga tersebut berbentuk ilmu bela diri 

5.Mengasah Kecerdasan.

Kecerdasan juga dapat diasah melaui latihan bela diri silat karena pasalnya menuntut kita untuk berfikir bagaimana taktik dan teknik yang tepat untuk melindungi diri atau melumpuhkan lawan. Sehingga melalui silat kita juga akan terlatih dan terbiasa untuk berfikir demi meningkatkan kecerdasan baik emosional maupun intelektual.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS