Ticker

6/recent/ticker-posts

Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed al-Thaqaf Resmikan Saudi Corner

 




Duta Besar Arab untuk Indonesia, Essam bin Abed al-Thaqaf berkunjung ke Sumatera Barat, Guna meresmikan pusat Study Center dan memberikan kuliah umum di Kampus UNP, Sabtu, (29/01/2022).



Kedatangan Duta besar Arab di UNP ini, disambut Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Walikota Padang Hendri Septa dan Rektor UNP Prof Ganefri. Ph.D di Auditorium UNP Air Tawar Padang bersama mahasiswa UNP.



Dalam sambutannya Rektor UNP Prof. Ganefri mengatakan, kerjasama antara UNP dengan Arab Saudi telah dimulai sejak 2017 lalu, dimana UNP sendiri telah mendirikan pusat Saudi Corner atau pusat studi bagi mahasiswa yang ingin belajar mengenai Arab Saudi.



Disisi lain Ia menyebutkan juga, universitas yang dipimpin nya, hingga saat ini telah mempunyai 107 program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 46 ribu lebih.



Kedepan UNP bisa menjalin bekerjasama dengan pemerintah Arab Saudi sehingga dapat memberikan ruang dalam pengembangan mahasiswa dan dosen untuk dapat melanjutkan pembelajaran di Arab Saudi.



“Insha Allah pemerintah Arab Saudi bisa dan dapat membatu penuh seluruh perlengkapan pusat studi Islam yang ada di UNP ini,” harap Ganefri.



Sementara itu, Gubenur Sumbar Mahyeldi Ansyarrulah diawal pembukaan acara dimaksud mengucapkan selamat datang kepada Duta besar Arab Saudi bersama rombongan di Ranah Minang.


Silahturahim dan hubungan yang telah berlangsung antara Arab Saudi dan Minangkabau berlangsung sekian lama tetap terus berlanjut.



“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Arab Saudi atas terpilihnya Mesjid Raya di Sumbar sebagai mesjid dengan arsitektur terbaik di dunia,” sebut Gubernur Mahyeldi.


Diharapkan, dalam pertemuan ini kedepan bisa berlanjut kerjasama dalam rangka membangun Indonesia khususnya Sumatera Barat dalam pembangunan Kedepan.



Pada kesempatan itu, Duta Arab Saudi Essam bin Abed al-Thaqafi mengatakan, kedatangannya ke Sumbar ini adalah sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Rektor Ganefri dan Gubenur Mahyeldi yang datang ke kedutaan Arab Saudi beberapa waktu lalu.



“Hubungan Arab Saudi dan Indonesia diharapkan bukan hanya sebatas bahasa saja, namun berlanjut dalam bentuk kerjasama dibidang pendidikan pada Universitas- Universitas di Indonesia.



“Keberadaan pusat center Arab Saudi di UNP ini bertujuan untuk memberikan keilmuan mengenai Arab Saudi bagi mahasiswa di UNP”, ungkap Essam bin Abed al-Thaqafi 



Dikatakan, Keberdaan Studi center Arab Saudi di UNP nantinya juga akan menjembatani mahasiswa untuk belajar ke Arab dan Libya.



“Kami juga telah memprogram kan untuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa di Indonesia dan tentunya bagi mahasiswa di Universitas Negri Padang,” jelasnya.


Saudi Corner telah berdiri sejak 2018 dan telah memulai dan menyiapkan beberapa program seperti kajian budaya Arab, pelatihan bahasa Arab, membantu dosen dan mahasiswa untuk studi ke Arab Saudi dan negara jazirah Arab lainnya dalam penguasaan bahasa dan beasiswa.


Serangkaian kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa dan unsur pimpinan UNP ini, ditandai dengan pertukaran cendera mata serta peresmian pembukaan Studi Center Arab Saudi dengan penekanan tombol sirene oleh Essam bin Abed al-Thaqafi yang didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi, Rektor UNP Prof Ganefri dan Walikota Padang Hendri Septa. 


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS