Ticker

6/recent/ticker-posts

HATI HATI DENGAN TIPU DAYA SETAN


Prof.Dr.H.Asasriwarni MH Guru Besar UIN/ Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar


ADA BEBERAPA MACAM SETAN YG SELALU MENGGODA ABRARA LAIN


Ada Sembilan kelompok setan beserta tugasnya masing-masing dalam menggoda umat manusia.


1. Khonzab : Disebutkan setan yang khusus fokus untuk menggoda manusia untuk tidak salat.Jika kita merasa jarang salat, maka berhati-hatilah bisa jadi khonzabnya mengalir terus dalam darah.


2. Walhan: Ialah sang setan penggoda untuk tidak mengambil air wudhu, padahal sempurnanya salat adalah sempurnanya wudhu. Ini adalah kerjaan setan yang berbisik untuk tidak dekat dengan Allah SWT.


3. Wasnan : Ialah setan yang datang dengan membawa tepung, lalu ditiupkan ke mata manusia agar mata gampang merasa mengantuk, terutama saat mendegar nasihat, saat di pengajian, saat yasinan. Intinya setan inilah yang menggoda agar tak fokus mendegar nasihat-nasihat kebaikan.


4. Zalanbur : Adalah setan yang menggoda laki-laki dan wanita, terutama saat datang ke pusat perbelanjaan, alias boros. Jika kita suka tidak sadar telah berbelanja sesuatu yang sebetulnya tidak kita butuhkan. Hati-hati jika kita sering seperti ini, bisa jadi ini berarti setan zalanbur terus menempel untuk menggoda agar lapar mata, menggoda untuk menghambur-hamburkan.


5. Tibbir : Setan yang menggoda kita agar gampang marah, gampang emosian. Mudah sekali untuk ngambek, memasang raut wajah cemberut terus-menerus. Boleh jadi ini ketempelan setan yang namanya setan Tibbir, yag membuat hati tidak pernah merasa tenang, alias gelisah terus-menerus.


6. A’war : Setan yang menggoda manusia untuk dekat-dekat dengan perbuatan zina,. Hingga lamabat laun, menurut teori ketika mata mendapatkan informasi tak senonoh terus-menerus maka gambar tersebut akan terekam sempurna di otak kita. Hasilnya? pikiran makin kotor, dan perbuatan menjadi semakin dekat dengan yang kotor pula. Tidak hanya bagi yang masih lajang, namun juga yang sudah mempunyai pasangan. Cirinya apa jika pasangan mulai didekati oleh setan a’war? Suami sudah mulai membanding-bandingkan istrinya dengan wanita lain, dan begitu juga sebaliknya sehingga akhirnya merasa tak bersyukur.


7. Abyad : Ini disebutkan sebagai panglimanya setan. Sebab setan inilah yang menggoda Nabi. Dia lah yang menggoda nabi Ibrahim dan juga para ulama. Digoda oleh setan kelakuan satu ini, hasilnya kesombongan diri, kalau sudah merasa diri yang paling hebat dengan ini maka setan lain makin mudah masuk.


8. Dasim : Setan yang menggoda perut manusia agar tidak pernah merasa kenyang, boleh jadi ketika merasakan ini mungkin karena kita makan tidak dengan berdoa. Maka dari itu berdoalah sebelum makan, jika tidak pakai doa maka setan ini yang ikut makan. Setan kerakusan dan ketamakan.


9. Masuth Mathun : Setan yang menggoda agar bibir jadi comel, atau dengan kata lain suka menggunjingkan, membicarakan orang lain di belakang. Mudah untuk mengadu domba, menyebarkan fitnah, segala sesuatu diadukan, dan sebagainya. Berhati-hatilah, tergoda setan ini maka bisa menjadi keburukan yang jariah yakni selama itu bergulir maka kita akan dapat tabungan dosa keburukan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS