Ticker

6/recent/ticker-posts

PUNCAK GAGOAN



Oleh : Haisyah Qadri Febrian, mahasiswi Universitas Andalas, Fakultas Ilmu Budaya, Sastra Minangkabau 


Indonesia adalah negara kaya yang menyimpan berbagai macam sumber daya alam yang melimpah. selain itu, Indonesia menyediakan berbagai macam tempat objek wisata yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, mulai dari wisata alam sampai wisata budaya yang sanagat beragam. Salah satu provinsi di Indonesia dengan sektor pariwisata alam yang sangat baik yaitu provinsi Sumatera Barat.

Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki keunggulan di dunia wisata yang sudah terkenal baik di tingkat nasional maupun mancanegara. Tidak main-main, di tahun 2017 pernah tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat sampai menembus angka 7,8 juta orang. Salah satunya yang berada di Desa Paninggahan, Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. 

Puncak Gagoan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Solok yang wajib dikunjungi oleh para penikmat panorama alam. Lokasi Puncak Gagoan berdekatan dengan Ngarai Sianok. Dari pusat Kota Padang, Puncak Gagoan berjarak 84 kilometer dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam. Sementara kalau dari pusat Kota Solok Puncak Gagoan hanya berjarak sekitar 20 kilometer. Dan tiket masuk menuju Puncak Gagoan termasuk murah, kita hanya cukup membayar Rp. 10.000,- saja.

Puncak Gagoan ini menyuguhkan keindahan alam yang menyegarkan mata bagi setiap pengunjung yang datang, kita bisa menikmati pemandangan puncak dengan berjalan kaki dengan memakan waktu sekitar 15 menit. Semakin dekat kita menuju puncak, kita akan menemui batu cadas dengan berbagai ukuran yang tersebar di perbukitan tersebut. Untuk memudahkan pengunjung untuk mencapai puncak, pihak pengelola dan masyarakat membuat pegangan berupa tali di pinggir jalan menuju puncak agar pengunjung tidak kesulitan untuk naik. 

Setelah berjalan menuju puncak dengan kondisi jalan yang cukup ekstrim dan menegangkan, pengunjung dapat merasakan hamparan keindahan pemandangan perbukitan yang berbaris dan sungai, dan pengunjung juga akan mendapatkan view batu cadas yang berada dipinggir puncak dengan daya tariknya sendiri. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan mendapatkan keindahan pemandangan alam berupa hamparan Danau Singkarak yang luas. Dari wisata Puncak gagoan ini sangat cocok untuk bersantai dan menikmati alam bersama keluarga dan bisa merilekskan pikiran dari kesibukan keseharian.

Alam memang selalu baik kepada kita. Alam selalu mempunyai cara untuk memanjakan kita. Alam selalu dapat dengan mudah membuat kita menghilangkan rasa penat, menghilangkan rasa jenuh dan menggantinya dengan perasaan bahagia dan bersyukur. Bagi penikmat keindahan alam tak salahnya jika berkunjung ke Puncak Gagoan ini, sebab kita tidak akan kecewa dengan keindahan pemandangan alam yang ada di Puncak Gagoan ini. 

Pesan penting untuk para wisatawan yang berkunjung, selalu jaga keindahan alam dan jangan buang sampah sembarangan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS