Ticker

6/recent/ticker-posts

Kesenian randai di Minangkabau


Penulis : Mayang sari

Mahasiswa jurusan sastra Minangkabau, Universitas Andalas




   Seni pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Performance biasanya melibatkan empat unsur yaitu waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton. Seni pertunjukan ada beberapa jenis diantaranya opera, tari, pentas musik, film, pentas teater dan lain sebagainya.Adapun dalam artikel ini saya akan membahas tentang seni pertunjukan randai.


  Randai adalah salah satu permainan tradisional di Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, kemudian melangkahkan kaki secara perlahan, sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara berganti-gantian. Randai menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama dan silat menjadi satu. Pendapat lain juga mengatakan bahwa Randai merupakan permainan dengan gerakan membentuk lingkaran, dan pemain melangkahkan kaki secara perlahan sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara bergantian (Azrial, 1998:71). Tambahan lagi, randai terdiri dari gabungan beberapa pertunjukan seperti, pencak silat, dendang, saluang, rabab, kaba, dan teater.


  Kesenian tradisional randai memiliki fungsi bagi masyarakat yaitu sebagai sarana penghibur, sarana penghormatan dan penyambutan tamu di acara-acara formal maupun non formal seperti pernikahan, penyambutan gubernur atau bupati. Randai biasanya berbentuk teater yang memiliki unsur-unsur pokok yang harus ada dalam sebuah randai, seandainya salah satu unsurnya hilang maka tidak bisa disebut dengan randai. Berikut unsur-unsur pokok randai :

Cerita

  Dalam kesenian randai harus ada yang namanya cerita yang akan di perankam oleh para pemain randai. Ceritanya berasal kaba, kisah nyata atau bisa juga cerita fiksi yang dikarang sendiri

Dialog

  Dialog dalam randai tentunya berbahasa Minang,pemain randai berdialog menggunakan irama pantun dan dialog antar tokoh seperti berbalas pantun.

Dendang

  Dendang dalam randai dinyanyikan dalam beberapa adegan untuk melengkapi cerita yang terpotong

Gerakan

  Gerakan randai umumnya berasal dari pencak silat, gerakan randai mengabungkan seni musik, suara, gerak menjadi satu.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS