Ticker

6/recent/ticker-posts

INDAHNYA PESONA BUKIK CINANGKIAK


 Oleh: Karyn Eka Putri

(Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas)


Indonesia dikenal dengan beragam suku, ras, adat, budaya bahkan pariwisata. Hal itu menjadikan Indonesia kaya dan memiliki pesona yang luar biasa. Nah, disini saya akan membahas mengenai pariwisata Indonesia. Beragam pariwisata ada di Indonesia, mulai dari pesona laut yang indah, hijaunya gunung, hingga berbagai wisata buatan yang memanfaatkan kekayaan alam yang ada. Di tengah pandemi yang sedang melanda Indonesia, berdampak kepada berbagai aspek kehidupan, baik sosial, budaya bahkan ekonomi. Dampak ekonomi sangat menentukan keberlangsungan hidup seluruh masyarakat. 


Di daerah Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok Sumatera Barat. Ada wisata di kawasan perbukitan yang indah karena berdekatan dengan Danau paling hits di Solok yaitu Danau Singkarak. Objek wisata ini dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Wisata ini telah ada sebelum Indonesia dilanda pandemi, namun pada saat sekarang ini banyak kemajuan baru yang telah dibangun pemerintah, sehingga menarik banyak wisatawan. 


Jika menuju wisata ini dari arah kota Padang, mata akan dimanjakan dengan keindahan alam yang membentang disepanjang perjalanan. Hijaunya sawah, diselimuti sejuknya angin pegunungan yang belum ternodai polusi. Dari kota Padang menuju tempat tujuan tidak kalah banyak wisata lain yang dilewati, disana terlihat begitu kaya dan indahnya alam Indonesia. Di Bukik Chinangkiak kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam dengan perpaduan wahana modern yang dikemas sesuai dengan selera masyarakat. 


Jika ditelusuri satu persatu memiliki berbagai macam hal yang bisa di lakukan disini seperti bermain wahana, berfoto, bernyanyi, berenang dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan disini. Kalau wisatawan ingin berenang dan mandi-mandi tempatnya berbeda karena tempat bermain serta berenang di pisahkan tempatnya. Ada beberapa wahana dan taman bermain yang patut wisatawan coba ada Biang Lala, Mobil Listrik, Balon Terbang, Kapal Besar, Tempat Bernyanyi, Rumah Pohon, Sepeda Gantung, Cora-cora, Kursi Terbang, Roller coaster dan masih banyak lagi. 


Harga tiket masuk Bukit Ciangkiak sangat terjangkau. Bahkan kesannya sangat murah jika melihat pemandangan dan wahana yang bisa dinikmati di sana. Karena alasan ini mengapa banyak pengunjung yang datang ke Bukit. Untuk masuk wisata ini wisatawan hanya perlu membayar uang parkir sebanyak Rp. 10.000,- berbeda lagi jika ingin menaiki wahana yang ada, pengunjung dapat membayar sebesar Rp. 100.000,- dan bisa bebas menikmati wahana apa saja. Ada banyak daya tarik Bukit Cinangkiak yang rugi jika tidak kalian nikmati. Sesuai dengan namanya, maka Bukit Cinangkiak berada di lokasi ketinggian perbukitan. Oleh karena itu, selain alamnya asri, udaranya juga sejuk dan dingin. Kalian juga bisa makan jagung bakar dan camilan lain di rumah makan outdoor yang romantis. Daya tarik berikutnya ialah berkemah di alam bebas di pinggiran hutan yang asri. Pesona inilah yang tidak boleh dilewatkan apalagi bagi traveler yang tinggal di kota besar. Yang mana, di sana udaranya lebih kotor, pengap dan tidak beraturan.


Diatas saya baru memaparkan satu tempat pariwisata yang ada di Sumatera Barat. Masih banyak lagi tempat berwisata yang tidak kalah menarik dari bukik Cinangkiak. Ada Puncak Gagoan, Danau Singkarak, Danau Maninjau, Puncak Lawang, berbagai macam pantai didaerah pesisir, hingga berbagai macam gunung di daerah darek.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS