Ticker

6/recent/ticker-posts

Daya Tarik Pantai Air Manis (Aia Manih)


Penulis: Alya nuriqlima dari unand 

Pantai Air Manis ini berada di kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, telah menjadi daya tarik dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun asing. Pantai ini memiliki  pesona yang indah, gulungan ombak yang semilir. Hembusan angin selalu terasa, suara ombak  dengan ridikan hempasan membuih putih ke bibir pantai sepanjang hari. Sehingga menambah nuansa yang menyenangkan bagi para pengunjung.

Untuk menuju ke pantai yang satu ini hanya berjarak sekitar 15 KM dari Pasar Raya Padang. Dan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) banyak kendaraaan yang melayani rute tersebut. Para wisatawan bisa pula memanfaatkan angkutan umum khusus bandara, melayani rute tersebut sekitar 30 menit sampai.

Di pantai Air Manis ketika air laut sedang pasang  surut, para wisatawan bisa berjalan kaki menelusuri bibir pantai yang cukup luas sembari menikmati pemandangan laut yang membentang luas. Pantai Air Manis  berpasir berbaur kecoklatan keputihan jadi alas hamparan bibir pantai dan landai itu. Itulah sebabnya  pantai ini  jadi pilihan untuk tempat wisata keluarga.

Pantai Air Manis, juga populer dengan batu Malin Kundang berbentuk seseorang bersujud kepada ibunya, yang  dikenal dengan legenda Malin Kundang Anak  Durhaka. Batu itu Kutukan dari ibunya, dan hempasan ombak, sehingga terlihat puing-puing kapal dan tali-tali pengikat kapal bergulung.  Ketika ombak menghempas dan berdebur dari  batu tersebut, terdengar suara lolongan yang mengasikkan. Para wisatawan juga bisa menyaksikan dari dekat Batu Malin Kundang yang melegenda tersebut.

Di sekitar pantai Air Manis juga tersedia beberapa penginapan yang rata-rata dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga harga sewanya tidak bagitu mahal. Begitu juga dengan tempat makan juga ada, di sepanjang pantai hanya tinggal menikmatinya, salak lauk, mie rebus, langkitang dan gulai ikan kapalo lauk.

Tidak jauh dari  bibir pantai Air Manis itu, tampak pulau Pisang Kecil (ketek)  berdiri bulat dengan pepohan yang subur, menarik juga  untuk dikunjungi wisatawan. Pulau ini terlihat seperti dua buah pulau yang terpisah walaupun sebenarnya  hanya satu. Jika berkunjung ke Pulau Pisang Kecil itu, wisatawan  cukup berjalan kaki aat pasang surut.


Tingkat perkembangan kawasan wisata Pantai Air Manis


Dilihat dari akses jalan kawasan Pantai Air Manis yang dimana dulunya sangatlah kurang bagus, sekarang jalan menuju kawasan Pantai Air Manis sangatlah bagus, serta  penempatan tempat-tempat makan yang tidak tertata dulunya, sekarang tertata dengan bagus dan rapi. Dulu wahana tidak ada tetapi sekarang sudah diberikan wahana yang menarik, seperti: permainan motor ATV yang membuat daya tarik wisatawan kesana. Dulu area tempat parkir sangatlah sempit, sekarang area tempat parkir sangatlah luas dan lapang. Sehingga orang yang parkir disana sangat aman dan nyaman.


Dampak Positif Dan Negatif Kawasan Pantai Air Manis


Dampak Postif Kawasan Pantai Air Manis :

1.Pemandangan pantai air manis sangat bagus dan indah

2.Pantai nya bagus dan tempat bermain ATV lebih luas

3.Atv dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan

4.Meningkatkan pendapatan masyarakat lokal

5.Kualitas udaranya lebih bagus karena tingkat polusi berkurang, Sebab jumlah      kendaraan berkurang dan jauh dari jalan tol


Dampak Negatif Kawasan Pantai Air Manis :

1.Pantai nya kurang bersih

2.Sampah berserakan dimana-mana

3.Jajanannya mahal-mahal dan tukang jajanannya tidak tertata rapi

4.Pengunjung dapat merusak lingkungan pantai air manis karena membuang sampah sembarangan

5.Menurunnya pendapatan masyarakat lokal

6.Menurunnya pendapatan ATV

7.Menurunnya jumlah kunjungan wisatawan

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS