Ticker

6/recent/ticker-posts

Kanwil Kemenag Sumbar Utus 11 Orang Peserta Pada KSM Nasional Mendatang

Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar, Drs. H Syamsul Arifin, MM, M. Pd.


Syamsul Arifin: Tiga Program Unggulan Madrasyah di Kompetisi-kan Ditingkat Nasional 2021


Padang, 

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah berhasil memperoleh 11 orang para juara Kompetisi Sains Madrasyah (KSM) tingkat provinsi untuk 11 cabang study peserta yang berasal dari daerah kabupaten dan kota se-Sumbar. 


Sebanyak 11 orang ini  merupakan hasil penjaringan KSM dari jenjang pendidikan Madrasyah Ibtidaiyah, Madrasyah Tsanawiyah, dan Madrasyah Aliyah (MI, MTsN, dan MA) se-Sumbar dari hasil seleksi penjaringan pada 15-18 September 2021 yang lalu. 


Ke-11 orang yang akan ikut berkompetisi KSM di tingkat nasional nanti pada 23 dan 24 Oktober 2021, sekarang,.. dari Senin 4 Oktober 2021,  sedang dilakukan karantina KSM di Hotel Universitas Negeri Padang (UNP) guna mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi nasional. 


Ungkapan ini dikatakan Kepala Bidang  Pendidikan Madrasyah (Kabid Penmad)  Kanwil Kemenag Sumbar, Drs. H Syamsul Arifin, MM, MPd,  saat dijumpai awak media ini dikantornya pada Rabu 6 Oktober 2021.


Lanjutnya, kompetisi KSM ini adalah ajang kompetisi semua tingkatan pendidikan MI, MTsN, dan MA. 

KSM ini merupakan gabungan antara pendidikan bidang study Sains dan bidang study Religius, katanya. 


"Dimana, kombinasi Sains dan Regligius ini digabungkan menjadi satu dan inilah study ini diperlombakan sampai ke tingkat nasional," imbuhnya. 


Dijelaskan, KSM yang diperlombakan di tingkat MI 2 cabang-study Matematika Terintegrasi, dan IPA Terintegrasi. 


Untuk tingkat MTsN KSM diperlombakan 3 cabang study Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi. 


Dan, KSM tingkat MA-6 cabang study IPA, Biologi, Ekonomi, Sains, Fisika, Geografi, dan Kimia (masing-masing study terintegrasi).


Dari 11 cabang KSM kesemua tingkatan jenjang pendidikan ini telah diselenggarakan KSM seleksi penjaringan pada 15-18 September 2021, ulasnya. 


Dan, insak Allah, para juara dari daerah kabupaten dan kota se-Sumbar ini, sekarang sedang dilaksanakan karantinanya sebanyak 11 orang juara tingkat propinsi yang akan mengikuti KSM tingkat nasional pada 23 dan 24 Oktober 2021 mendatang. 


"Para juara propinsi ini sedang kita karantina selama 1 minggu dari (Senin 4 Oktober) di Hotel UNP guna persiapan bagi peserta KSM ditingkat nasional, nanti," ungkapnya. 


Tujuan dikarantina peserta KSM ini, agar bisa berbicara tentang daerah Provinsi Sumbar di ajang KSM tingkat nasional.

Ia (Syamsul Arifin) berharap, semoga karantina peserta KSM ini bisa berjalan lancar. 

Karena pada KSM tahun sebelumnya 2019/2020 yang lalu, kontingan Sumbar berhasil meraih peringkat 6 nasional. 


"Kita berharap pada peserta kontingan Sumbar ini dapat memperbaiki peringkatnya pada KSM tahun 2021 ini," pintanya mensupport. 


Disebutkanya, di madrasyah itu sebenarnya ada 3 program unggulan yang dilaksanakan, yakni: Robotik, Mairest, dan KSM. 


"Ke-3 program study ini merupakan program unggulan ditingkat madrasyah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan (Dirjen Pendik) Islam di Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)," pungkasnya.@Obral Chaniago*.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS