Ticker

6/recent/ticker-posts

Drh.Erinaldi, Sumbar Luncurkan Program Beternak Nagari



Pemerintah propinsi Sumbar melalui dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan  meluncurkan program nagari beternak ayam kampung ditengah lesunya perekonomian dimasa Pandemi, kepala Dinas peternakan dan kesehatan hewan  Drh.Erinaldii.MM menyebutkan ada ratusan nagari Di Sumbar akan diberi bantuan ayam dan beserta pakannya secara berkelompok  guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan ditengah krisis ekonomi ditengah Pandemi

Kepada wartawan kemarin. Drh.Erinaldi mengajak semua elemen masyarakat untuk membantu mengentaskan kemiskinan  dimasa Pandemi ini, karena secara langsung lock down dan PPKM yang berkepanjangan menambah jumlah kemiskinan disektor pertanian bertambah.

Erinaldi menyebutkan ada 70 milyar lebih dana APBD Sumbar yang bersilelturahmi dari pokir DPRD dan POKIR Legislatif  di glontorkan untuk program beternak nagari di wilayah ini.

Strategisnya program nagari beternak ini,  untuk mendekatkan petani dengan usaha sampingan sebagai  seorang petani di kampong, walaupun kekurangan uang seorang petani mampu memenuhi pangan gizi rumah tangga dengan hadirnya ayam dan telur dirumah mereka masing-masing.

Program ini bisa menjawab kerawanan pangan ditengah pandemi ini<” ujar Erinaldi.

Kami akan kembangkan terus Beternak nagari ini, karena program ini sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga," ujarnya

Kita sangat prihatin dengan petani ayam dan telur, turunnya harga telur dipasaran sementara pangan ayam naik.  Ini sangat memukul ekonomi petani ayam buras terutama PPKM dimana permintaan telur rendah sementara ayam terus berproduksi.

Program ini diharapkan  meningkatkan kesejahteraannya dengan menjual produk yag dihasilkan Tidak itu saja, mereka juga beternak ayam sebanyak 500ekor/kelompok, masing-masing anggota memelihara 25 ekor

Diharapkan masyarakat bisa serius dalam usaha memproduksi sendiri kebutuhan pangan sendiri tanpa membeli lagi. Dan masyarakat petani ini didampingi oleh tenaga penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten/kota di Sumbar.

#02

 

 

 


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS