Ticker

6/recent/ticker-posts

Engla Islami Putri Mahasiswa UNP Raih Juara 1 Tilawah Putri MTQM Nasional AMLI 2021


Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) telah selesai melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an perdana untuk Mahasiswa MIPA dengan penyelenggara Universitas Negeri Padang.

AMLI sendiri adalah forum pertemuan dekan FMIPA atau FPMIPA dari 12 LPTK negeri yang dulunya IKIP, yaitu FMIPA UNP, UNNES, UPI, UNY, UM, UNJ, UNIMED, UNIMA, UNM, UNDHIKSA, UNG, dan UNESA. Pada penutupan Sabtu (9/10/2021), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berhasil mengumpulkan point terbanyak yaitu 64 point, sehingga berhak mendapat predikat juara umum. Sementara itu, tuan rumah UNP mampu meraih predikat juara 1 pada cabang Tilawah putri, yang diraih oleh Engla Islami Putri, Jurusan Biologi TM 2020.

 


Menurut data yang dirilis web resmi panitia, MTQM AMLI 2021 terdiri dari 8 cabang, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an Putra, Musabaqah Tilawatil Qur’an Putri, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz putra, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz putri, Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz putra, Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz putri, Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ) dengan topik Sains. Jumlah peserta terlibat tahun ini sebanyak 60 orang mahasiswa yang mewakili 10 Perguruan Tinggi LPTK dari seluruh Indonesia.

Ketua AMLI yang juga Dekan FMIPA Univeritas Negeri Padang, Dr. Yulkifli, M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini akan merupakan agenda tahunan AMLI. Pada tahun ini, yang diamanahi sebagai penyelenggara dan tuan rumah adalah FMIPA UNP dan insyaallah tahun depan akan dilaksanakan di kampus AMLI lainnya, yakni UNIMED. Wakil Rektor 3 UNP, Drs. Hendra Syarifuddin, Ph.D ketika menutup acara mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

Dengan mengutip hadits-hadits terkait keutamaan membaca Al-Quran, Hendra Syarifuddin memotivasi peserta untuk selalu bersama Al-Quran. Penutupan juga dihadiri para pimpinan AMLI dan delegasi MTQ.

Drs. Ardi, M.Si selaku ketua panitia pelaksana, mengingatkan bahwa baik yang juara maupun yang tidak Insyaa Allah akan mendapatkan pahala yang besar karena interaksinya dengan Al-Quran yang diniatkan ikhlas karena Allah. Para juara personal akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, dan uang prestasi Rp 2 juta rupiah untuk juara 1, Rp 1,5 juta untuk juara 2 , dan Rp 1 juta untuk juara 3, sedangkan juara per team, akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, dan uang prestasi Rp 3,5 juta rupiah untuk juara 1, Rp 3 juta untuk juara 2 , dan Rp 2,5 juta untuk juara 3.

Adapun untuk masing-masing bidang yang dilombakan serta pemuncaknya adalah MFQ : Universitas Negeri Yogyakarta (Alfi Syahril, Amri Shabirin, Ilham A Akbar), MSQ: Universitas Negeri Malang (Nabilah A F, Okta Fariha, Finurika Rohmati), MTQ Putra: Universitas Negeri Surabaya (M Taufik Ramadhan) , MTQ Putri: Universitas Negeri Padang (Engla Islami Putri) , MHQ 5 juz putra : Universitas Negeri Surabaya (M Yusril Irtizaq N), MHQ 5 juz putri : Universitas Negeri Surabaya (Dzikra Nasyaya M), MHQ 10 juz putra : Universitas Negeri Jakarta (M Nazmi Hanif), dan MHQ 10 juz putri : Universitas Negeri Medan (Muhadhira Utami).(Hms UNP)


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS