Ticker

6/recent/ticker-posts

Mesra Yasta Berikan Bantuan 9 Unit Hand Tracktor Kepada Keltan di Wilayah Kecamatan X Koto Tanah Datar


Pokir atau pokok-pokok pikiran anggota DPRD merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota dewan agar diperjuangkan pembahasan di RAPBD.

Hal ini yang sering dilakukan oleh Ibu Mesra Yasta selaku anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, yang mana beliau sebelumnya juga pernah menjabat Anggota DPRD kota Padang Panjang selama 2 periode.



Mesra Yasta anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dan sekarang juga memegang Jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumbar, sekaligus membidangi pembangunan dan Infrastruktur dan saat ini Ibu Mesra juga memegang Jabatan di Partai sebagai Wakil ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat.

Anggota DPRD Provinsi Mesra Yasta yang akrab disapa dengan Mesra itu, dalam kegiatan kali ini membagikan bantuan melalui Pokir tahun 2021 sebanyak 9 hand tracktor kepada 9 Keltan (kelompok tani) yang yang berada di wilayah kecamatan X Koto pada hari Kamis 9 September 2021, yang berlokasi di Balai Pemuda Nagari Panyalaian kecamatan X koto Kabupaten Tanah Datar.

Dari matasumbar menyebutkan Keltan (kelompok tani) yang menerima hand tracktor saat itu adalah, 9 kelompok yaitu dari, 1. Lado jintan, Nagari tambangan Kec. X koto Kab. Tanah Datar , 2, Berkah Mandiri, Nagari Paninjauan Kec. X koto. Kab. Tanah Datar, 3, Ikhtiar Bersama, Nagari Singgalang,.Kec. X koto. Kab. Tanah Datar, 4, maju bersama, Nagari Koto Laweh. Kec. X koto. Kab.Tanah Datar 5, Sakato, Nagari Aie Angek. Kec. X Koto. Kab. Tanah Datar, 6, Sawah Guci, Nagari Koto Baru. Kec. X Koto. Kab. Tanah Datar 7, Cimpago Biru, Nagari Panyalaian. Kec. X Koto. Kab. Tanah Datar 8, Bujang Juaro, Jorong baruah Nagari Pandai Sikek. Kec. X Koto. Kab. Tanah Datar 9, Gantian Sakato, Nagari Panyalaian. Kec. X Koto. Kab. Tanah Datar.

Dikesempatan itu Mesra menyampaikan, bahwa komunikasi itu sangat penting, kalau tidak bertemu dengan saya silahkan Bapak Ibu sampaikan nanti ke masing-masing Wali Nagari sehingga program atau usulan-usulan yang Bapak Ibu sampaikan itu dapat kita tindaklanjuti di Provinsi nantinya, untuk dapat dimasukkan dalam kegiatan di tahun berikutnya.

“Kalau ada usulan-usulan dapat juga bapak ibu sampaikan melalui Bapak Yusril dan nanti bapak Zul akan menyambungkan usulan bapak ibuk tersebut kepada saya, ucap Mesra

Pokir tahun 2021 ini, kata Mesra untuk wilayah kecamatan X Koto lebih kurang sekitar 3 M, tentu itu ada di beberapa sektor, seperti sektor pertanian, Pendidikan, untuk membangun ruang Labor di SMU X Koto, di Perkimtan ada Drainase, Rehab jalan, MCK, PSDA, Irigasi dan banyak lagi lainnya.

“Untuk tahun 2022 mendatang tentu kita berharap Pokir yang akan kita manfaatkan untuk kebutuhan masyarakat di wilayah X koto tentu harapan kita akan lebih besar lagi dari pada sekarang, ulasnya.

Kadis Pertanian Kabupaten Tanah Datar Ir, Yufiardi, sewaktu diminta tanggapannya oleh awak media, Yufiardi mengatakan sangat senang dan Bergembira sekali yang mana kelompok tani kami dibantu oleh Bu mesra melalui Pokirny dari provinsi,

“Jadi untuk bertani itu kita memang harus mengoptimalkan pemanfaatan lahan juga untuk meningkatkan pendapatan bagi petani dalam pemanfaatan lahan, kalau bisa petani kita dapat panen 3 kali dalam 1 tahun dengan meningkatnya indeks panen itu tentu meningkat pula produksi, otomatis itu juga meningkatkan pendapatan bagi petani kita sendiri” sebutnya.

Tak hanya itu dengan adanya mesin hand tracktor ini tentu dapat menekan biaya operasional yang biasanya banyak memakan tenaga manusia sekarang lebih banyak memakai tenaga dari mesin” tuturnya.

Camat X Koto, Khairunnas Y,S, STP mengatakan tidak hanya mesin hand traktor saja yang diberi kan oleh Ibu Mesra, tetapi juga banyak sekali yang lainnya seperti ada mesin pemotong rumput, ada bantuan sapi, termasuk bantuan unggas, dan bantuan fisik lainnya.

kita juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu mesra yang telah melaksanakan amanah masyarakat dalam memberikan bantuan semoga Bu Mesra selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT dan sukses dalam karirnya, ucap Camat.

Disamping itu salah satu Ketua kelompok tani yang menerima hand tracktor yang namanya sering dipanggil dengan sebutan Pak Wen itu merasa sangat senang sekali dengan apa yang diberikan Ibu mesra pada hari ini kepada kami masing-masing kelompok tani di 9 lokasi yang berbeda.

“Kami berharap semoga Allah SWT selalu memberikan yang terbaik buat Bu Mesra dan berharap semoga Bu Mesra dapat berlanjut menjadi anggota DPRD Provinsi di periode mendatang, ucapnya.

Pada kesempatan itu juga hadir Kepala Dinas Pangan provinsi Ibu Susi, Kepala Dinas pertanian Kabupaten Tanah Datar Ir, Yufiardi, Camat X Koto Khairunnas Y, S, STP. Kordinator BPP, Kec, X koto Yusril S,Pt, perwakilan Wali Nagari di kecamatan X Koto, perwakilan masing-masing Sorong, dan perwakilan para ketua kelompok tani penerima Pokir.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS