Ticker

6/recent/ticker-posts

_TAKUT KEPADA TUHAN_ YANG DISERTAI DISIPLIN DAN INTEGRITAS TINGGI ADALAH SUMBER KEKAYAAN, BUKAN WARISAN HARTA YANG MELIMPAH


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar

(Kisah Kehidupan Tom Smith Sebagai Sebuah Ilustrasi)*


Pada detik-detik kematiannya, seorang pria bernama Tom Smith, memanggil anak-anaknya dan ia menasehati mereka *_untuk mengikuti jejak  kehidupnya_* sehingga mereka akan dapat memiliki ketenangan jiwa dalam semua hal yang mereka lakukan.


Putrinya, Sarah mengatakan : *_Ayah, saya sangat kecewa kepada Ayah_*, karena Ayah meninggalkan kami tanpa warisan aset sedikit pun dan tanpa  uang sepeser pun di bank.


Sementara, para ayah lain yang Ayah katakan sebagai koruptor dan pencuri dana rakyat,  bisa mewariskan rumah dan properti untuk anak-anak mereka, sedangkan kita hanya bisa  tinggal dalam apartemen sewaan.


*_Maaf Ayah, saya tidak bisa mengikuti jejak hidup Ayah_*, kata Sarah (salah seorang anaknya). Pergilah Ayah, biarkanlah kami mencari jalan hidup sendiri...!


Beberapa saat kemudian, ayah mereka menutup mata untuk selama-lamanya. 


Tiga tahun kemudian, Sarah pergi untuk wawancara pekerjaan di sebuah perusahaan multinasional.

Saat wawancara,  Ketua panitia bertanya :   *_Saudara ini punya nama Smith, Smith  yang mana itu ?_*


Sarah pun menjawab : *_Saya Sara Smith. Ayah saya adalah Tom Smith yang sudah meninggal beberapa tahun yang lalu_*


Ketua Panitia Pewawancara memotong : *_Ya Tuhan, Anda ini putrinya Tom Smith ?_*. 


Dia berbalik dan berbicara kepada para anggota yang lainnya dan berkata :  *_Pak Smith itu adalah salah satu yang menandatangani formulir keanggotaan saya di Institut Administrator dan merekomendasi, sehingga membuat saya diterima bekerja di posisi saya sekarang ini_*. Dia melakukan semua ini dengan gratis. Saya bahkan tidak tahu alamatnya, dan dia tidak pernah tahu saya. *_Dia hanya melakukannya untuk keprofesionalan saya_* 


Dia lalu berbalik ke Sarah :  *_Saya tidak punya pertanyaan untuk Anda lagi_*.  Anda sudah mendapat pekerjaan ini. Silahkan datang besok, semua surat penugasan Anda akan saya siapkan untuk Anda.


Setelah bertahun-tahun bekerja, Sarah Smith menjadi Corporate Affairs Manager perusahaan dengan dua mobil dan drivernya. Apartment dua lantai disediakan kantornya, dan gaji besar di luar tunjangan dan biaya-biaya lainnya.


Setelah beberapa tahun bekerja di perusahaan tersebut,  Pimpinan perusahaan datang dari Amerika mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri dan mencari  penggantinya. Yang dicari adalah orang dengan Kepribadian dan integritas yang tinggi. Lagi-lagi para konsultan perusahaan menominasikan Sarah Smith sebagai kandidatnya.


Dalam sebuah wawancara, Sara Smith ditanya rahasia apa yang menjadi kunci kesuksesannya ?


Dengan air mata berlinang, dia menjawab :  *_Ayah telah membuka jalan bagiku_*. *Ternyata setelah ia meninggal, aku baru sadar bahwa dia secara finansial miskin, akan tetapi ia luar biasa kaya dalam hal  integritas, disiplin dan kejujuran sebagai manifestasi dari rasa takutnya kepada TUHAN !*


Dia ditanya lagi :  Mengapa Anda menangis ? Kan Anda sekarang bukan lagi sebagai seorang anak yang merindukan ayahnya yg sdh pergi dlm waktu yang lama?


Dia menjawab : *Pada saat kematiannya, aku menghina ayah karena menjadi orang yang jujur dan ber​​integritas tinggi*.  Aku berharap dia akan memaafkanku dalam kuburnya sekarang. Aku sebenarnya tidak akan bisa sesukses ini. Namun karena Ayah telah melakukannya untuk ku. Dan aku tinggal berjalan meraih suksesan ini.


Akhirnya dia ditanya : Apakah Anda akan mengikuti jejak kaki ayahmu seperti yang ia dahulu minta ?


Dan Sarah pun menjawab dengan sederhana :  *Aku sekarang mengagumi Ayah, Aku memiliki foto besar yang tergantung di ruang tamu dan di pintu masuk rumahku. Dia layak memperoleh apa pun yang saya miliki ... setelah TUHAN !*


*_APAKAH ANDA SEPERTI TOM SMITH ?_* 


*Ia membayar mahal untuk membangun sebuah nama baik, buahnya tidak datang dengan cepat tetapi akan datang walaupun mungkin diperlukan waktu yg lama. Tapi buah itu akan berlangsung lebih lama lagi*.


*Moral cerita:*


*_TAKUT AKAN TUHAN !!!_ yang disertai dengan disiplin dan Integritas tinggi, akan dapat membuat manusia nenjadi kaya, bukan warisan harta yang nelimpah dan  rekening bank yg gemuk.*


*Tinggalkan warisan yang baik untuk anak-anak & cucu-cucu Anda.*


Semoga hidup kita semakin berkah dan bermanfaat, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS