Ticker

6/recent/ticker-posts

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. Gelontorkan Ecoenzyme ke Sungai Kampus Universitas Negeri Padang PENDIDIKAN-197 Hit


 

Dalam rangka mengikuti Festival Ecoenzyme bersama UIGreenmetric tahun 2021 yang akan digelar Sabtu/ 26 Juni 2021, Universitas Negeri Padang melakukan pengelontoran Ecoenzyme di sungai atau badan air yang melintas di kampus UNP pada Kamis (23/6). Kegiatan ini adalah upaya pemulihan kualitas air sungai dan dibuka secara langsung oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. di lokasi kegiatan taman belakang Dekanat FMIPA.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, dalam arahannya mengapresiasi kegiatan ini. "Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena merupakan implementasi hasil penelitian dosen UNP, sekaligus sebagai bagian dari upaya UNP mendukung berbagai program pelestarian lingkungan dan sungai serta meningkatkan prestasi UNP pada UIGreenmetric tahun ini," tambah Rektor pengemar olahraga tenis ini.

Menurut Prof. Ganefri, Universitas Negeri Padang bersama peneliti ECOBY dan PPKLH serta Prodi Ilmu Lingkungan Pascasarjana akan selalu melakukan berbagai kampanye lingkungan hidup dalam upaya mewujudkan kampus hijau di UNP.

 

Pada kesempatan itu, Koordinator Lapangan Festival UIGreeMatric 2021 di UNP Dr. Indang Dewata, M.Si. mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan PPKLH UNP dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day yang diperingati pada tiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

"Tema yang diusung dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 yakni 'Ecosystem Restoration' atau 'Restorasi Ekosistem. Kita senantiasa akan melakukan berbagai terobosan untuk program kampus hijau yang telah digerakkan di UNP sejak 5 tahun yang lalu," kata pakar Kimia Lingkungan ini.

Selain itu, Alycia Siska Farma, S.Pd., M.Biomed Ketua Tim dalam kegiatan ini menyampaikan festival ecoenzym digelar di 11 Universitas di Indonesia dan kegiatan riset yang dilakukannya bersama tim adalah mengolah sampah, kemudian dimanfaatkan untuk penjernihan air.

"Produk yang dihasilkan adalah berupa Ecoenzyme Biology (ECOBY) yang programnya telah dilakukan sejak tahun 2020 oleh Tim Biologi FMIPA UNP. Ide ini yang kemudian memperoleh gratz dari PNBP UNP. Tim ECOBY juga menjadi bagian Tim Ecoenzyme UIGrenmetric dari 11 Universitas di Indonesia, dengan semangat dan mimpi yang sama menciptakan kampus hijau dan menyebarkan kebaikan ke seluruh Indonesia," kata Alycia Siska Farma.

Pada bagian akhir kegiatan ini, Rektor UNP mengawali pengelontoran ECOBY ke sungai, kemudian disusul oleh beberapa dosen di antaranya Guru Besar Ilmu Lingkungan Prof. Dr. Eri Barlian, M.S. (yang juga Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan Pascasrajana UNP), Prof. Dr. Abdul Razak, M.Si. (Ketua Prodi Magister Pendidikan Biologi FMIPA UNP) dan Dosen Biologi dr. ElsaYuniarti, M. Biomed dan selanjutnya secara bergiliran digelontorkan oleh sejumlah mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP yang juga berpartisipasi mendukung rangkaian kegiatan ini. (ET/Rel).

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS