Ticker

6/recent/ticker-posts

Nilai Kebersamaan yang Terlihat pada Masyarakat di Minangkabau


Oleh : Intan Surya Kesuma, jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, UNAND


Minangkabau merupakan kelompok etnis yang sangat memiliki banyak sekali nilai kebersamaan yang mereka gamabrkan dan terapkan pada setiap kehidupannya. Masyarakat Minangkabau selalu menerapakan hubungan kekerabatan yang baik antara yang satu dengan yang lain. Hal itu terlihat dari berbagai macam kegiatan, serangkaian acara yang melibatkan banyak orang didalamnnya. Nilai kebersamaan yang tinggi ini bisa menjadi daya tarik orang tentang mengenal lebih dalam budaya masyarakat Minangkabau itu sendiri. 

Penerapan sikap dan nilai kebersamaan yang dilakukan masyarakat Minangkabau sudah tercermin dan tergambar dari dulu hingga sekarang. Dimana setiap kegiatan selalu melibatkan banyak orang diantaranya :

Acara batagak penghulu selalu dihadiri banyak orang-orang penting yang umumnya selalu menghadiri acara tersebut bersama-sama. Semuanya menerapkan sistem musyawarah dan mufakat dalam melakukan sesuatu dan dalam bertindak. Tidak ada dilakukan secara sepihak karena dalam memilih harus disepekati secara bersama-sama.

Pembangunan Rumah Gadang, juga dilakukan dan dikerjakan bersama-sama karena tidak akan selesai jika dilakukan sendiri. Yang ikut berpatisipasi dalam pembuatan rumah gadang bukannnya saudara/kerabat yang punya rumah saja tapi juga masyarakat sekitar lainnya. Proses pembangunan rumah gadang membutuhkan waktu yang sangat lama jika dikerjakan sendir-sendiri.

Acara adat lainnya seperti aqiqah, turun mandi, pernikahan membutuhkan orang banyak sehingga segala sesuatu dilakukan mereka bersama-sama bukannya hanya pemilik acara saja tapi masyarakat/tetangga sekitar juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara tersebut. Dan jika mereka tidak ikut serta/tidak hadir  dalam memeriahkan acara tersebut nantinya membuat mereka sendiri yang merasa malu.

Dan masih banyak lagi acara/kegiatan di Minangkabau yang menunjukkan betapa besarnya nilai kebersamaan yang kita miliki. Semua kegiatan tersebut selalu melibatkan banyak orang yang membuktikan nilai kebersamaan masyarakat Minangkabau yang tinggi. Hampir disetiap kegiatan saya selalu menemui nilai kebersamaan tersebut. Rasa gotong royong, bahu membahu, kebersamaan yang tinggi menjadikan kebudayaan Minangkabau tidak terpecah belah/hilang. Minangkabau juga terkenal dengan orang yang kompak satu sama lain, hal itu terlihat dari seni tari yang melibatkan banyak orang dengan gerakan yang sama. 

Meski dimasa sekarang nilai kebersamaan itu mulai sedikit berkurang karena dipengaruhi oleh suasana yang serba canggih, pergaulan yang sudah sedikit berbeda dari yang dulu dan dimana sekarang orang memiliki banyak kesibukan. Hal itu manjadi sebuah contoh kita harus memiliki nilai kebersamaan yang tinggi meskipun kita berada dimasa dan pergaulan yang berbeda, namun hal itu jangan jadikan suatu masalah dalam memperoleh nilai tersebut. Jika kita sebagai generasi milenial yang pada masanya memeliki teknologi yang canggih, sistem pembelajaran yang semakin tinggi harusnya bisa menciptakan suatu gerekan dalam membentuk/memperoleh nilai kebersamaan tersebut dengan kreativitas yang kita sudah kalian miliki.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS