Ticker

6/recent/ticker-posts

Dekan FBS UNP Buka Lokakarya Belajar Merdeka


Implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi (PT) didukung oleh Kementerian Penidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemendikbud Dikti  RI) dengan berbagai program yang telah diluncurkan.



Hal tersebut diungkapkan, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni FBS Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Dr. Ermanto, S.Pd, M.Hum, ketika membuka Lokakarya Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengimplementasiannya secara luring dan daring di Gedung Tamu UNP Lubuk Minturun Padang, Sabtu (22/05/2021).



Di FBS UNP, sebut Profesor Ermanto, ada 2 Program Studi (Prodi) yang mendapatkan dana hibah Program Pengembangan Kurikulum MBKM dari Kemendikbud RI itu, yakni Prodi Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris serta 8 Program Studi (S1) lain mendapatkan bantuan dari Universitas Negeri Padang.



Dengan demikian, dana hibah program pengembangan kurikulum itu, tentu dapat dilaksanakan sebaik-baiknya karena pada akhir tahun akan dilakukan pemantauan atau Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh tim Kemendikbud RI", harap Profesor Ermanto.



Ia mengapresiasi tim Program Studi Sastra Indonesia bisa mendapatkan dana hibah Program Pengembangan Kurikulum MBKM dari Kemendikbud RI itu.


Sementara itu, Dr. Pujiharto, M.Hum. selaku nara sumber menjelaskan, untuk peninjauan Kurikulum Program Studi Sastra Indonesia dalam konteks MBKM perlu dilakukan kajian dan diskusi yang maksimal termasuk mengkaji mata kuliah pada program studi lain yang mungkin bisa menunjang peningkatan pemahaman bidang bahasa dan sastra.



Selain menyiapkan Kurikulum yang mengakomodasi pelaksanaan MBKM dan melakukab koordinasi yang maksimal dengan program studi, Jurusan, Fakultas, Universitas, pihak Industri, Lembaga Pemerintah, Lembaga Swasta dengan dokumen kerja sama," tambah Dr. Pujiharto, M.Hum yang juga dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada itu.



Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP Dr. Yenni Hayati, M.Hum menjelaskan, Lokakarya tersebut, diikuti dosen-dosen Program Studi Sastra Indonesia, alumni, pengguna dan peninjau dari Dosen Program Studi lain Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS Universitas Negeri Padang.



Dengan menghadirkan nara sumber, yakni Dr. Pujiharto, M.Hum, Ketua Forum Program Studi Sastra Indonesia dan para alumni dan pengguna, imbuhnya. (Rel/RDz)


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS