Ticker

6/recent/ticker-posts

HIKMAH APA YANG SEHARUSNYA SELALU KITA RENUNGI DI BALIK MISTERI ILLAHI BERIKUT INI !!!


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar


KEHIDUPAN di dunia merupakan salah satu misteri yang tidak diketahui oleh penghuninya. Tidak ada satupun makhluk yang mengetahui bagaimana jalan cerita hidupnya kecuali atas izin Allah SWT. Begitu banyak hal yang Allah sembunyikan dari makhlukNya.


Beberapa hal bahkan dikatakan rahasia Ilahi yang tidak bisa diramalkan secara pasti. Akan tetapi di balik misteri yang disembunyikan tersebut tentu ada hikmah luar biasa yang akan diperoleh manusia. Misteri tersebut akan terbuka apabila Allah SWT berkehendak. *Menurut Umar bin Khattab ada enam perkara yang masih jadi misteri dan disembunyikan oleh Allah dari umat-Nya*. Lantas apa sajakah keenam misteri tersebut ?


*_A. Allah SWT Menyembunyikan Keridhoan-Nya Dalam Ketaatan Kepada-Nya_*


Misteri pertama yang disembunyikan Allah SWT dari umat-Nya adalah Dia menyembunyikan keridhoan-Nya dalam ketaatan kepada-Nya. Hal ini sesuai dengan Firman Allah  sebagai berikut  :


وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ


*Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu ; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui* (QS. Al-Baqarah Ayat : 216).


Tujuan dari disembunyikannya hal tersebut adalah agar manusia bersungguh-sungguh dalam melaksanakan segala perintah yang diberikan oleh Allah dengan penuh ketaatan. Maka dari itu, janganlah menyepelekan ketaatan walaupun perbuatan atau amalan tersebut merupakan perkara kecil. Sebab bisa jadi di sanalah terletak keridhoan Allah SWT kepada kita yang melaksanakannya.


*_B. Allah SWT Menyembunyikan Murka-Nya Dalam Kemaksiatan Seorang Hamba-Nya_*


Tidak hanya menyembunyikan ridho-Nya dalam ketaatan seorang hamba, ternyata Allah SWT juga menyembunyikan kemurkaan-Nya dalam kemaksiatan yang dilakukan oleh seseorang. Hal ini sesuai dengan Firman Allah sebagai berikut :


وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللَّهُ النَّاسَ بِمَا كَسَبُوا مَا تَرَكَ عَلَى ظَهْرِهَا مِنْ دَابَّةٍ وَلَكِنْ يُؤَخِّرُهُمْ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِعِبَادِهِ بَصِيرًا


*Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu mahluk yang melatapun akan tetapi Allah menangguhkan (penyiksaan) mereka, sampai waktu yang tertentu ; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat (keadaan) hamba-hamba-Nya*  (QS Fathir   Ayat  :  45)


Hal ini bertujuan agar manusia menjauhi segala bentuk kemaksiatan dan merasa takut untuk terjerumus ke dalam kemaksiatan tersebut. Maka dari itu, tidak pantas bagi kita untuk meremehkan kemaksiatan walaupun dalam bentuk yang sangat kecil. Sebab bisa jadi, dari perbuatan kecil tersebut justru terletak murka Allah SWT yang dapat membuat kita terjerumus dalam api neraka di akhirat kelak.


*_C. Allah SWT Menyembunyikan Lailatul Qadar Dalam Bulan Ramadan_*


Misteri selanjutnya yang disembunyikan oleh Allah yakni perihal malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan yang baru saja berlalu. Hal ini sesuai dengan Firman Allah Sebagai berikut : 


لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)


*Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar* (QS. Al Qadar Ayat : 3-5)


Pahalal ibadah sunnah di bulan Ramadhan sama dengan pahala ibadah wajib pada bulan selainnya dan agar manusia bersungguh-sungguh dalam mencari Lailatul Qadar sebab nilainya lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun 4 bulan). Itulah sebabnya Allah SWT menyembunyikan kapan terjadinya malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadan untuk melihat kesungguhan dari Umat untuk mendapatkannya lewat jalan beribadah kepada Allah SWT.


*_D. Allah SWT Menyembunyikan Para Wali Di Antara Manusia_*


Allah SWT juga menyembunyikan para wali di antara manusia. Hal ini sesuai dengan Firman Allah Sebagai Berikut :  


}يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لائِمٍ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ{ (المائدة:54)


*Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya (para Waliyullah), yang bersikap lemah-lembut terhadap orang-orang mu’min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dihendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui* (QS. Al Maidah  Ayat : 54)


Tujuannya adalah agar manusia saling menghormati dan tidak meremehkan orang lain. Apabila orang tersebut meremehkan orang lain, bisa jadi orang yang diremehkannya tersebut justru merupakan wali Allah. Maka dari itu, kita harus menghormati dan menghargai semua orang. 


*_E. Allah SWT Menyembunyikan Kematian Dalam Umur_*


Misteri selanjutnya yang juga disembunyikan oleh Allah SWT dari manusia adalah Dia menyembunyikan kematian dalam umur orang tersebut. Hal ini sesuai dengan Firman Allah Sebagai Betikut :


وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ ۖ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا


*Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah : Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit* (QS. Al Isra'   Ayat  :  85)


Tujuanya adalah agar semua manusia senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut kematian yang belum tahu kapan akan terjadinya dengan mengerjakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. 


*_F. Allah SWT Menyembunyikan ‘Ash-Sholatul Wushta’ (Sholat Yang Paling Utama) dalam Salat Lima Waktu_*


Hal terakhir yang disembunyikan oleh Allah SWT dari umat manusia ialah Allah menyembunyikan *_Ash-Sholatul Wushta_* atau shalat yang paling utama di dalam shalat lima waktu. Hal ini sesuai dengan Firman Allah sebagai berikut :


حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ


*Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'* (QS.  Al Baqarah Ayat : 238)


Tujuannya adalah agar seorang muslim tersebut dapat memelihara semua shalat wajibnya dan tidak meremehkan satu di antaranya.


Semoga hidup kita semakin bermanfaat dan berkah, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS