Ticker

6/recent/ticker-posts

Deviza Novita, Meneladani Nilai Kepahlawan Marad Bin H.Samad Untuk Bangkitkan Jiwa Kesatuan Dan Persatuan Bangsa

  


Tak mau kompromi dengan penjajah, walau dibujuk dengan materi sekalipun namun kesetiannya pada tanah air tercinta harus ditebus dengan nyawanya sendiri,  MARAD BIN H. SAMAD   wafat diusia 22th  ditangan tentara Belanda  pada agresi Belanda ke Indonesia tahun1948, jiwa rela berkorban demi menjaga NKRI  tak surut berpantang. Oleh Pihak keluarganya, dia dimakamkan di kaki Bukit Sungai lareh kelurahan Lubuk Minturun kecamatan Koto Tangah,  nama MARAD BIN H. SAMAD  masuk sebagai pejuang 45 dan diabadikan oleh Negara awal tahun 1990an sebagai Pahlawan pejuang.

Luput  dari perhatian pemerintah setempat, karena tidak dimakamkan di Taman Makam pahlawan Lolong Padang pihak keluarga dan keturunan beliau  selalu  berziarah ke Makamnya.

Sekarang  makam  MARAD BIN H. SAMAD  sudah terkikis, makam yang ditembok yerlihat sudah retak-retak dan terlihat mulai rusak disisi makam karena kikisan air.

Deviza Novita   berharap kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan makam pejuang45 MARAD BIN D SAMAD  secara berkala karena  makam yang terletak di kaki bukit sungai lareh sangat labil terkikis bila hujan.

Bagi generasi muda janganlah sis-siakan pengobanan darah dan nyawa mereka dalam mempertahankan Negara ini dari segala bentuk penjajahan apa yang dilakukan oleh seorang  Jiwa seorang MARAD BIN H SAMAD   perlu dijadikan contoh tauladan dalam mengisi kemerdekaan ini.

Kegigihan dan ketauladanan dari pejuang45  MARAD BIN H. SAMAD  ternyata mengalir pada diri Deviza Novita  seorang aktifis perempuan yang bergelut di bidang politik dan sosial  tinggal Di Padang,  Deviza Novita yang akrab disapa uni depi juga pengurus daerah Projo perguruan tinggi dan pengurus PJKP kota Padang meruakan salah seorang keturunan dari pejuang 45 MARAD BIN H. SAMAD  yang gugur sebagai pahlawan kala itu,  

Dengan memupuk nilai-nilai pengorbanan dari sosok MARAD BIN H. SAMAD generasi muda diharapkan mampu menjaga nasionalisme dan jiwa patriotisme dalam mengisi kemerdekan ini," imbuh Depi 

#02

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS