Ticker

6/recent/ticker-posts

DESTINASI DANAU TALANG YANG MENAKJUPKAN


Oleh: Febria Mayang Rahayu, Mahasiswi Jurausan Sastra Minangkabau,Universitas Andalas



Indonesia terkenal di mancanegara sebagai negara dengan alam yang indah. Negara kepulauan seluas 1,91 juta km2 ini memang memiliki bentang alam yang memesona, mulai dari Aceh hingga Papua, dari Sabang sampai Maurake. Tak heran jika jumlah wisatawan yang datang terus bertambah, baik dari dalam maupun dari luar negeri untuk melihat serta menikmati  langsung ragam keindahan wisata alam yang ada di Indonesia ini.

Karena keindahan alam Indonesia yang tak terkira ini, ada juga Provinsi tak kalah menakjupkan, yakninya provinsi Sumatera Barat. Sumatera Barat ini juga kaya akan keindahan alamnya, banyak wisata alam yang bisa dikunjungi para wisatawan. Karena indahnya alam Sumatera Barat ini yang tak terkira, masyarakat Sumatera Barat tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Ada sejumlah destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah danau Talang yang terletak di Kanagarian Kampung Batu Dalam kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Solok juga salah satu tempat yang sangat kaya dengan potensi sumber daya alam yang dikenal oleh banyak orang, khususnya sumber daya alam yang diolah menjadi objek wisata. Elemen penting yang tercipta di Solok adalah hamparan potensi alam yang luar biasa mampu untuk diolah, ditata, serta dikembangkan oleh pemerintah setempat tentunya dengan dukungan penuh dari masyarakatnya menjadi tujuan utama para traveler.

Danau talang adalah bagian dari potensi alam dan wisata yang ada di Solok. sebuah Danau yang merangkak naik dilirik oleh para wisatawan. Perlahan namun pasti objek wisata ini pasti menjadi sebuah destinasi wisata yang hits. Danau talang ini terbentuk dari aktivitas vulkanik, gunung tersebut tercatat sebagai salah satu gunung api aktif di Sumatera Barat, letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar dan salah satunya kini sudah menjelma menjadi danau yang indah dan mempesona dimata para wisatawan yang berkunjung. Pemandangan di sekitar danau ini tampak makin indah berkat kehadiran batu-batuan gunung. Beberapa cerita dari masyarakat setempat, batu-batuan tersebut merupakan sisa-sisa dari letusan gunung beberapa tahun yang lalu.

Danau Talang memiliki panjang maksimum 1.71 kilometer, lebar 0,94 kilometer, keliling luas 1.02 kilometer. Adapun kedalamannya diperkirakan mencapai 90 meter. Akses menuju lokasi memang sedikit terjal dan belum sepenuhnya bagus, namun hal tersebut tidak menyurutkan para wisatawan untuk menikmati pesona danau. Danau talang ini sangat cocok untuk menenangkan diri, lokasi ini surga bagi mereka yang ingin sejenak menjauh dari hiruk piruk dunia pekerjaan, Danau talang menjadi telaga kedamaian jiwa bagi mereka yang datang. 

Di Danau Talang ini terdapat juga perahu-perahu kecil yang singgah di tepinya, para wisatawan juga bisa menikmati danau dengan menaiki perahu tersebut. Spot ini menjadi salah satu terfavorit bagi wisatawan, karena bisa berfoto di tengah-tengah danau yang indah ini. Tidak hanya itu saja, para wisatawan bisa berkemah di pinggir danau talang ini, biasanya standarisasi perkemahan selalu dekat dengan sumber air, maka tak heran banyak wisatawan yang singgah bermalam di danau ini. Pinggiran danau yang sangat luas ini, bisa banyak menampung para traveler untuk singgah hendak berkemah. 

Tidak sedikit para wisatawan menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas memancing di area Danau Talang, bahkan para wisatawan membawa peralatan memancing pribadi. Mmancing di danau ini tidak semata hanya memancing saja tapi ada nilai plusnya karena pemandangan yang sangat indah. Para pemancing juga bisa duduk sambil menikmati secangkir kopi beserta gorangan, hal itu menjadi sebuah kenikmatan yang luar biasa.

Objek wisata ini masih termasuk baru, para pengelola tidak mematokkan biaya tiket masuk, biaya masuk hanya sukarela saja. Tidak ada ketetapan biaya tiket yang ditentukan. Seiring berjalannya waktu, makin banyaknya wisatawan yang berkunjung, maka pembangunan fasilitas di sekitar danau akan berjalan sehingga bisa memadai. Sangat disayangkan kalau fasilitas didanau ini tidak memadai, karena destinasi disini sangatlah indah.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS