Ticker

6/recent/ticker-posts

Tabuah Larangan



Oleh : Muhammad Khairul

Ada dua buah Tabuah Larangan di Istano. Tabuah pertama bernama Gaga Di Bumi yang dibunyikan apabila terjadi peristiwa yang besar seperti bencana alam, kebakaran, tanah longsor dan lain sebagainya. Tabuah kedua bernama Mambang Diawan yang dibunyikan untuk memanggil Basa Nan Ampek Balai ( Dewan Empat Menteri) yaitu Tuan Titah di Sungai Tarab, Tuan Kadi di Padang Ganting, Tuan Indomo di Saruaso, Tuan Mankudun di Sumanik, Tuan gadang di Batipuh serta Tigo Selo (Raja Alam, Raja Adat, Raja Ibadat) untuk mengadakan rapat.

Negeri-negeri dalam Luhak Tanah Datar, sebagai pusat kerajaan Pagaruyung, berdekat-dekatan dan berhubungan. Baik negeri yang penting dalam politiknya, Buo, Sumpuakuduih, Sungai Tarab, Sumaniak, Saruaso, Padang Gantiang, bahkan sampai ka batipuah. Apabila akan diadakan pertemuan yang mesti cepat, dimana keturunan Minangkabau di Malaysia dengan tepat memilih nama rapat semacam itu dengan “rapat tergempar”, Bahasa minangkabaunya “rapek tagampa”, yaitu dengan memakai alat komunikasi tabuah.

Di Istano Pagaruyuang ada sebuah tabuh bernama “tabuah larangan”. Dia tidak boleh ditabuh, dipukul atau diguguh kalau tidak ada perintah. Apabila ada pertemuan penting atau berita penting yang lain, diperintahkan memukul Tabuah Larangan itu. Isyarat berita ditentukan dalam bunyi dan cara memukulnya ; dua-dua, tiga-tiga dan sebagainya. Setelah tabuah larangan dipukul, disambutlah oleh tabuh-tabuh yang lain, bertali-tali sambut-menyambut dan sambung menyambung.

“Diguguah Tabuah Larangan, manjawek tabuah di hilia, maningkah tabuah di mudiak, manjawek tabuah di ladang, sambuik manyambuik tabuah banyak, tabuah jumahat panyudahi, takajuik Lareh Nan Panjang, mako dari Gudam Balai Jinggo dari jerong Kampuang dalam, dari koto Pagaruyuang tampek Tabuah Larangan, sambuik manyambuiklah tabuah nan banyak, sahinggo sampai ka sungai tarab, Sumaniak, Saruaso, ka Talawi. Malalui tabuah Limokaum 12 koto, ka tabek ka sawah tangah, ka tarawan padang magek, simabua jo Sialahan, Rambatan jo Galogandang, pariangan, Padang Panjang, disambuiklah dek tabuah di Sabu jo Andaleh, dari sinan alah tadanga manurun ka batipuah.”

Singkatnya, Tanah Datar sampai Batipuah di sebelah barat dan sampai ke Buo dan Sumpuakuduih, sampai ke limokoto, Lintau berita istana bisa sampai dalam satu jam.. Meskipun Tabuh tidak ada dalam syariat islam, tetapi tabuh telah menjadi alat telekomunikasi yang amat vital sebagai pemberitahuan bahwa waktu sembahyang masuk dan Sebagian pemberiatahuan ada keluarga yang mati. Sampai kini di surau-surau dan masjid-masjid di Minangkabau Tabuh belum lah sepenuhnya hilang, masih ada beberapa masjid dan musholla di Tanah Datar yang masih menggunakan tabuh meski juga sudah banyak yang tidak menggunakannya, zaman sekarang masjid dam musholla banyak yang menggunakan pengeras suara atau Mic untuk memberitahukan berita yang sangat penting.

Harus kita perhatikan hubunga adat dan syarak dalam bunyi peraturan tabuh tadi. “Dipukul tabuh larangan tabuh jumat penyudahi”, dimulai di Istana Pagaruyung disudahi di masjid. Mengingat lagi nama sumpuakuduih atau sumpua yang suci, kita dapat mengambil kesimpulan, betapa teguhnya hubungan timbal balik antara adat dan syarak di Minangkabau.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Biodata Penulis

Muhammad Khairul, sedang berkuliah di Universitas Andalas Mahasiswa Jurusan Sastra Daerah Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS