Ticker

6/recent/ticker-posts

Perekonomian Masyarakat Pasaman Barat



Oleh : Muhammad Ilham
Mahasiswa Sastra Daerah Minangkabau Universitas Andalas

Kita tahu bahwa wilayah Pasaman yang ada di Sumatera Barat merupakan wilayah dengan potensi yang sangat banyak termasuk pada potensi sektor ekonomi. Dari potensi yang ada Hal inilah yang menjadi keuntungan yang dapat diambil oleh masyarakat sekitar guna untuk peningkatan ekonomi yang ada di daerah Pasaman. Sektor unggulan dari pengembangan ekonomi di daerah Pasaman adalah perikanan dan pertanian. Dianalisis dari data yang ada daerah Pasaman memiliki sektor pertanian sebanyak 45% dan sektor perikanan sebanyak 43% yang mana Hal inilah yang menjadi potensi pengembangan ekonomi dalam daerah Pasaman. Adanya pengembangan dari ekonomi daerah Pasaman bisa dilihat dari perencanaan pembangunan dari sektor ekonomi agar bisa dimanfaatkan dan menjadi sasaran serta kebijakan yang baik bagi daerah Pasaman. Didapat dari suatu penelitian bahwa dalam pengembangan potensi ekonomi daerah Pasaman juga memperhatikan adanya struktur-struktur perekonomian yang mana dari atas hingga ke bawah harus diperhatikan oleh pemerintah daerah setempat.

Dari segi ekonomi bisa dikaitkan dengan segi budaya bahwa masyarakat Minangkabau terutama memiliki sebuah prinsip bahwa segala sesuatu harus direncanakan atau disusun secara terstruktur agar mampu untuk implementasi secara maksimal. Sebab itulah pemerintah daerah dan masyarakat Pasaman saling bekerja sama untuk meningkatkan sektor ekonomi agar bisa mengembangkan pembangunan ekonomi wilayah di Pasaman hal ini di implementasi dari kebijakan yang telah dibuatkan Pemda untuk mendukung dan menyokong perekonomian wilayah daerah Pasaman. Bahkan analisis dari PDRB merupakan suatu analisis terhadap adanya evaluasi pembangunan ekonomi memberikan data bahwa daerah Pasaman merupakan daerah dengan potensi ekonomi tertinggi di Sumatera Barat dengan sektor-sektor yang berpengaruh di sekitarnya.

Diketahui bahwa perekonomian yang ada di suatu wilayah tergantung dari pemanfaatan sumber daya alam dan juga bagaimana manusia untuk mengelola Hal ini terlihat dari PDRB wilayah Pasaman bahwa hingga mencapai perekonomian yang sangat tinggi dan juga menilai adanya sektor pertanian dan Perikanan yang sangat strategis yang mana hal ini bisa membangun masalah ekonomi regional maupun nasional. Dari semua potensi yang ada ada banyak sekali tantangan dan hambatan yang harus dihadapi oleh masyarakat sekitar Pasaman untuk mengelola sumber daya alamnya misalnya kurangnya ketersediaan air bersih Lalu pendapatan yang tidak berimbang antara dana alokasi umum dengan kebutuhan serta potensi daerah Hal tersebut yang memang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah Pasaman agar bisa mengoptimalkan pemanfaatan pengembangan ekonomi wilayah di Sumatera Barat. Sebenarnya selama ini pemerintah telah menilai bahwa anggaran belanja daerah yang ada di Pasaman telah dicukupi sehingga pemerintah daerah bisa untuk melakukan optimalisasi terhadap pemanfaatan sumber daya alam berupa sektor pertanian dan Perikanan guna untuk pengembangan ekonomi yang ada di wilayah Pasaman. Menurut para ahli bahwa dari definisi negara berkembang adalah negara yang bisa menyusun pembangunan ekonominya secara maksimal sebab itulah daerah Pasaman harus bisa terstruktur dalam pembangunan ekonomi yang mana hal ini juga memperhatikan sektor sektor unggulan yang akan dikelola sebab itu dalam pembangunan daerah anggaran yang dibentuk harta secara kuat di mana dalam perencanaan dan penganggaran tersebut tidak lain berada dalam lingkup pengawasan pemerintah daerah. Sementara lain ekonomi yang ada di daerah Pasaman bisa dikatakan bagus namun memang ada beberapa keterbatasan seperti yang disebutkan diatas untuk mendukung optimalisasi tersebut maka juga harus ada pelayanan publik secara menyeluruh atau general agar bisa menjadi nilai tambah dari alokasi belanja dan juga ekonomi yang ada di daerah Pasaman.

Adapun analisis dari sektor pertanian pada daerah Pasaman adalah faktor-faktor yang melibatkan atau mengikuti daerah potensi yang sangat besar karena hal ini didukung oleh masalah luas lahan yang mana dalam hal ini bisa meningkatkan adanya pendapatan dan kontribusi yang sangat cukup di mana dalam pertumbuhan dan perkembangannya bisa digunakan sebagai bentuk kompetensi yang mana Dari hasil analisisnya secara shift share bahwa daerah Pasaman ini adalah daerah yang memiliki pengembangan yang sangat besar tidak hanya masalah pada pertanian namun juga masalah perikanan di mana juga banyak sekali ikan dengan kualitas tinggi sebagai bentuk pengimplementasian pembangunan ekonomi yang ada di daerah Pasaman.Sehingga dengan begitu pemerintah daerah akan memiliki kebebasan dalam untuk pengendalian wilayah secara maksimal dan pemerintah bisa mengatur APBD yang keluar dan masuk.Serta pengembangan potensi di daerah Pasaman bisa diwujudkan melalui kebijakan kebijakan pemerintah dan juga kemandirian daerah untuk mengatasi masalah ekonominya.

Dari pengembangan sektor ekonomi tersebut dalam sama juga dikatakan sebagai daerah yang mandiri karena mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki secara mandiri tanpa ada campur tangan karena daerah apa sama telah diberikan otonom oleh pemerintah sesuai dengan undang-undang yang berlaku sehingga daerah Pasaman bisa untuk membiayai seluruh Apa bedanya sendiri dan mengelola proses keuangan keluar masuk dan adanya pengembangan ekonomi yang bisa di optimalisasi secara baik sehingga proses perencanaan masalah ekonomi yang ada di daerah Pasaman bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya itu namun pemerintah juga berupaya untuk meningkatkan derajat kemandirian sejak tahun 2004 hingga tahun 2012 dengan data yang diolah berdasarkan APBD.

Selain dari sektor unggul daerah Pasaman yang bisa di unggulkan terhadap daerah ini adalah masalah kinerja keuangan adanya Pemerintah Daerah yang mana 50% nya digunakan dengan baik dengan dana alokasi umum yang meningkat dari tinjauan penganalisisan ekonomi guna untuk peningkatan pembangunan wilayah dengan basis unggulan sektor yang ada di wilayah daerah Pasaman dengan hal ini bisa dikatakan adanya suatu kemandirian daerah bisa memberikan suatu proses penerimaan dalam daerah tersebut untuk berkembang. Hal ini juga tidak jauh berbeda dari daerah Pasaman yang mengolah dan merencanakan proses pengelolaan keuangan baik pengeluaran dan pemasukan dengan sangat baik di mana dalam hal ini adanya tindakan kebijakan strategis pemerintah untuk masalah pengelolaan ekonomi yang ada di daerah Pasaman merupakan bentuk dari implementasi pembangunan nilai ekonomi yang ada di daerah Pasaman. Ada beberapa langkah strategis yang telah banyak dilakukan pemerintah dengan meningkatkan potensi SDA dan SDM di masyarakat daerah Pasaman baik di sektor pertanian perikanan dan juga adanya penyusunan anggaran terhadap nilai keuangan dan ekonomi yang ada di daerah Pasaman dengan mengembangkan APBD dan dukungan dari masyarakat daerah setempat. Sehingga dengan hal tersebut di implementasi maka pembangunan wilayah di daerah Batam bentuk sel pada struktur ekonomi dengan menggunakan sektor-sektor unggulan seperti pertanian dan perikanan bisa berjalan secara maksimal dengan dukungan dari pemerintah dan juga rakyat daerah setempat sehingga wilayah tersebut bisa dikatakan berhasil dan menempati posisi kedudukan yang baik dalam masalah pengembangan wilayah dan pembangunan ekonomi.

 

 

Penulis  adalah Muhammad Ilham

 

Mahasiswa Sastra Daerah Minangkabau

Fakultas Ilmu Budaya , Universitas Andalas.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS