Ticker

6/recent/ticker-posts

PESAN RASULULLAH SAW APAKAH YANG HARUS SELALU DIINGAT DAN SENANTIASA DITUNAIKAN OLEH SETIAP MUSLIM ?


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar



*_A. Pesan Pertama Adalah Berdoa Kepada Allah SWT_*


Doa merupakan permohonan seorang hamba kepada Allah SWT yang memiliki kedudukan agung. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW  berikut ini : 


لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللهِ مِنَ الدُّعَاءِ


*Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah, selain daripada doa* (HR. Ibunu Majah).


Selanjutnya Rasulullah SAW jug bersabda sbb: 


لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ


*Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a*  (HR. Tirmidzi no. 3370, Ibnu Majah no. 3829, Ahmad 2/362. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)


Bahkan sebaliknya, siapa yang tidak mau berdoa kepada Allah,  sungguh kemurkaan-Nya pasti menghampiri kehidupannya.  Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW berikut ini :

 

مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللهَ يَغْضَبْ عَلَیْهِ

 

*Barang siapa tidak mau meminta kepada Allah, niscaya Dia akan marah kepadanya* 

(HR. Ahmad II/442 No.9699, dan At-Tirmidzi  V/456 No. 3373, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dan dihasankan syaikh Al-Albani)


 Lalu ada sebuah pertanyaan yang mengemuka, yakni :  *_Apakah Allah SWT akan mengabulkan doa kita ?_* Jawabannya tentu saja iya. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT berikut ini :   .


*وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ*


*(Dan) Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan bagimu* (QS. Al Mukmin Ayat   : 60).


Kemudian Allah SWT  juga Berfirman  Sbb :


*وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ* *فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ*


*(Dan) apabila hamba-hamba-Ku bertanya tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku* (QS.  Al-Baqarah Ayat  : 186).


Tetapi, bagaimana dengan mereka yang sudah sekian lama berdoa, namun tak kunjung ada jawaban dari-Nya ? Sungguh  Allah SWT  tidak akan menolak doa. Dalam konteks ini kita harus belajar bagaimana Nabi Ayyub tak berhenti berdoa, Nabi Zakaria, dan Nabi Ibrahim demikian juga. Para Nabi itu diuji sangat berat, namun mereka tetap istiqomah berdoa kepada Allah SWT. 


*_B. Pesan Kedua Adalah  Sabar Dalam Mengadapi Kehidupan_*


Sekalipun ucapan ini sangat mudah disampaikan,  namun sungguh sangat  berat  implementasikannya. Karena kesabaran dalam Islam adalah *kemampuan dalam hal menahan hawa nafsu untuk senantiasa meninggalkan keburukan  dan menunaikan kebajikan*.   Hal tersebur  sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini :


وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ


*Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung* (QS. Ali Imran Ayat : 104)


Selanjutnya Allah SWT juga betfirman Sbb :


وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


*Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan*  (QS. An-Nahl Ayat : 96).


Selanjutnya Allah SWT juga berfirman sbb : 


نَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ


*Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas* (QS. Az-Zumar Ayat : 10]


*_C.  Pesan Ketiga Adalah Tawakkal Kepada Allah SWT._*


Hidup ini ada yang mengaturnya,  tidak semua yang kita direncanakan akan sesuai 100% dengan hasil yang kita capai. Ada yang tidak terealisasi bahkan ada juga yang sangat mengecewakan hati. Akan tetapi, sebagai Muslim kita tak perlu depresi atau frustasi. Serahkan saja semua kepada yang Maha Mengatur, yakni  Allah SWT. 


Tawakkal berarti *menyerahkan setiap urusan yang kita jalani, meski itu telah kita upayakan dengan segenap daya ikhtiar serta doa*. Dan ini merupakan perintah dari-Nyan. Hal tersebut sesuai dengan Firman Allah SWT berikut ini : 


*قَالُواْ يَا مُوسَى إِنَّا لَن نَّدْخُلَهَا أَبَداً مَّا دَامُواْ فِيهَا فَاذْهَبْ أَنتَ وَرَبُّكَ فَقَاتِلا إِنَّا هَاهُنَا قَاعِدُونَ"*


*Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman* (QS: Al-Maidah Ayat : 24).


Dengan demikian, maka *_mar kita isi hari-hari kita dengan ikhtiar yang maksimal sembari terus menghidupkan doa, sabar dan tawakkal. Insya Allah kebaikan, kesuksesan dan kebahagiaan yang kita cita2kan akan dapat kita raih,  tidak hanya dalam kehidupan kita di dunia tetapi juga dalam kehidupan kita nanti di akhirat. Tidak saja bagi diri dan keluarga kita,  tetapi juga bagi umat semesta alam, aamiin YRA_*.


Wallahu a’lam. 


*Ya Allah semua umat islam seluruh Dunia berilah taufik dan hidayah serta ampunilah semua Dosa2nya, maafkanlah semua kesalahanya, terimalah semua amal sholehnya dan jadikanlah generasi2 yang sholeh dan sholikah serta masukkanlah Ke Surga-MU tanpa KHISAB dengan RAHMAT-MU Aamiin....aamiin....aamin YRA*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS