Ticker

6/recent/ticker-posts

OBYEK WISATA PANTAI PONDOK INDAH PASAMAN BARAT


Oleh Tiara Aprilia Hery 

Jurusan :Sastra daerah Minangkabau

Fakultas : Ilmu budaya 

Universitas Andalas



Sasak adalah sebuah nama desa di daerah kabupaten Pasaman Barat ,tetapi sudah meiliki nama kecamatan berbeda ,yaitu Sasak Ranah Pasisie ,sasak memiliki objek wisata yang memiliki pengunjung yang bnyak setiap hari nya apalagi hari libur. Pantai sasak terletak sekitaran 20 kilometer dari daerah jantung kota Pasaman Barat ,Simpang Empat .

Objek wisata pohon seribu sasak ,Kabupaten Pasaman Barat,(Sumbar) menjadi primadona bagi wisatawan Sumbar. Dan juga kawasan pohon seribu ini menjadi salah satu objek wisata alternatif dan kebangaan Pasaman Barat .pantai sasak memiliki garis pantai nya panjang sekali dan tidak putus putus ,mungkin hingga mencapai 2 kilometer lebih di sepanjang area pantai pohon seribu.untuk pergi ke pantai sasak kit harus menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit dari ibu kota pasaman barat(simpang ampek),menuju ke pantai melewati pemukiman ,di pantai sasak perekonomian warga setempat adalah nelayan dan juga ada memanfaatkan objek wisata ini menjadi tempat pencaharian ,dari mulai menjual makanan ,dan membuat gazebo gazebo kecil yang unik dan lucu supya bisa di kunjungi oleh wisatawan ,serta menyewakan sepeda motor pantai tarifnya Rp 50 ribu hingga 10 ribu perjamnya .

Kulineran khas pantai sasak adalah Gulai Sabo-Sabo ,gulai Ikan Karang hingga Panggang Pacak yang memiliki rasa khas sendiri hingga tidak ditemukan di daerah lain ,di pntai sasak bnyak rumah makan yang didirikan oleh masayarakat asli sasak ,dan memebuat makanan khasnya menjadi sebuah pesifik dari pantai sasak ranah pasisise , dan juga ada keripik ringan yang di olah dari hasil laut,oleh warga setempat ,seperti keripik udang ,peyek maco ,peyek udang ,dan kerupuk kambang loyang (kerumpuk yang berbentuk bunga dan memiliki ukuran yang besar.

Pantai sasak memiliki kerutinan setiap lebaran warga sasak ,mengadakan pesta pantai  dengan membuat sebuah acara yang besar ,hingga mengundang artis luar kota sebagai penghibur juga membuat game untuk para pengunjung ,disaat itu lah pengunjung paling banyak ,hingga untuk masuk kekawasan wisata kita perlu membeli karcis masuk ,tapi tidak untuk hari lebaran 2020 karna pandemi yang semakin banyak memakan korban,bupati pasaman barat tidak boleh memasuki kawasan wisata dan stay safe dirumah msing masing .

“ Benar,objek wisata pohon seribu menjdai idola masyarakat ,selama periode desember 2020 sekitar hampir 7.986 orang mengunjungi kawasan pohon seribu ,”kata Sekretaris Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Devi Irawan di Simpang Empat Senin,.

Ia mengatakan kawasan pohon seribu merupakan pohon cemara berjejer menjulang tinggi sepanjang pantai.dan juga pantai sasak ini suasananya lebih tenang ,asri,bersih,dan cock untuk melepas penat bersama keluarga. .

“Memang saat ini kawasan pohon saribu menjadi idola masyarakat untuk menikmati linuran ,Namun pihaknya selalu mengimbau pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan “ .

Dan semoga masyarakat setempat bisa melindungi ,menjaga kebersihan laut dan melestarikan laut tanpa merusak nya sedikitpun.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS