Ticker

6/recent/ticker-posts

MAQAMAM MAHMUDAH_ ADALAH JANJI ALLAH KEPADA UMATNYA YANG SENANTIASA MENDIRIKAN QIYAMULLAIL*


 Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar



*_A. Firman Allah SWT :_*


Di dalam banyak ayat Al Qur'an, Allah SWT menganjurkan kepada Rasul dan umat-Nya untuk melakukan shalat malam (shalat tahajud). Karena janji Allah SWT kepada Rasul dan umatnya, bahwa melalui  *Shalat Tahajjud kita akan diantar menuju ke suatu _TEMPAT YANG TERPUJI (MAQAMAM MAHMUDAH)_ , yakni Surga.* Firman Allah SWT yang berkaitan dengan hal tersebut, di antaranya adalah :


*1.  Qs. Al Isra' Ayat 79-80 :*


وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا (79)  ِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا(80)


*Dan pada sebagian malam, lakukanlah _SHALAT TAHAJUD_  (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu : mudah-mudahan Tuhanmu akan mengangkatmu _KE TEMPAT YANG TERPUJI_* 

Dan katakanlah (Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku) (QS. Al-Isra' Ayat : 79-80).


*2.  Qs. Al Insaan Ayat 25 -26 :*


*وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (25)  وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا (26)*


*"Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada _SEBAGIAN DARI MALAM, MAKA SUJUDLAH KEPADANYA (SHALAT TAHAJUD)_  dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.”* (QS. Al-Insaan Ayat : 25-26).


*3. Qs.  Adz Dzariyat Ayat 15 - 18 :*


إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18)


*Sesungguhnya _ORANG-ORANG YANG BERTAQWA BERADA DI TAMAN-TAMAN SORGA_  dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka _SEDIKIT SEKALI TIDUR DI WAKTU MALAM_ (Shalat Tahajud). Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)* (QS. Adz Dzariyat Ayat : 15-18)


*_B. Rasulullah SAW Bersabda :_*


Rasulullah SAW  selalu menjaga  dan selalu mengerjakan *_QIYAMULLAIL (SHALAT MALAM)_* sampai telapak kakinya bengkak. Padahal, beliau telah mendapat jaminan ampunan bagi semua dosanya baik yang telah lewat maupun yang akan datang ( *_MAKSUM_* ). Hal itu beliau lakukan,   karena selain untuk meraih predikat *_ABDAN SYAKURA (HAMBA YANG PANDAI BERSYUKUR)_*, juga didalamnya banyak terkandung kebaikan yang agung dan pahala yang banyak, yakni : *_PERMOHONANNYA PASTI DIKABULKAN_*  dan *_AKAN MENDAPAT TEMPAT YANG TERPUJI (SURGA)_*  Hal tersebut sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW berikut ini :


*1. HR. Bukhari dan Muslim :*


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Yang Bersabda :


يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ


*Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni*  (HR. Bukhari No. 1145 dan Muslim No. 1808)


*2. HR.Tarmidzi :*


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Bersabda sbb :


ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ


*Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa* (HR. Tirmidzi, Hadist hasan)


*3. HR  Muslim :*


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Bersabda sbb :


ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ .


*Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam*  (HR. Muslim)


*4. HR. Muslim :*


Mughirah Bin Syu’bah RA  berkata sbb :  


عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- صَلَّى حَتَّى انْتَفَخَتْ قَدَمَاهُ فَقِيلَ لَهُ أَتَكَلَّفُ هَذَا وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ فَقَالَ « أَفَلاَ أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا ». رواه مسلم.


*Dari Mughirah bin Syu’bah, bahwasannya Rasulullah SAW. _MELAKSANAKAN SHALAT MALAM HINGGA KEDUA KAKINYA BENGKAK_ melaksanakan shalat hingga kedua mata kakinya bengkak. Lalu dikatakan kepadanya, “Mengapa engkau membebani dirimu, padahal Allah telah mengampuni dosamu yang lalu dan yang akan datang ?” Beliau menjawab, “Bukankah seharusnya aku menjadi hamba yang banyak bersyukur ?* (HR. Muslim).


Semoga  kita semua termasuk umat Nya yang   mendapatkan  *_MAQAMAM MAHMUDAH, YAKNI : "SURGA"_*, aamiin YRA.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS