Ticker

6/recent/ticker-posts

PENYAKIT WAHN _(CINTA DUNIA DAN TAKUT MATI)_ LEBIH BERBAHAYA DARIPADA PENYAKIT YANG BERASAL DARI WUHAN*

 


Oleh: Prof.  Asasriwarni. MH

*_A. Dalil Rujukan :_*


Penyakit Wahn adalah suatu ungkapan yang mempunyai arti *_cinta dunia dan takut mati_*. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini : 


عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-  يُوشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا  فَقَالَ قَائِلٌ وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ قَالَ بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزِعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمُ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِى قُلُوبِكُمُ الْوَهَنَ . فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهَنُ قَالَ  حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ


*Dari Tsauban mengatkan,  bahwa telah bersabda Rasulullah SAW :  Hampir saja bangsa-bangsa memangsa kalian sebagaimana orang lapar menghadapi meja penuh dengan hidangan. Seseorang bertanya :  apakah saat itu kita berjumlah sedikit ?,  jawab beliau :  bahkan saat itu kalian berjumkah banyak, akan tetapi kalian seperti buih di atas laut. Allah akan mencabut rasa takut dari dada para musuh kalian, dan Allah sungguh akan mencampakkan penyakit wahn dalam hatimu. Seseorang bertanya : Ya Rasulullah apakah itu wahn ?,  beliau menjawab :  _cinta dunia dan takut mati_*  (HR. Abu Daud No. 4297 dan Ahmad 5: 278, shahih kata Syaikh Al Albani. Lihat penjelasan hadits ini dalam ‘Aunul Ma’bud).


*_B. Ciri Penyakit Al Wahn (Cinta Dunia & Takut Mati ) :_*


Dalam ar-Rahiq Al-Makhtum Karya Syeikh Shafiyurrahman Mubarakfury diceritakan ada seorang wanita Arab dilecehkan orang Yahudi Bani Qainuqa saat datang ke pasar. Diam-diam, orang Yahudi mengikat ujung kerudungnya, hingga ketika muslimah ini bangkit, tersingkapkan aurat dan wajahnya.


Peristiwa ini membuat Rasulullah ﷺ marah dan melakukan pengepungan terhadap Bani Qainuqa selama 15 hari.  Hampir saja semua kaum laki-laki Bani Qainuqa ini dihukum mati, namun akhirnya Rasulullah SAW  bermurah hati dan meminta semuanya meninggalkan Kota Madinah. Sikap tegas dan berani Rasulullah  ﷺ ini tak ayal menggetarkan kaum kafir.


Saat ini, umat Islam dihinakan di berbagai penjuru dunia, muslimahnya dilecehkan, tapi tidak ada satupun, apalagi pemimpin dunia berada di garda depan membela mereka.


Rasulullah ﷺ pernah mengabarkan, kelak di mana ummat Islam akan berada dalam keadaan yang sedemikian buruknya sehingga diumpamakan sebagai laksana makanan yang diperebutkan oleh sekumpulan para pemangsanya. Ketika itu, jumlah umat besar namun tak berdaya, karean semua sudah dihinggapi penyakit *_Al Wahn (Cinta Dunia & Takut Mati)_*. 


Adapun ciri-ciri penyakit Al Wahn yang dimaksud terdiri dari : 


*1. Mudah Takjub :*


Mudah takjub (kepada harta, benda, kepada orang kafir dan hal-hal selain urusan kepada Allah)


لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي الْبِلَادِ مَتَاعٌ قَلِيلٌ ثُمَّ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۚ وَبِئْسَ الْمِهَادُ


*Janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri. Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah Jahannam; dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya*  (QS: Ali Imran Ayat  : 196-197)


*2. Silau Melihat Dunia & Isinya :*


Rasulullah  ﷺ bersabda sbb  :


إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً وَفِتْنَةُ أُمَّتِى الْمَالُ


*Sesungguhnya setiap umat memiliki ujian, dan ujian umatku adalah harta* (HR   At Tirmidzi).


Dalam Surat Ali Imran Allah sempat menyinggung;  akan dijadikan indah (dalam pandangan) manusia kecintaan  pada wanita,  anak, harta, emas dan kendaraan.


*3. Mudahnya Menjual Agama :*


Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini :  


بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا


*Bersegeralah melakukan amalan shalih sebelum datang fitnah (musibah) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia* (HR. Muslim)


*4. Pengecut Dan Tidak Mau Beramar Ma’ruf Dan Nahi Munkar :*


Sebagaimana sabda Radulullah SAW berikut ini :


عَنْ مُوسَى بْنِ عَلِيِّ بْنِ رَبَاحٍ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ مَرْوَانَ ، قَالَ : سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” شَرُّ مَا فِي رَجُلٍ شُحٌّ هَالِعٌ وَجُبْنٌ خَالِعٌ “


*Dari Musa bin Ali bin Rabbah, dari ayahnya, dari Abdul Aziz bin Marwan, ia berkata, aku mendengar Abu Hurairah berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Seburuk-buruk sifat yang ada pada seseorang adalah sifat pelit yang sangat pelit dan sifat pengecut yang sangat pengecut* (HR. Abu Daud No. 2511,  Ibnu Hibban No. 808), dan Ahmad No. 2/302)


*5. Hilangnya Pemimpin Kuat dan Lahirnya Pemimpin Lemah :* 


Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini :


عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ "‏ إِنَّ اللَّهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا، يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ، حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا، اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا، فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ، فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا ‏"‏‏ 


*Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda : Allah SWT menghapuskan ilmu agama tidak dengan cara mencabutnya secara langsung dari hati umat manusia. Tetapi Allah akan menghapuskan ilmu agama dengan mewafatkan para ulama, hingga tidak ada seorang ulama pun yang akan tersisa. Kemudian mereka akan mengangkat para pemimpin yang bodoh. Apabila mereka, para pemimpin bodoh itu dimintai fatwa, maka mereka akan berfatwa tanpa berlandaskan ilmu hingga mereka tersesat dan menyesatkan* (HR Muslim)


*6. Meninggalkan Jihad :*


Rasulullah  ﷺ bersabda sbb :


إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَرَضِيتُمْ بِالزَّرْعِ وَتَرَكْتُمُ الْجِهَادَ سَلَّطَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ ذُلاًّ لاَ يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ


*Apabila kamu melakukan jual beli dengan sistem ‘inah, kalian berada di belakang ekor sapi, ridha dengan cocok tanam dan meninggalkan jihad, niscaya Allah akan menjadikan kalian dalam kondisi kehinaan, Allah tidak akan mencabut kehinaan itu sampai kalian kembali kepada agama kalian* (HR. Abu Daud).


Semoga hidup kita menjadi semakin bermanfaat dan berkah, aamiin YRA.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS