Ticker

6/recent/ticker-posts

DKP Sumbar Terus Berkiprah Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Perikanan

 


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Sumbar Yosmeri mengungkapkan, dimasa pandemi covid 19 program pembangunan ekonomi masyarakat perikanan terus jalan. 


Untuk menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat perikanan di support dengan jenis alat tangkap motor mesin dari 10 PK ditingkatkan menjadi 15 PK. 


Begitu juga tentang budidaya udang paname yang sedang gencar gencarnya diminati masyarakat dibantu untuk peningkatan pemasarannya. 


Ungkapan program peningkatan ekonomi masyarakat perikanan dimasa pandemi dikemukakan Kadis DKP Propinsi Sumbar, Yosmeri saat dijumpai, Jumat (5/2/2021).


Selain itu terbukanya peluang investasi tambak udang paname. 


"Karena investasi tambak udang paname dapat mengangkat ekonomi masyarakat lokal," sebutnya. 


Sehingga masyarakat di daerah kabupaten dan kota terbuka kesempatan untuk membuka usaha tambak udang paname. 

Mana tanah tanahnya yang belum tergarap dengan baik mereka bisa gunakan tanahnya untuk usaha tambak udang, terangnya.


"Tetapi untuk investasi perikanan skala besar kita perlu dulu membikin rencana tata ruang terlebih dahulu dalam wilayah kabupaten dan kota," ulasnya. 


Karena untuk investasi berskala besar harus dibikin inventarisir tata ruangnya supaya usahanya bisa berkembang pesat dan tidak menyalahi aturan. 


Dan, untuk investasi berskala kecil tetap di dorong pembudi daya ikan dan pengolahan ikan serta pemasarannya. 


"Khususnya pengolahan hasil produksi ikan kita dorong bentuk hasil pengolahannya sehingga orang tidak jenuh melihat ragam packeng dan bentuk jenis ikan yang diolah tersebut,".


Supaya pemasaran produk ikan olahan itu bisa dipasarkan secara onlin. Karena dimasa pandemi orang dilarang berkerumun dan berkumpul. 

Bagaimana triknya ini guna menarik minat pembeli melalui pesanan onlin harus produk ikan itu dikemas lebih menarik. 


"Sekarang pamasaran produk ikan olahan sudah dipasarkan secara onlin, dan masuk ke super market dalam Propinsi Sumbar bahkan ada yang dipasarkan keluar dari Pulau Sumatera," pungkasnya.(Obral Caniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS